Cara Bersaing Dalam Bisnis

Persaingan bisnis

Cara Bersaing Dalam Bisnis dan Memenangkan Persaingan Untuk Menjadikan Peluang Bisnis Anda Yang Terbaik.Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya maka jika anda belum membaca silahkan baca dulu bagian awal dari seri ini:

Pengertian Dan Peluang Bisnis Serta Cara Mewujudkan Menjadi Bisnis Yang Menjanjikan

Namun anda juga bisa melanjutkan membaca dan kembali mempelajari postingan diatas setelahnya.

Sebagai pebisnis pemula kita bukan pemain sendiri banyak sekali pemain bisnis yang serupa dengan kita terutama pada jenis bisnis yang prospek konsumenya bagus.

Karena kita tahu semakin banyak konsumen terhadap suatu produk maka semakin bermunculan pendatang baru yang akan berebut meraih pelanggan atau pengguna dari debuah produk bisnis.

Belum lagi para pemain bisnis lama yang lebih dulu bermain dan mempunyai pelanggan tetap.Menghadapi situasi ini kita tidak perlu lari dari kenyataan terhadap ketatnya persaingan,karena secara kenyataan sebuah bisnis yang mempunyai serapan konsumen yang tinggi dipastikan memiliki persaingan yang lebih ketat.

Apa yang perlu kita ketahui dan kemudian mempelajari dan mempraktekanya adalah bagaimana caranya memenangkan persaingan yang ketat tersebut.

Disamping perlunya pengetahuan tentang management keuangan tentang pemasukan dan pengeluaran guna mempertahankan sebuah bisnis baru tetap eksis,hal yang harus segera di capai adalah datangnya para pelanggan baru.

Mendatangkan pelanggan bukan perkara mudah bagi penisnis baru,dimana pengetahuan tentang bisnis yang masih minim juga konsumen belum mengenal apalagi mempercayai keberadaan bisnis dan bidang yang kita geluti.

Namun bukan menjadi pesimis tentang kenyataan tersebut,karena pada dasarnya sesukses atau sebesar apapun sebuah bisnis mereka pasti pernah mengalami masa sulit terutama pada saat mereka baru saja memulai bisnisnya.

Selama kita konsisten dan terus mau belajar serta punya mental tahan banting sebenarnya kegagalan itu tidak pernah ada,yang ada hanya kesalahan penerapan strategi sehingga pada saat kita tersandung kita harus secepatnya bangkit dan membenahi dan yang perlu diingat jangan sampai kita tersandung pada batu yang sama dan pelajaran yang diambil adalah memaknai sandungan tersebut agar sebisa mungkin tidak terulang ketika menghadapi batu-batu di depan kita nantinya.Setidaknya kesalahan fatal tidak perlu terulang lagi.

Rasa optimis dan yakin itu sangat penting apalagi jika kita telah mempelajari secara detail bagaimana dan cara mejalankan bisnis yang kita jalankan langsung dari ahlinya atau orang yang lebih dulu sukses dari kita.

Namun demikian tidak selamanya sebuah strategi sukses para pebisnis yang kita ikuti akan selalu cocok dengan bisnis yang sama yang kita jalankan,disinilah kita perlu fleksibel setidaknya menyesuaikan strategi yang telah kita pelajari dengan kenyataan dan faktor kemampuan dari pengembangan strategi tersebut.

Karena banyak faktor yang kemudian tidak relevan,beberapa pengaruh yang  mungkin menjadikan strategi tidak cocok bisa karena faktor keberadaan lokasi,kemampuan dan daya beli konsumen dan sebagainya.

Sebagai contoh anda telah mempelajari strategi dari rekan anda yang kebetulan sukses berbisnis restoran di Jakarta,dengan tempat yang sangat nyaman tempat ber AC parkir luas,sehingga pebisnis di Jakarta ini tetap di serbu pelanggan meskipun harganya lebih mahal bahkan mungkin 2X lipat dari restoran lain di sekitaran tempat bisnisnya.

Namun apakah strategi yang anda pelajari akan cocok,dengan anda yang membangun bisnis restoran di sebuah kota kecil di kabupaten dengan kemampuan daya beli yang jauh lebih rendah?

Disinilah kita perlu jeli agar tetap bisa menjadi pemenang dalam persaingan.Disebuah kota kecil membangun restoran yang mewah bisa jadi tidak akan banyak dikunjungi konsumen,karena dimata konsumen yang berpendapatan menengah kebawah sebuah restoran mewah hanya untuk orang berkelas dan kaya.

Membuat restoran yang mampu berdaya saing tidak perlu terlalu signifikan dalam memberikan nilai lebih.

Kita hanya perlu sedikit saja lebih baik dari semua restoran yang terlaris di kota anda.Karena semua kelebihan yang terlalu akan menjadi asing dimata konsumen.

Setelah kita menganalisa kira-kira seberapa besar keunggulan yang akan kita terapkan maka kita perlu tahu apa saja yang paling penting untuk dikuasai dalam penerapan keunggulan tersebut dan kita harus ingat tidak perlu berlebihan cukup sedikit saja lebih unggul dari poin-poin tersebut,setidaknya ada 5 poin yang pernah saya pelajari bagaimana cara bersaing dalam bisnis

  1. Produk bisnis anda,ini bisa berupa barang atau jasa.Perhatikan kemasan,kualitas,rasa(jika berhubungan dengan kuliner),manfaat,kenyamanan serta garansi jika di perlukan untuk sebuah produk.
  2. Harga,faktor harga masih menjadi primadona untuk mengalahkan persaingan meski sebenarnya kita perlu hati-hati penerapan sistim membanting harga justru tidak sehat dalam bisnis,kita tidak perlu terlalu jauh dari harga pasaran cukup selisih sedikit saja dari para pesaing anda,atau mungkin dengan harga yang sama namun anda jauh menang dalam kualitas,rasa dan layanan.
  3. Lokasi,Tempat yang strategis merupakan pilihan tepat untuk lebih bisa bersaing dengan sehat,tempat parkir yang memadai,jaminan keamanan tempat parkir serta faktor kenyamanan konsumen ketika masuk ke tempat bisnis kita harus di perhitungkan dengan baik,pelajari tempat bisnis pesaing dan kita jadikan kekurangan pesaing bisa dijawab dengan tempat bisnis kita.
  4. Promosi,Kita tahu rata-rata sebuah bisnis besar mempunyai media promosi yang baik bahkan meskipun mereka sudah sangat terkenal.Kita sebagai bisnis pemula harus juga memperhatikan ini,sebagus apapun kualitas dan harga serta tempat bisnis kita jika sanagat minim konsumen yang tahu,maka akan sangat lambat perkembangan bisnis kita.Promosi yang terlihat profesional dimata konsumen mengidentifikasikan sebagai bisnis yang dikelola dengan baik dan bertanggung jawab.Pilih media promosi yang efektif dan efisien,jejaring sosial seperti facebook,twitter,bbm sekarang ini sudah menjadi media promosi populer,pertimbangkan untuk mempelajari lebih jauh.
  5. Pelayanan,setelah kita menguasai ke empat poin penting diatas hal yang paling penting selanjutnya agar bisnis mendapatkan pelanggan adalah dengan menggandeng karyawan yang profesional yang dapat memberikan kesan luar biasa terhadap konsumen.Ketika para konsumen merasa puas dengan pelayanan bisnis kita dapat dipastikan mereka akan kembali lagi di kemudian hari,bahkan kepuasan yang sangat berkesan akan menjadikan para konsumen merekomendasikan bisnis kita kepada teman-teman mereka,kabar menariknya beberapa studi mengatakan promosi dari kawan atau saudara adalah promosi dengan hasil terbaik.

Setelah kita berhasil menerapkan kelima poin diatas maka kemenangan bersaing dengan bisnis sejenis akan lebih besar,yang diperlukan hanya waktu karena itu sabar dan do’a menjadi faktor utama setalah penerapan ke 5 strategi diatas.Dan yakin kita pasti berhasil dan sukses,Amiin.

Baca Juga:

Kenapa Sulit Memulai Sebuah Bisnis?

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan