Lokasi Usaha yang Strategis

Pemilihan lokasi usaha yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam membangun bisnis terutama pada pemilik usaha baru.

Inilah kenapa pada artikel kali ini kami membahas khusus tentang bagaimana cara memilih lokasi usaha yang tepat.

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan lokasi yang tepat tersebut yang perlu dipahami pertama adalah jenis usaha apa yang akan didirikan.

Beda jenis usaha maka akan berbeda pula kriteria lokasi usaha yang strategis..

Jika usaha yang akan dibangun adalah usaha peternakan maka lokasi usaha yang dipilih justru harus jauh dari pemukiman warga terutama pada ternak yang memiliki bau dan kemungkinan penyebaran penyakit ataupun pencemaran udara.

Jenis usaha ternak ayam adalah salah satu contoh dimana lokasi usaha harus berada ditempat yang sepi dari warga namun memiliki aksses yang baik untuk kendaraan, listrik dan juga memiliki ketersediaan air bersih yang mencukupi.

Berbeda lagi jika usaha dibidang perdagangan dimana usaha tersebut akan bertatap langsung setiap transaksi dengan konsumen, maka lokasi juga harus berada didaerah dimana kawasan tersebut padat penduduk.

Untuk mempersempit kami akan membahas penentuan lokasi usaha strategis pada dunia perdagangan dan jasa seperti  usaha toko sembako, usaha salon kecantikan maupun usaha dagang dan jasa lainya.

Kriteria Lokasi Usaha yang Strategis

Nah, berikut ulasan selengkapnya kriteria lokasi usaha yang strategis agar usaha Anda lebih cepat sukses.

1.Kepadaatan Penduduk

Jika lokasi usaha yang dipilih memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, ini artinya kemungkinan Anda akan mendapatkan calon konsumen lebih besar.

Hindari lokasi usaha yang jauh dari penduduk apalagi jika usaha berhubungan dengan makanan ataupun warung, toko dan sejenisnya.

2.Lokasi di Tepi Jalan Raya

Lokasi usaha yang baik umunya berada di tepi jalan raya yang ramai lalu lalang kendaraan baik roda dua maupun roda empat atau lebih.

Semakin padat lalu lintas umumya memiliki potensi keberhasilan dalam menjalankan usaha yang lebih baik.

Namun begitu tidak semua lokasi jalan raya ramai memiliki potensi yang baik, di area tertentu dimana jalan raya adalah jalur cepat dan kendaraan yang berlalu lalang dipenuhi oeh kendaraan berat maka lokasi ini kurang baik jika di jadikan lokasi usaha toko atau warung.

Untuk memastikan sebuah kondisi jalan yang ramai itu strategis atau tidak, Anda bisa memeriksa kondisi area tersebut.

Apakah ada usaha-usaha yang lebih dulu berdiri, bagaimana kondisi usaha tersebut? Dengan analisa sederhana tresebut akan didapatkan informasi yang cukup apakah layak atau tidaknya kondisi jalan raya dijadikan jalur tempat usaha.

3. Lokasi di Pusat Kota ,Kawasan Pabrik, Tempat Wisata, Area Sekolah dan Kampus, Area Perkantoran ataupun Pasar

Pada usaha tertentu lokasi usaha berada di pusat kota atau di pasar dimana pusat calo konsumen berada merupakan tempat yang sangat strategis.

Begitupun lokasi di area wisata, kampus, sekolah, perkantoran, dekat terminal, dan sebagainya

Usaha toko emas, usaha minimarket, usaha jual sayur, usaha agen tiket pesawat dan sebagainya akan sangat baik berada di pusat kota.

Sementara usaha fotocopy sangat baik berada di area sekolah dan kampus, sementara usaha warung makan justru lebih fleksibel selama lokasi tersebut ramai.

Sesuaikan jenis usahanya agar lebih cepat sukses.

4.Kemampuan Daya Beli Masyarakat Sekitar

Faktor penting lainya dalam menentukan lokasi usaha adalah kemampuan daya beli masyarkat di sekitarnya.

Semakin tinggi kemampuan daya beli masyarakat maka akan semakin baik prospek tempat usaha tersebut.

Kemampuan daya beli juga akan menentunkan jenis usaha yang akan dijalankan.

Pada daerah dengan kemampuan daya beli yang tinggi maka Anda dapat menjual barang dengan harga yang tinggi,.

Sebagai contoh jika Anda akan mendirikan usaha jualan smartphone, maka lokasi dengan daya beli tinggi bisa jualan smartphone flagship seri terbaik dan termahal sepert iphone terbaru, atau android terbaik dan termahal.

Begitupun pada jenis usaha lain seperti usaha julan mobil, usaha jualan komputer dan sebagainya.

5.Kenyamanan Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang baik harus berada pada titik yang nyaman, usahakan tidak berada di area kumuh dan bau, lokasi usaha berada di jalan yang rata dan sebisa mungkin hindari berada di jalan tanjakan untuk mempermudah akses keluar masuk pelanggan berkendara.

6.Perhatikan Persaingan

Persaingan usaha merupakan hal penting selanjutnya dalam penentuan lokasi usaha, jadi jika saat ini anda telah menemukan kriteria lokasi yang tepat jangan abaikan untuk meninjau kembali bagaimana persaingan yang ada.

Meski begitu persaingan bukan hal yan perlu ditakutkan, apa yang harus di perhatikan adalah mencari lokasi dimana Anda yakin bahwa usaha yang akan didirikan akan memiliki kelebihan dibanding usaha lain.

Namun jika anda tidak yakin mampu memberikan yang terbaik dari persaingan yang ada sebaiknya mencari lokasi lain dimana Anda yakin mampu bersaing disana.

Sebagai perumpamaan Anda ingin membuka usaha minimarket kecil namun ternyata ada sebuah usaha minimarket besar dan ramai di sebelahnya dengan demikian akan lebih baik jika mecari lokasi lain atau tetap berada di lokasi tersebut namun menjual pada usaha yang berbeda namun masih cocok, seperti usaha jualan makanan dan minuman yang nyaman atau usaha jualan mainan anak da sebagainya.

Persaingan bukan merupakan kendala selama Anda yakin mampu memberikan pelayanan dan nilai jual yang lebih baik disana.

7.Keamanan Lokasi

Keamanan menjadi hal penting untuk diperhitungkan dalam memiliih lokasi usaha, pastikan usaha berada di daerah yang aman, hindari kawasan yang memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Selain kriteria diatas lokasi usaha juga harus memenuhi standar kelayakan sesuai usaha yang akan didirikan seperti:

  • Luas lahan atau ruko
  • Tempat parkir yang luas dan nyaman
  • Lolos perijinan
  • dan seterusnya

Nah dengan memahami pemilihan lokasi usaha yang tepat dan strategis maka diharapakan usaha Anda akan lebih cepat berhasil.