cara membuka usaha pertamini

Seiring waktu jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat. Tidak hanya di kota besar saja, kendaraan bermotor juga semakin marak hingga daerah terpencil. Ini peluang yang bagus untuk memulai usaha pertamini. Cara membuka usaha pertamini juga semakin mudah.

Jika dulu banyak yang menjual bensin dalam botol bekas, maka sekarang menjual bensin dapat dilakukan dengan mesin pertamini. Cara ini lebih efektif untuk menghindari takaran yang kurang pas yang dapat merugikan konsumen.

Memulai Usaha Pertamini

Alasan mengapa usaha pertamini semakin diminati masyarakat kerena keberadaan bahan bakar dicari banyak orang, memiliki pangsa pasar yang luas, sehingga memungkinkan untuk mendapat untung besar. Itulah keuntungan usaha pertamini yang sulit dilewatkan begitu saja.

Selain keuntungan tentu ada juga kelemahan usaha pertamini. Untuk membuka usaha pertamini membutuhkan modal yang cukup besar, memerlukan izin dan semakin banyak pesaing. Namun jika Anda memulai usaha pertamini di desa mungkin persaingannya belum begitu ketat.

1. Pilih Lokasi Usaha

Langkah utama  cara membuka usaha pertamini adalah menentukan lokasi usaha. Untuk menentukan lokasi usaha pertamini memang tidak boleh sembarangan. Selain produk yang rentan terjadi kebakaran, lokasi yang strategis memungkinkan dikunjungi banyak pelanggan.

Memulai usaha pertamini di daerah pedesaan yang cukup jauh dari SPBU memiliki prospek yang sangat bagus. Hal ini untuk menghindari persaingan yang ketat karena SPBU idealnya menetapkan harga yang lebih terjangkau dan popularitasnya yang lebih baik.

2. Siapkan Modal Untuk Membuka Usaha

Modal usaha pertamini yang perlu dipersiapkan memang terhitung cukup besar. Sebagian besar modal nantinya digunakan untuk membeli mesin pertamini yang menyerupai mesin di SPBU  tetapi dalam versi mini.

Ada beragam jenis alat atau mesin pertamini, Anda bisa memilih jenis manual atau digital. Anda bisa menyesuaikan dengan modal yang telah Anda persiapkan. Namun untuk mesin digital memang terbilang lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan mesin yang manual.

Untuk mesin manual harganya berkisar antara 6-7 juta. Sedangkan untuk mesin digital dapat diperoleh dengan kisaran harga 14-17 juta.

3. Mengurus Surat Izin Usaha Pertamini

Untuk membuka usaha pertamini ada syarat yang harus dipersiapkan. Sebagai syarat membuka usaha pertamini Anda tentunya memerlukan surat izin usaha. Hal ini dibutuhkan agar Anda lebih mudah untuk mendapatkan pasokan bensin untuk pertamini.

Cara untuk mendapatkan surat izin untuk memulai usaha pertamini juga cukup mudah. Anda perlu meminta surat izin dari RT/RW setempat kemudian kelurahan dan kecamatan. Selanjutnya Anda perlu meminta persetujuan dari kantor polisi setempat.

Setelah itu Anda bisa menyampaikan surat perijinan usaha kepada pihak SPBU. Nantinya Anda perlu mengikuti prosedur dari pihak SPBU dan akan diberikan formulir yang harus di isi. Kemudian Anda perlu meneruskan formulir tersebut kepada Dinas Perindustrian setempat.

4. Beri Pelayanan yang Baik

Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah terpenuhi, selanjutnya Anda bisa mulai menjalankan usaha Anda. Hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha ini salah satunya adalah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Anda perlu memastikan bahwa pelanggan Anda merasa puas. Bersikaplah dengan ramah dan sopan sehingga pelanggan Anda merasa nyaman. Jangan sampai Anda melakukan penipuan dalam menjalankan bisnis. Dengan begini kepercayaan pelanggan Anda dapat terjaga.

Pastikan Anda menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi di sekitar tempat usaha. Untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan seperti kebakaran, pastikan tempat penyimpanan bensin jauh dari percikan api agar tidak membahayakan banyak orang.

Demikian cara membuka usaha pertamini yang bisa Anda lakukan. Pastikan keamanan dalam menjalankan usaha Anda. Jangan sampai usaha Anda membahayakan orang lain dan membuat Anda justru mengalami kerugian. Baca peluang bisnis lainnya hanya di Hinyong.com!