memotivasi karyawan

Berikan Kepercayaan Kepada Karyawan

Salah satu hal yang sangat berharga bagi karyawan adalah merasa dipercaya, sebagai pemilik usaha Anda selayaknya mulai belajar untuk membeikan kepercayaan terhadap pekerjaan yang mereka lakukan, tanpa intervensi yang berlebihan.

Hanya dirasa perlu untuk diberikan pengarahan saja maka Anda bisa memberi masukan positif kepadanya, itupun dengan cara yang bijak dan tidak ada kesan menyalahkan karyawan Anda.

Memberi rasa percaya dengan apa yang karyawan tugaskan akan memompa rasa percaya diri dan dapat memotivasi agar lebih produktif.

Buat Obrolan Hangat dengan Karyawan

Merasa dihargai juga bisa karyawan rasakan ketika kita memberikan perhatian dengan mengajak ngobrol santai di sela-sela kesibukanya atau jika memungkinkan ajak minum kopi di kantin dekat tempat kerja atau sekedar minum kopi bareng saat jam istirahat di tempat kerja.

Obrolan yang hangat bukan melulu membicarakan masalah pekerjaan namun Anda bisa juga menanyakan keadaan keluarganya dan juga tentang pendapat mereka tentang usaha yang sedang Anda bangun itu.

Keakraban karyawan akan memotivasi untuk selalu bekerja dengan baik dan senang hati tanpa merasa ada tekanan.

Berikan Liburan dan Bonus Kecil

Memotivasi karyawan bukan semata-mata untuk terus bekerja dan bekerja, mereka juga butuh rilek dan waktu menenangkan pikiran dan terlepas dari rutinitas.

Dengan memberikan waktu liburan yang cukup ini akan membuat karyawan lebih fresh dan akan kembali bekerja dengan semangat yang jauh lebih baik lagi, yang artinya akan meningkatkan produktivitas.

Bukan cuma itu berikan juga bonus kecil di saat liburan seperti ajakan tamasya bersama atau sekedar memberikan tiket nonton film gratis untuk keluarga mereka.

Beri Dukungan Pada Momen Tertentu

Karyawan akan sangat senang jika kita bisa memberikan dukungan lebih kepada mereka pada momen tertentu.

Ketika karyawan akan menikah atau mungkin akan menikahkan anaknya, maka berilah waktu libur yang cukup dan berikan bonus istimewa pada masa itu.

Hal seperti ini akan selalu di ingat oleh karyawan dan akan membuat mereka akan lebih giat dalam bekerja karena selalu merasa diperhatikan serta mendapat dukungan ketika ada peristiwa penting.

Berikan Bonus Prestasi

Ketika karyawan sanggup menjalankan tugasnya dengan baik apalagi jika mampu menyelesaikan tugas melebihi harapan maka berikan bonus sebagai tanda terima kasih atas kerja bagusnya.

Hal semacam ini tentu akan menyemangati karyawan untuk terus bekerja dengan baik, dan memotivasi mereka agar selalu bekerja maksimal.