Cara Mudah Jualan Online di JD.ID

Tips Cara Jualan di JD.ID

Bila ingin menjadi penjual di situs market place JD.ID, berikut tips cara berjualan yang harus Anda ketahui.

Berjualan secara online bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dengan tersedianya banyak platform e-commerce, Anda bisa leluasa menjajakan produk dagangan Anda. Salah satu tempat yang dapat menjadi alternatif tujuan untuk mengembangkan bisnis Anda dalah JD.ID. Sejak berdiri tahun 2015 silam, JD.ID telah menjadi destinasi belanja favorit masyarakat. Berikut cara jualan di JD.ID yang harus Anda ketahui.

Cara Mendaftar Jadi Penjual di JD.ID

Untuk menjadi penjual atau seller di JD.ID, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan yakni:

1. Buka laman resmi JD.ID di https://www.jd.id/
2. Kemudian, pilih opsi ‘Daftar Sebagai Seller’ pada tampilan menu.
3. Akan muncul tampilan formulir yang harus Anda lengkapi mulai dari nama pengguna, nomor handphone, email serta nama toko.
4. Pilih kategori utama toko yang ingin Anda buka.
5. Siapkan dokumen scan KTP dan NPWP karena dua hal tersebut harus diunggah untuk melengkapi berkas pendafftaran.
6. Bila semua data sudah sesuai, kemudian klik daftar. Anda pun resmi menjadi penjual di JD.ID.
7. Selain mengisi berkas pendaftaran, Anda juga dapat mendaftarkan diri menggunakan akun Facebook dan Google.
Sebelum melakukan pendaftaran sebagai seller di JD.ID, pastikan Anda adalah produsennya atau distibutor utama. Sejak awal berdiri, situs belanja online yang satu ini memang tidak melakukan kerja sama dengan penjual perorangan seperti yang kita jumpai di situs belanja online yang lain.

Sistem ini dikenal sebagai marketplace yang terkurasi. Kemudahan ini dibuat agar pelanggan JD.ID dapat mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berbelanja online.

Persiapan Produk Jualan

Pemilihan Produk

Memilih jenis produk yang akan dijual adalah salah satu tahap krusial sebelum Anda melakukan proses jual beli. Karena itu, alangkah baiknya tetapkan target pasar yang ingin dijangkau agar mudah menentukan spesifikasi produk yang hendak dijual.

Misalnya Anda ingin menjual gadget dengan target konsumen adalah orang tua. Maka produk yang dijual pun tak perlu memiliki teknologi super canggih, yang penting dapat mendukung kebutuhan dasar untuk berkomunikasi.

• Ketersediaan Produk

Setelah menentukan jenis produk yang akan dijual, pastikan barang tersebut selalu tersedia. Meskipun produk Anda unik, adanya stok sangat penting untuk memenuhi permintaan konsumen. Karena itu, selalu cek ketersediaan produk Anda secara berkala. Bila ada produk yang menjadi favorit pembeli, maka selalu prioritaskan dalam proses pengadaan.

• Kualitas Produk

Hal kecil yang kerap diabaikan para penjual barang online adalah kualitas produk. Memang harga murah selalu menarik perhatian pembeli. Namun, bila produk tersebut cepat rusak, tentu toko Anda akan mendapatkan penilaian buruk dari konsumen.

Karena itu, sebaiknya mengambil risiko dengan menjual barang dengan harga yang lebih mahal namun memiliki kualitas bagus. Produk tersebut memiliki umur ekonomis yang lebih panjang sehingga dapat dipakai selama bertahun-tahun. Konsumen pasti merasa puas dan akan kembali berbelanja ke toko Anda.

• Keaslian Produk

JD.ID selalu mengutamakan keaslian produk. Semua produk akan melalui proses kurasi terlebih dulu oleh tim sebelum dinyatakan layak jual. Karena itu, pilihlah produk jualan yang telah terjamin keasliannya.

• Menambahkan Foto Produk

Karena dibeli secara online, produk yang Anda jual tak dapat dilihat langsung oleh konsumen. Karena itu, sangat penting menambahkan foto produk di dalam etalase toko Anda.

Pastikan gambar produk yang Anda cantumkan di JD.ID sesuai dengan produk aslinya agar konsumen tidak kecewa saat produk tersebut sampai di tangan mereka. Gunakan foto dengan resolusi tinggi agar detail produk dapat dilihat.

Baca Juga :

Cara Jualan Online di Shopee

Tips Jualan di Bukalapak

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Menarik Perhatian Pembeli

Agar barang dagangan Anda laris manis di JD.ID, pekerjaan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menarik perhatian pembeli. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yakni:

• Deskiripsi Toko

Dalam kolom deskripsi toko, Anda bisa menuliskan ucapan selamat datang ataupun slogan toko untuk menyambut pembeli. Cantumkan pula jadwal dan jam operasional saat toko buka agar pembeli mendapatkan informasi kapan waktu yang tepat untuk berbelanja. Pilihlah juga nama toko yang menarik serta mudah diingat pelanggan.

• Deskripsi Produk

Untuk deskripsi produk, buatlah judul yang menarik perhatian pembeli. Apalagi produk yang Anda jual kemungkinan besar sama dengan produk penjual lain di JD.ID.

Pakailah kalimat yang sederhana dan tidak berbelit-belit untuk menjelaskan produk yang Anda jual agar mudah dicerna pembaca. Jangan lupa sertakan keterangan mengenai ukuran, warna serta bahan dasar produk secara lengkap. Ini sangat penting karena kerap kali banyak pelanggan kecewa lantaran produk jauh dari yang diharapkan.

• Berikan Potongan Harga

Potongan harga merupakan salah satu cara jitu untuk menarik minat calon konsumen. Anda bisa memberikan potongan harga dalam event-event tertentu. Misalnya saat ulang tahun toko, hari ibu atau perayaan lain yang sesuai dengan produk di toko Anda.

Selain diskon harga barang, cara jualan di JD.ID yang efektif adalah memberikan potongan harga ongkos kirim dengan minimal pembelian produk pada harga tertentu. Hitung terlebih dulu estimasi keuntungan sebelum menentukan besar potongan harga yang akan diberikan agar Anda tak mengalami kerugian.

• Bina Komunikasi dengan Konsumen

Membina komunikasi yang baik dengan konsumen berperan besar dalam suksesnya setiap bisnis. Gunakanlah bahasa yang sopan dan ramah saat menyapa konsumen. Tak hanya itu, kecepatan saat merespons pertanyaan konsumen harus menjadi prioritas. Sebagian besar konsumen enggan berlama-lama menunggu dan akhirnya mencari penjual yang lain.

Demikianlah cara jualan di JD.ID yang cukup efektif dan bisa Anda ikuti. Selalu kembangkan diri Anda menjadi penjual yang baik dengan memahami benar seluk-beluk produk yang akan dijual nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *