Cara Jualan di Instagram Agar Cepat Laku untuk Pemula

Cara Jualan di Instagram

CARA JUALAN DI INSTAGRAM

Memanfaatkan media sosial populer untuk bersenang-senang dan berbagi cerita adalah hal indah yang sering membuat kita lupa waktu.

Sehingga tidak jarang orang terhanyut dengan media sosial dan ketagihan bahkan sering melupakan pekerjaan harian yang seharusnya lebih diutamakan.

Namun begitu sisi positif lain dari media sosial populer adalah bisa menjadi media bisinis baru yang mendatangkan keuntungan bagi mereka yang jeli dan memiliki jiwa bisnis.

Bisa dibilang alih-alih bersenang-senang di media sosial kita juga  mendapatkan keuntungan materi yang jumlahnya bisa saja untuk memenuhi kebutuhan hidup jika dikelola dengan baik.

Insragram merupakan salah satu media sosial populer di Indonesia yang sangat baik untuk dimanfatkan menjadi media bisnis untk berjualan.

Bagaimana Cara Berjualan Online di Insragram?

Kita akan membahas bagaimana memaksimalkan instagram untuk jualan dan disini tidak akan dibahas dari awal bagaimana cara membuat akun di Instagram atau cara meginstal aplikasi Instagram, atau bagaimana cara upload foto barang yang akan dijual kami akan membuat panduan jualan di Instagram dan beranggapan pembaca telah memahami dasar-dasar media sosial ini namun masih ingin belajar lebih bagamaina caranya memanfaatkan instagram sebagai media bisnis untuk berjualan lebih baik lagi.

Optimalkan Profil Bisnis Instagram Anda

Profil bisnis adalah beranda yang ada di Instagram yang ditujukan untuk pengguna sebagai media bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dari pengguna Instagram yang akan menjangkau bisnis anda.

Memanfaatkan profil bisnis secara baik dan terlihat profesional akan membuat jualan anda di instagram memiliki nilai lebih dan meningkatkan trust atau rasa percaya bagi calon pembeli yang mampir ke beranda bisnis anda.

Ini merupakan lompatan indah yang harus anda maksimalkan untuk mendapatkan rasio pembelian terhadap kunjungan menjadi lebih tinggi.

Dengan beranda bisnis di instagram yang digarap secara baik maka pengunjung akan beropini betapa seriusnya anda dalam mengelola usaha jualan di instagram tersebut.

Lantas bagaimana memaksimalkan beranda bisnis dan cara mendapatkan banyak penjualan dengan berbagai promosi yang bisa dimaksimalkan?

Baca terus sampai habis dan mudah-mudahan apa yang akan dipaparkan bisa menjadi ide brilian dengan mengembangkan ide yang anda susun sendiri dan menggabungkanya untuk berhasil memulai bisnis jualan meski anda masih pemula sekalipun.

Langkah memaksimalkan profil bisnis di instagram;

  1. Foto profil: Pilih foto merek (seperti logo) yang membuat perusahaan Anda mudah diidentifikasi.Foto profil yang berisi logo usaha anda juga akan mengindikasikan anda sebagai penjual yang serius dalam mengelola usaha anda, jika belum memiliki logo anda sebaiknya buatla segera dan anda dapat membuat logo menarik dengan bantuan aplikasi pembuat logo.
  2. Nama: Isi kolom nama dengan nama bisnis anda yang menggambarkan dengan jelas jualan yang akan anda tawarkan, sebagai contoh; Toko Hijab Atikah, Mall Hijab Sandra dan sabagainya.
  3. Bio: Bio Anda harus menyertakan deskripsi yang jelas tentang bisnis jualan Anda yang berbicara kepada pengunjung Anda. Buat mereka tahu persis dan memahami apa yang Anda tawarkan.
  4. Situs Web: Jika anda memiliki web atau blog yang sebelumnya anda manfaatkan untuk berjualan, disini anda dapat masukan URL web anda, in menjadi satu-satunya cara terbaik yang akan mempromosikan situs jual beli anda ke instagram bisnis anda.
  5. Informas Bisnis:Maksimalkan juga profil informasi bisnis dengan menautkan halaman facebook yang selama ini anda buat untuk keperluan jualan online, jika anda belum memiliki halaman facebook untuk berjualan saatnya sekarang untuk membuatnya dan ini merupakan cara tepat untuk mempromosikan halaman facebook jualan anda.

Profil Bisnis Instagram Anda adalah peluang pertama Anda untuk membuat kesan dan menarik orang untuk mengikuti bisnis jualan Anda. Dengan menciptakan kisah dan estetika merek yang konsisten, Anda dapat mengubah pelanggan baru menjadi pengikut yang setia – membawa satu lompatan besar untuk lebih dekat pengikut menjadi calon pembeli anda.

Baca Juga ; Cara Jualan di Tokopedia

Cara Menjual di Instagram Menggunakan Iklan Instagram

Untuk mencapai target audiens dan dengan adanya perubahan terus-menerus pada algoritma Instagram dan meningkatnya persaingan maka agar konten Anda dilihat,berkampanye dengan iklan Instagram akan menjadi bagian penting dari strategi pemasaran Instagram untuk bisnis jualan.

Setelah selesai membuat profil Bisnis di Instagram,  kemudian anda dapat memutuskan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan, untuk melakukan promosi melalui media iklan dan di mana Anda ingin iklan dilihat dan berapa lama Anda ingin menjalankannya.

Pada iklan Instagram memungkinkan bisnis jualan dengan berbagai opsi penargetan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis jualan Anda.

Menjalankan kampanye iklan Instagram juga tidak rumit, tetapi banyak pengusaha jualan ragu dan merasa ini sangat merepotkan dan merupakan pemborosan anggaran dan pemikiran ini terus berlanjut bagi mereka yang belum pernah melakukan sebelumnya.

Untungnya, ini tidak sesulit yang Anda kira! Cara termudah untuk menjalankan iklan adalah dengan mempromosikan posting yang Anda bagikan di Instagram.

Pilih saja pos yang ingin Anda tingkatkan, lalu tekan tombol “promosikan” begitu diposkan.
Instagram akan secara otomatis menarik “pemirsa serupa” yang dapat Anda bagikan posnya, atau Anda dapat dengan mudah membuat pemirsa Anda sendiri di aplikasi dengan memilih minat, rentang usia, dan jenis kelamin yang ingin Anda promosikan.

Setelah Anda mengatur pemirsa dan anggaran Anda, pastikan untuk melihat iklan Anda sekali lagi sebelum mekan tombol “konfirmasi”.

Jangan takut anda akan kehabisan dana karena upaya pengiklanan melalui instagram ini, Anda bahkan dapat mulai dengan anggaran kecil dan menjalankan iklan Anda selama beberapa hari untuk menguji seberapa baik konversi kampanye iklan yang anda jalankan terhadap hasil penjualan.

Bahkan anda dapat melacak kinerja iklan Anda, klik “Lihat Hasil” di sudut kiri bawah iklan Anda.

Ingat, Iklan Instagram memiliki hasil bervariasi tergantung bagaimana variasi seting pada kampanye iklan yang anda jalankan, jadi pastikan Anda terus mengubah cara posting dan audiens yang Anda bidik hingga Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan!.

Kita bisa menggunakan ajakan bertindak pada kampanye iklan berupa tombol “Belanja Sekarang dan Simpan” di keterangan diikuti oleh deskripsi singkat dari penawaran yang anda iklankan.

Iklan seperti cara diatas membuat pesan yang disampaikan  menjadi sangat jelas dan apa yang mereka tawarkan tanpa gangguan tambahan.

Penting  untuk selalu menjaga agar pesan iklan yang Anda buat tetap sederhana, bukan untuk mengalihkan perhatian pengguna dari tujuan posting Anda.

Baca Juga ; Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Instagram dengan Iklan Cerita Instagram

Instagram juga memiliki fitur iklan di Stories, menawarkan merek kesempatan membayar lain untuk menjangkau lebih banyak orang.

Iklan layar penuh yang sangat menarik ini memungkinkan bisnis jualan Anda menggunakan penargetan dan mencapai kemampuan yang membuat iklan selalu relevan dengan orang yang ingin Anda jangkau.

Iklan-iklan ini muncul di antara Cerita akun Instagram yang  diikuti oleh target audience yag telah anda seting sebelumnya dan dapat memberi dampak besar pada calon pelanggan:

Anda akan melihat tag “Sponsor” kecil di sudut kanan atas dan Ajakan Bertindak (“Pelajari Lebih Lanjut”) di bagian bawah iklan. Sekali lagi, menambahkan ajakan bertindak tambahan di bagian bawah iklan Anda juga dapat bermanfaat bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

Anda punya pilihan dalam Iklan Instagram untuk membuat video atau foto. Apa pun yang Anda pilih, pastikan klip awal Anda menarik perhatian karena setingan foto dan video yang menarik dan mampu meyakinkan mereka yang meng “klik” iklan akan berpotensi menjadikan meraka melanjutkan transaksi pembelian.

Intinya anda harus menarik perhatian orang-orang yang membagikan cerita di instagram stories.

Instagram Stories telah menjadi cara baru yang sangat efektif bagi bisnis untuk membuat koneksi yang lebih dalam dengan pengikut mereka dan memamerkan kepribadian merek mereka dan kepada calon konsumen yang telah dibidik sebelumnya.

Baca Juga; Cara Jualan di Lazada

Cara Menjual Di Instagram dengan Menawarkan Promosi Khusus Instagram

Pembeli suka penjualan atau promosi diskon yang menarik. Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan penjualan, peluncuran produk baru atau kode diskon khusus untuk pengikut.

Anda dapat menambahkan informasi promo dalam caption atau di Instagram Stories, mengajak pengguna untuk mengklik tautan di bio Anda untuk mengambil keuntungan dari penawaran yang ditawarkan,

Jika Anda menjalankan promosi eksklusif Instagram, Anda juga dapat membuat tautan di jejaring sosial Anda yang lain untuk mengarahkan lalu lintas ke profil bisnis Instagram Anda.

Mempromosikan promosi eksklusif khusus Instagram (misalnya, kode diskon khusus untuk pengikut Anda) di antara jejaring sosial Anda yang lain akan mengajak audiens untuk mengikuti akun Instagram Anda untuk memastikan mereka tidak kehilangan penawaran yang menarik yang anda buat.

Cara Menjual di Instagram dengan Membangun Kemitraan dengan Influencer Instagram

Influencer Instagram terus menjadi topik hangat karena kolaborasi-kolaborasi antara pebisnis untuk mengiklankan produk yang kita jual benar-benar mendatangkan hasil yang cukup baik.

Pemasaran melalui  influencer atau seorang selebgram yang berpengaruh akan memberi peluang unik bagi membangun merek anda untuk menjangkau peluang dan pemirsa yang terlibat dengan influencer tersebut.

Mengahabiskan dana untuk membayar influencer atau selebgram untuk mempromosikan tampaknya akan terlalu beresiko bagi anda para pemula yang baru mengenal bisnis jualan instragaram.

Karena mereka para influencer yang mau diajak berkolaborasi rata-rata menawarkan bayaran yang tinggi terutama untuk selebgram yang telah memiliki ratusan ribu follower.

Krena itu jika ika Anda tidak memiliki anggaran untuk bermitra dengan influencer besar, pertimbangkan untuk mencari influencer mikro yang memiliki antara 1000-100.000 pengikut.

Disamping itu mikro-influencer biasanya jauh lebih bersedia untuk melakukan perjanjian “dalam bentuk barang”, untuk mempromosikan barang jualan anda di akun instagram untuk dibagikan ke pengikutnya.

Jika Anda seorang bisnis kecil, berinvestasi dalam mikro-influencer bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu mengarahkan pelanggan potensial ke halaman Anda.

Pada prinsipnya menawarkan iklan kepada selebgrams merupakan cara yang efektif karena program pengiklanan yang anda tawarkan akan terlihat seperti rekomendasi dan tidak terlihat benar-benar seperti iklan pada umumnya.

Karena itu penting untuk menghabiskan lebih banyak waktu dan memikirkan strategi dan sasaran kampanye Anda sebelum memulai kampanye pemasaran influencer yang tepat.

Pemilihan influencer yang tepat yang sesuai denagn produk yang dijual akan berdampak pada tingginya angka penjualan pun begitu sebaliknya.

Untuk mempermudah transaksi kolaborasi pengiklanan dengan influencer sebaiknya pilih selebgram yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang promosi semacamnya, sehingga hasil dari iklan yang akan ditayangkan bisa dibuat senatural mngkin dan terlihat seakan merupakan produk rekomendasi dari influencer tersebut.

Influencer yang berpengalaman menangani iklan semacam ini juga aka menghemat waktu dalam upaya diskusi kerjasama yang ingin anda jalankan.

Masih banyak metode optimasi yang bisa anda maksimalkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli pada bisnis jualan di instagram namun beberapa contoh cara jualan di instagram di atas sudah lebih dari cukup untuk mendatangkan pembeli meskipun jika anda pemula sekalipun.

Pemilihan produk yang tepat dan melakukan tes dan uji coba terhadap metode pengiklanan yang terbaik merupakan langkah yang harus terus dipelajari hingga pada akhirnya akan ditemukan cara jualan di instagram paling efektif untuk mendatangkan pembeli dan menghasilkan keuntunagn berlipat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *