Usaha Frozen Food

Peluang Usaha Frozen Food,

Usaha makanan praktis seperti frozen food kian marak dan tumbuh baik terutama di kota-kota besar, ini karena gaya hidup masyrakat perkotaan yang umumnya sibuk dan menginginkan produk yang serba praktis.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil maupun menengah maka ini merupakan peluang usaha yang baik.

Bagaimana cara memaksimalkan potensi peluang usaha frozen food?

Tips Memulai Usaha Frozen Food

Bisnis frozen food merupakan usaha makanan beku, umumya produk frozen food yang dimaksud merupakan produk siap masak baik digorang, dikukus maupun di panggang.

Dengan tingkat praktis yang tinggi, maka produk frozen food makin diterima masyarakat karena mereka dapat menyimpan berbagai produk siap masak dan menyimpanya di lemari pendingin untuk stok jangka waktu tertentu.

Produk olahan daging, ikan, hingga sayur dan buah semua tersedia, sekarang apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha frozen food ini?

1.Riset Pasar

Kenapa Anda harus melakukan riset pasar sebelum memutuskan untuk memulai usaha frozen food ini?

Seperti jualan produk makanan pada umumya, frozen food juga memiliki keragaman yang tidak semua masyarakat akan menyukai produk tersebut.

Tingkat daya beli, kegemaran, dan juga masalah iklim akan sangat berpengaruh dalam menentukan jenis frozen food yang paling cocok untuk di jual.

Jika Anda berada di area pesisir pantai dan berada di wilayah kampung nelayan maka produk frozen food ikan laut mungkin akan kurang diminati.

Inilah pentingnya melakukan riset pasar sekaligus untuk memastikan seberapa banyak persaingan yang ada di daerah tersebut.

Seberapa antusias masyarakat terhadap produk frozen food yang akan Anda jual dan juga bagaiamana selera masyarakat sekitar terhadap frozen food secara umum.

Dengan melakukan riset pasar dengan baik maka dengan mudah bagi Anda untuk menentukan jenis produk yang akan dijual, apakah produk daging, ayam, ikan atau mungkin sayur kemasan siap masak jenis kacang-kacangan atau justru jenis maaknan instant kekinian seperti jenis nugget, sosis, dan sebagainya.

2.Menyiapkan Modal

Setelah yakin jenis produk frozen food  apa yang akan Anda jual maka sekarang saatnya untuk memperkirakan modal usaha.

Berapa jumlah modal yang diperlukan ini sangat tergantung seberapa besar usaha yang akan Anda jalankan.

Jika Anda hanya mengawali usaha ini sebagai usaha rumahan maka biaya anggaranya cukup pada kisaran 10 jutaan saja.

Namun jika Anda ingin membuka usaha lebih besar dengan stok frozen food yang cukup lengkap maka biaya bisa berkali lipat.

Biaya modal paling besar pada pertama kali adalah untuk membeli peralatan yang memang harganya cukup mahal.

Beberapa peralatan tersebut adalah:

  • Freezer atau alat pendingin
  • Timbangan
  • Plastik
  • Alat press kemasan
  • Alat Fakum kemasan

Selain untuk biaya pembelian alat, modal juga diperlukan untuk pembelian produk yang yang akan dijual, biaya listrik, sewa tempat,karyawan jika ada dan sebagainya.

3.Lokasi, Pemasaran dan Promosi

Meski lokasi sangat penting namun ini tidak menutup kemungkinan jika Anda meanfaatkan rumah Anda saja sebagai tempat untuk menjalankan bisnis frozen food ini tetap potensial.

Lokasi yang strategis dan mudah terlihat adalah syarat penting untuk lebih menjangkau banyak pelanggan.

Namun begitu strategi pemasaran yang  baik tetap bisa menjangkau konsumen maksimal meski lokasi Anda tidak terlalu strategis.

Lokasi dan pemasaran merupakan memang hal penting yang harus seimbang, bagaiaman metode pemasaran yang akan Anda jalankan?

Metode jualan offline sangat efektif jika lokasi Anda berada di dekat pusat perbelanjaan atau minimal di area yang banyak calon konsumen.

Bagaimana jika kebetulan lokasi usaha berada di rumah Anda sendiri dimana target konsumen kurang maksimal?

Maka dalam situasi ini Anda masih bisa memanfaatkan media online untuk memasarkan produk frozen food yang Anda jual.

Promosi yang dapat anda manfaatkan bisa melalui facebook, postingan di grup jual beli, pasang status di whatsapp, memanfaatkan instagram atau mungkin menggunakan jasa faccebook ads jika Anda ingin hasil yang  lebih maksimal lagi.

4.Perijinan

Usaha jualan frozen food ini juga perlu mendapat ijin dari pememerintah karena berhubungan dengan makanan yang harus lolos test kesehatan dan juga halal.

Jika masih dalam skala kecil maka pengajuan ijin cukup menggunakan pemerintah lokal setempat dengan mendaftarkan PIRT ( Pangan Industri Rumah Tangga ).

Jika produk Anda sudah luas maka mualailah persiapkan untuk mengurus ijin dari badan POM dan serfikasi halal dari MUI.

5.Inovasi dan Berani Bersaing

Sebagai pengusaha Anda harus terus berinovasi dengan terus mengamati perkembangan trend permintaan pasar.

Kita harus jeli apa saja jenis frozen food yang sedang booming agar usaha Anda tetap memiliki reputasi bagus dan selalu menjadi yang terdepan karena memiliki barang jualan sesuai trend.

Disamping itu kesuksesan selalu akan mendatangkan persaingan, para calon kompetitor tidak akan berdiam diri ketika melihat usaha Anda berjalana baik.

Maka selalu harus mengamati terhadap persaingan yang ada bahkan harus siap mengantisipasi para pendatang baru yang akan menggempur dari berbagai strategi promosi baik dari harga maupun kualitas layanan dan sebagainya.

Jika Anda sangup menjalankan bisnis ini dengan serius dan menerapkan strategi yang tepat maka sukses akan datang utuk Anda.