cara membuka bisnis Foodcourt di Mall

Dalam memulai sebuah usaha pastikan Anda memiliki informasi terlebih dahulu perihal apa saja yang Anda utuhkan. Seperti ketika hendak membuka Foodcourt di mall. Lalu, bagaimana cara membuka bisnis Foodcourt di Mall?

Cara Membuka Bisnis Foodcourt Di Mall

Sebelum membahas tentang cara membuka usaha foodcourt alangkah baiknya untuk memahami prosedurnya terlebih dahulu. biasanya terdapat dua prosedur ketika hendak membuka outlet minuman dan makanan di foodcourt mall, yaitu :

  • Dengan menggunakan sistem pembayaran potongan harga a jual. Biasanya akan dikenakan potongan 20% oleh pihak pengelola. Melalui potongan harga inilah yang nantinya akan menjadi pembayaran sewa lokasi Anda dalam setiap bulannya.
  • Sistem yang bisnis franchise foodcourt yang kedua adalah dengan melakukan pembayaran sewa pada setiap periode, baik per bulan atau per tahun.

Untuk biaya sewa ini bermacam-macam, ada yang mulai dari Rp 10 juta hingga ada yang Rp 20 juta dalam setiap tahunnya. Jadi, tergantung lokasi yang dipilih.

Setelah mendapatkan informasi perihal biaya pembangunan foodcourt, Anda harus mengetahui cara membuka bisnis foodcourt di mall agar tidak sampai gulung tikar.

1. Menentukan Lokasi

Cara yang pertama dalam memulai bisnis foodcourt ini yaitu dengan mencari lokasi. Menentukan lokasi dimana Anda akan membangun foodcourt Anda adalah hal yang paling penting. karena lokasi menjadi peluang yang dapat membawa keuntungan.

Sebagai contoh adalah pemilihan lokasi yang mudah dijangkau tentu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, Anda juga wajib memastikan perihal ramai atau tidaknya mall tersebut.

Karena semakin banyak pengunjung mall, maka akan semakin besar pula peluang bisnis Anda akan dilirik oleh pengunjung. Selain itu dengan menggunakan sistem konsep foodcourt unik, pelanggan akan penasaran dengan bisnis Anda.

2. Kebutuhan dan Minat Konsumen

Salah satu hal yang penting sebelum memulai bisnis adalah dengan melakukan riset perihal bisnis yang Anda pilih memiliki peluang yang besar untuk sukses atau tidak. Lakukanlah riset dengan menjawab pertanyaan kecil-kecilan berikut ini.

  • Apakah ide bisnis Anda sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat?
  • Sasaran pembeli
  • Apakah terdapat kompetitor yang telah menawarkan makanan atau minuman yang sama dengan makanan dan minuman yang hendak Anda jual?
  • Bagaimana hasil kompetisinya?
  • Lalu, bagaimana caranya agar bisnis tersebut dapat memasuki masyarakat dengan baik?

3. Menggunakan sistem jemput bola

Apabila mall yang Anda pilih untuk memulai bisnis agak sepi, Anda dapat memanfaatkan sistem jemput bola yang berarti pemilik bisnis berinisiatif untuk mencari pelanggan, seperti menyebarkan brosur, menyediakan sistem delivery.

4. Selalu memiliki stok bahan baku

Hal ini mungkin terlihat sepele, namun sangat penting. hal ini bertujuan untuk menghindari bahan baku yang kehabisan yang berujung mengecewakan pelanggan. Apabila stok sudah mulai menipis maka Anda wajib memiliki stok cadangan.

Apabila perlu lakukan pengecekan perihal stok bahan baku setiap 2-3 hari sekali. Tidak hanya itu saja perhitungan juga perihal resiko keterlambatan bahan baku yang diakibatkan oleh kondisi jalan yang tidak menentu.

5. Mempertimbangkan Biaya

Cara membuka bisnis foodcourt di mall yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan biaya sewa yang tergolong besar. Hal ini menjadi yang sangat penting karena kemampuan finansial Anda.

Jangan memaksakan kemampuan finansial karena bisa memiliki resiko yang besar untuk bisnis Anda.Atau apabila Anda juga bisa memilih konsep foodcourt outdoor yang memiliki harga yang relatif lebih murah ketimbang foodcourt yang terdapat di dalam mall.