Berbisnis Menguntungkan dan Cara Menjual Barang di OLX Agar Cepat Laku

Cara jual barang di OLX

CARA MENJUAL BARANG DI OLX

Jika platform website seperti shopee, bukalapak ataupun lazada menggarap pasar online sebagi platform marketplace dimana kita bisa membuka toko untuk berjualan disana maka pada situs OLX agak berbeda.

Meskipun masih mengusung jenis  situs jual beli online namun OLX lebih berorientasi sebagai media perantara atau  media pengiklan bagi mereka yang ingin menjual barang secara pribadi tanpa harus membuka sistim lapak atau toko online.

Kebanyakan para pengguna OLX lebih memanfaatkan untuk menjual barang bekas layak pakai atau barang bekas bernilai tinggi untuk dijual kembali dan mendapatkan dana segar dari penjualan tersebut.

Meski demikian bukan berarti OLX tidak dapat dijadikan ladang bisnis karena sebenarnya disinilah letak keunikan yang  anda harus manfaatkan dengan jeli.

Memang pada prinsip awalnya OLX bertujuan untuk menjadi media yang diperuntukan ketika anda ingin menjual atau membutuhkan uang sehinga harus menjual barang bekas yang anda miliki untuk mendapatkan pembeli yang tepat tanpa harus ribet menawarkan ke orang secara langsung, cukup iklankan maka orang yang mengakses dari lokasi yang berdekatan secara otomatis akan menemukan barang yang anda tawarkan jika barang yang calon pembeli cari adalah barang yang kebetulan anda sedang ikankan di OLX.

Justru disinilah nilai bisnis yang tinggi terbuka lebar, kenapa?

Peluang Bisnis di OLX

Orang yang menjual barang bekasnya karena kebutuhan secara otomatis akan menjual barang daganganya dengan harga yang lebih murah dibanding barang baru, artinya mereka berjualan barang bekas akan dinilai jauh dibawah dari harga asli ketika masih baru meskipun sebenarnya bisa saja kulitas barang masih sangat bagus.

Sebagai contoh saja sebuah handphone android atau iphone yang hendak dijual oleh seseorang karena kebutuhan mendesak tanpa menyertakan headset  dan kotak pembelian bisa memiliki selisih harga yang lumayan tinggi hingga ratusan ribu rupiah bahkan jutaan (jika merk iphone atau android flagship masih model terkini), nah jika anda seseorang yang memiliki pengalaman atau tahu seluk beluk tentang jual beli handphone maka ini sebuah peluang.

Anda bisa memilih dari berbagai penawaran yang paling baik dan menguntungkan kemudian anda dapat melengkapi kekurangan kelengkapan handphone yang telah dibeli untuk dijual kembali ke pasaran baik via offline atau mengikankan kembali lewat OLX tentu dengan harga jual yang lebih tinggi karena handphone tadi telah memiliki kelengkapan yang anda sudah siapkan.

Metode tersebut dapat anda aplikasika juga jika anda piawai berjualan jenis lain seperti sepeda motor , mobil dan sebagainya.

Ketika anda sudah mendapatkan barang yang memiliki nilai jual yang baik dan memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan langkah selanjutnya anda bisa saja menawarkan barang yang telah anda beli di OLX.

Mungkin anda bertanya bagaimana caranya jual barang di OLX agar cepat laku dan menguntungkan?

Agar barang yang kita jual di OLX cepat laku dan menguntungkan kita harus paham beberapa tekhnik sederhana berjualan di OLX.

Baca Juga;

Cara Menjual Barang di OLX Agar Cepat Laku dan Menguntungkan

Beli Barang Bernilai Tinggi dan Iklankan Kembali di OLX

Berbeda dengan menjual milik pribadi karena desakan kebutuhan ekonomi maka berjualan di OLX untuk mendapatkan keuntungan, anda harus mencari barang yang bernilai tinggi namun memiliki harga lebih rendah dari harga pasaran.

Atau anda bisa dengan membeli barang   memiliki potensi untuk disempurnakan namun tidak dimaksimalakn oleh penjual agar anda dapat menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi, barang- barang ini banyak beredar dipasaran baik di pasar offline maupun barang yang dijual di pasar online seperti OLX.

Barang bernilai tinggi yang dimaksud bisa berupa barang elektronik, kendaraan bahkan properti yang menggiurkan seperti rumah, tanah dan sebagainya.

Dengan melakukan penyempurnaan barang yang telah dibeli maka anda dapat menjual kembali dengan harga yang lebih mahal sesuai harga pasaran dengan kondisi yang jauh lebih baik.

Memaksimalkan Cara Terbaik Beriklan di OLX

Setelah barang yang anda ingin jual di OLX sudah ada ditangan dan langkah penyempurnaan barang yang hendak dijual sudah dimaksimalakan maka langkah selanjutnya adalah memanfaatkan iklan OLX dengan baik untuk menjual barang dagangan tersebut agar lebih cepat laku.

Tips cara menjual barang di OLX cepat laku;

  1. Menjual barang yang dijual dengan harga yang pantas sesuai kondisi di pasaran. Meskipun anda ingin menjual untuk mendapatkan keuntungan bukan berarti anda harus menjual barang dagangan anda terlalu tinggi bahkan melebihi harga pasaran, disinilah letak tantangan anda yang harus berhitung dari awal agar mendapatkan barang yang  dibeli dan untuk dijual tersebut memiliki nilai yang menguntungkan dengan menghitung selisih harga pasaran yang akan anda dapatkan ( setelah anda memaksimalkan kondisi barang tersebut).
  2. Unggah Foto Yang Menarik,  Setelah segalanya siap sekarang saatnya untuk memuali proses pengiklanan di OLX. Anda dapat menggunakan aplikasi OLX di android ataupun ios untuk melakukan ini, buka aplikasi tersebut lalu tekan tombol jual maka setelahnya anda diarahkan untuk mengunggah gambar atau foto barang yang hendak dijual. Ingat anda harus persiapkan gambar semenarik mungkin, gambar yang sangat jelas, dan berisi koleksi banyak foto dari berbagai sisi, pembeli akan sangat jeli memperhatikan detail gambar sebelum memutuskan untuk membeli atau sekedar menawar barang yang anda iklankan, semakin jelas detail barang yang akan anda jual maka semakin penasaran calon pembeli untuk bertanya langsung dengan anda selama barang tersebut adalah masuk kriteria barang yang sedang mereka cari. Hindari menambahkan tulisan atau lambang ataupun alamat web di foto terebut karena hal tersebut melanggar kebijakan OLX.
  3. Selesai tugas anda untuk mengupload foto barang yang hendak anda jual maka selanjutnya anda diharuskan mengisi kolom judul iklan, tulis judul sesuai barang yang akan anda jual misalkan saja , “iphone 7 plus 128 gb”, “Yamaha RX King Tahun 2000”, “Rumah Minimalis Di Bekasi” dan sebagainya. Tuliskan kata-kata yang sesuai dengan barang yang akan dijual saja dan tidak perlu menambahkan embel-embel yang tidak perlu untuk memudahkan nanti agar terdeteksi sistim saat pemilihan kategori pada barang  yang akan dijual.
  4. Tentukan Kategori, Kategori akan mmemudahkan pencarian barang saat iklan tayang karenanya penting untuk tidak melewati bidang ini. Sistim akan secara otomatis mendeteksi kategori sesuai judul iklan yang anda tulis dengan mudah, jika judul iklan yang dibuat jelas tanpa embel-embel seperti ” murah”. ” siap pakai” dan sebagainya. Anda juga harus mengisi sub kategori agar barang yang anda jual lebih terperinci dan fokus sesuai dengan barang yang  akan dicari calon pembeli potensial.
  5. Isi Deskripsi , Harga, Lokasi dengan Benar. Deskripsi barang yang anda jual harus lengkap dan jelas serta sesuai dengan kondisi barang, jangan coba-coba untuk memanipulasi barang atau anda akan kecewa jika pembeli membatalkan transaksi saat COD karena dianggap barang tidak sesuai yang anda tawarkan. Cantumkan harga yang realistis sesuai kondisi barang dan jangan lupa isi kolom lokasi dimana tempat transaksi COD ,Alamat domisili anda,nomor hape yang bisa dihubungi atau nomor WA atau BBM yang selalu aktif dan sterusnya.
  6. Klik Tombol Pasang Iklan. Setelah semua proses diatas selesai maka selanjutnya tinggal klik tombol pasang iklan, dan sekarang iklan barang jualan sudah tayang di OLX.

Setelah anda berhasil memasang iklan maka anda bisa mengecek sesekali berapa orang yang telah melihat dan berinteraksi dengan iklan anda, jangan lupa selalu siap dengan nomor yang selalu bisa dihubungi yang telah dicantumkan di iklan tersebut.

Jika semua metode diatas dijalankan dengan baik maka kemungkinan barang yang anda jual di OLX akan laku cepat, dan tentu saja anda bisa memulai memburu dan menjual lagi barang yang lain untuk mendapat keuntungan di OLX

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *