Cara Buka Warung Jamu Tradisional Maupun Modern

Usaha Warung Jamu

Usaha Warung Jamu

Berbicara mengenai jamu pastinya anda akan memiliki bayangan minuman kuno dan jadul. Namun tahukah anda jika jamu saat bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan? Beberapa orang mungkin berfikir bahwa sekarang ini masyarakat lebih percaya dengan dokter dan obat-obatan kimia untuk menjaga kesehatannya.

Jika anda salah satu orang yang  berfikir demikian maka anda salah besar. Karena dengan pengetahuan masyarakat yang semakin berkembang, masyarakat mulai sadar mengenai bahanya menggunakan obat-obatan kimia secara terus menerus. Sehingga saat ini banyak masyarakat yang mulai mencoba kembali menggunakan obat-obatan tradisional atau yang sering di sebut jamu.

Jamu merupakan obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami atau biasa di sebut rempah-rempah yang dapat menyehatkan. Minuman jamu identik dengan minuman tradisional Indonesia. Namun pada saat ini beberapa masyarakat telah mengembangkan jamu menjadi lebih modern.

Disini kami akan memberikan cara memulai usaha warung jamu tradisional maupun warung jamu modern, simak terus artikel ini!

 

Cara Buka Usaha Warung Jamu Tradisional dan Modern

Jamu merupakan minuman tradisional masyarakat yang menyehatkan. Jaman dulu jamu sangatlah populer pada kalangan masyarakat. Namun, untuk saat ini eksitensi jamu mulai menurun dan kalah dengan adanya obat-obatan modern.

Dengan kenyataan tersebut anda dapat membuka peluang usaha dengan mengembalikan eksistensi jamu di kalangan masyarakat. Lalu bagaimana caranya? Yang pertama kami akan memberikan cara berjualan jamu tradisional.

Cara Memulai Usaha Warung Jamu Tradisonal

Untuk menjual jamu tradisional pastikan anda harus mempunyai kemampuan khusus dalam mengelolah jamu tersebut. Sehingga cita rasa yang akan di ciptakan dapat membuat pengunjung ingin membeli jamu anda lagi dan lagi. Anda harus mengambil peluang dengan cara menarik beberapa masyarakat yang sudah merindukan minuman tradisional yang menyegatkan tersebut. Karena saat ini sudah sedikit orang yang menjual jamu tradisional. Lantas bagaimana cara agar usaha tersebut sukses? Jawaban tersebut ada di bawah ini.

Persiapan yang Matang untuk Memulai Usaha Warung Jamu Tradisional

Tentunya untuk memulai suatu usaha anda harus mempunyai persiapan yang matang.  Begitu juga dengan usaha jamu tradisional ini. Persiapan yang harus anda lalukan adalah sebagai berikut :

Persiapkan kemampuan meracik jamu

sebelumnya anda harus belajar terlebih dahulu mengenai bagaimana membuat jamu tradisional yang dapat membuat penikmatnya ketagihan. Jika ingin membuka usaha jamu tradisional anda harus menggunakan bahan maupun alat tradisional seperti dulu kala. Agar jamu tersebut tidak menghilangkan rasa tradisionalnya. Dengan mempertahankan cita rasa dengan alat-alat tradisional maka anda akan mampu mengobati rasa rindu masyarakat dengan rasa jamu yang khas seperti dulu kala.

Persiapan Perlengkapan dan Peralatan

Pastinya untuk memulai suatu usaha anda harus mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang di butuhkan. Jika yang anda jual adalah jamu tradisional maka anda harus menyiapkan peralatan-peralatan yang tradisional. Agar para pengunjung puas dengan apa yang anda sajikan.

Persiapkan Inovasi yang Berbeda

Meskipun anda menjual jamu tradisional bukan berarti anda harus meninggalkan semua yang modern. Carilah inovasi yang modern namun dengan konsep yang tradisional sehingga tidak meninggalkan kesan modern. Seperti contoh buatlah café yang bertema tradisional seperti dekor bernuansa batik ataupun sebagainya. Tema tersebut akan mengobati rindu masyarakat terhadap suasana tradisional dengan menikmati jamu tradisional pula.

Baca Juga:

Teknik Pemasaran Usaha Warung Jamu Tradisional

Pastikan jika anda memilih berjualan jamu tradisional siapa yang menjadi target pemasaran anda? Jangan sampai anda salah target pemasaran sehingga usaha anda tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya. Lalu bagaimanakah teknik pemasaran yang tepat?

Tentukan Target Pemasaran

Jika tema yang anda pilih adalah jamu tradisional anda bisa saja memilih target pemasaran mulai dari umur 20 tahun sampai orang tua. Hal ini dikarenakan pada umuran tersebut mereka sudah pernah merasakan jamu tradisional pada masa kecil. Sehingga anda dapat mengobati rasa rindu mereka terhadap jamu tradisional.

Harga yang Tepat

Selain menentukan target anda juga harus menggunakan harga yang tepat. Jika anda menyusung tema jamu tradisional pastikan anda membandrol harga yang bersahabat. Sehingga anda tidak perlu khawaatir akan kehilangan pelanggan anda. Untuk mengetahui harga yang tepat anda dapat mengukur dengan kualitas serta harga persaingan di pasaran. Pastikan anda tidak melebihi harga pasaran.

Cara Memulai Usaha Warung Jamu Modern

Pastinya anda akan bertanya-tanya bagaimana menjual jamu modern? Sedangkan jamu identik dengan minuman tradisional. Dengan perkembangan pengetahuan dan teknolgi memungkin apa saja bisa terjadi, termasuk berjualan jamu modern. Jamu modern saat ini menjadi inovasi yang menjanjikan untuk berbisnis. Anda dapat berjualan minuman jamu, namun dengan menyajikan alat dan nuansa yang modern. Lalu bagaimanakah cara memulai usaha tersebut? Maka simak ulasan berikut ini :

Persiapan untuk Membuka Usaha Warung Jamu Modern

Sama halnya dengan memulai usaha menjual jamu tradisional, anda juga perlu persiapan yang matang untuk membuka usaha jamu modern. Bahkan tidak hanya membuka usah jamu saja, segala jenis usaha yang ingin anda buka pastinya memerlukan persiapan yang matang. Persiapan yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut.

Persiapan Kemampuan Meracik Jamu

Bedanya dengan jamu tradisional adalah disini anda bisa meracik jamu dengan menggunakan alat-alat modern seperti alat pembuat kopi yang biasanya dilakukan oleh barista.

Teknik meracik jamupun sama dengan membuat kopi yaitu dengan disangrai terlebih dahulu rempah-rempah yang akan digunakan, kemudian rempah-rempah yang sudah disangrai digiling menggunakan alat electric grinder.

Persiapan Perlengkapan dan Peralatan

Seperti yang di jelaskan di atas bahwa untuk menjual jamu modern, membutuhkan peralatan yang modern pula seperti electric grinder. Dengan cara pembuatan jamu yang berbeda dan unik maka akan membuat pengunjung penasaran dan ingin mencobanya. Pastikan anda sudah mepersiapkan segala perlengkapan dan perlalatan yang di perlukan.

Persiapkan inovasi yang baru

Beberapa cara memang sama seperti usaha jamu tradisional, namun prosesnya yang berbeda. Untuk menjual jamu modern pastikan anda menyusung tema yang modern. Menyusung tema modern akan membuat para remaja penasaran untuk mencoba bagaimana rasanya meminum jamu. Seperti yang kita tahu bahwa semakin lama eksistensi jamu semakin menyurut. Oleh karena itu dengan menyusun tema modern berarti anda akan memperkenalkan kepada para remaja mengenai cita rasa jamu.

Teknik Pemasaran Usaha Warung Jamu Modern

Teknik pemasaran merupakan kunci utama usaha anda akan berhasil atau gagal. Oleh karena itu anda harus mempersiapkan teknik pemasaran yang tepat. Terutama pada bisnis penjualan jamu modern. Karena banyak masyarakat yang belum mengetahui bisnis ini. Lalu bagaimana cara memulai teknik pemasaran yang tepat?

Tentukan target pemasaran

Jika target pemasaran untuk menjual jamu tradisional adalah kalangan umur dewasa sampai orang tua. Maka untuk menjual jamu modern target pemasaran anda adalah remaja atau anak muda. Karena anak muda selalu menyukai suasana yang terbilang modern dan mengikuti perkembangan zaman.

Tentukan harga yang bersaing

Meskipun anda menjual jamu modern pastikan anda tidak boleh kalah dengan penjualan jamu tradisional. Sehingga untuk urusan harga anda harus dapat bersaing dengan jamu tradisional. Dengan harga yang tepat akan semakin menarik perhatian konsumen. Terutama jika target anda adalah anak muda.

Itulah beberapa cara untuk menjual jamu tradisional maupun jamu modern.

Modal Usaha Warung Tradisional dan Modern

Sebernarnya masih terdapat hal penting yang perlu anda siapkan untuk menjual jamu tradisional maupun jamu modern. Hal penting tersebut adalah modal. Tentunya modal sangatlah penting untuk memulai suatu bisnis atau usaha.

Lalu berapa kira-kira modal yang diperlukan untuk membuka usaha jamu tradisional maupun modern? Berikut kira-kira besar modal yang anda perlukan.

  • Sewa Tempat : Rp 10.000.000
  • Etalase Jamu : Rp 2.500.000
  • Alat Masak : Rp 1.000.000
  • Pendingin es Batu : Rp 1.500.000
  • Bahan Baku : Rp 1.000.000
  • Biaya Lain-lain : Rp 1.000.000

Total : Rp 17.000.000

Jika anda sudah mempunyai tempat pribadi sendiri untuk membuka usaha, maka anda bisa memangkas biaya tersebut sehingga modal yang anda perlukan hanya Rp 7.000.000. Modal ini terbilang sedikit dibandingkan membuka usaha lain. jika anda hanya membuka warung jamu yang kecil maka modal yang diperlukan bisa sangat minim. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan yang ada di dapur anda serta membeli bahan-bahan yang di butuhkan.

Itulah rincian modal untuk membuka usaha jamu tradisional maupun modern. Pastinya untuk berjualan jamu tradisional maupun modern sangatlah menguntungkan. Terlihat dari jumlah pesaing yang minim. Banyak penikmat minuman jamu yang merindukan kenikmatannya karena saat ini sudah sedikit penjual jamu yang ada. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Tips Membuka Usaha Warung Jamu Modern dan Tradisional Agar Sukses

Namun anda harus berhati-hati karena saat ini banyak penjual jamu nakal yang mencampurkan jamu dengan obat-obatan yang berbahaya sehingga banyak masyarakat yang takut untuk meminum jamu. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa anda membuat jamu dengan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya. Anda bisa mendaftarkan usaha anda ke BPOM agar masyarakat percaya dengan produk yang anda jual.

Selain itu dengan adanya persedian bahan baku rempah-rempah yang tidak stabil, yang mengakibatkan harga jual naik turun. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa saja melakukan kerjasama dengan petani rempah-rempah. Dengan bekerjasama dengan petani rempah-rempah secara langsung anda dapat mengkontrol kualitas dari rempah-rempah yang ada. Sehingga jamu anda akan selalu terjaga kualitasnya dengan baik.

Untuk menarik perhatian konsumen anda dapat memberikan promo kusus saat pertama kali membuka bisnis anda. Selain itu anda juga bisa mengikuti beberapa pameran atau beberapa acara untuk menjual jamu anda. Sehingga jamu anda dapat dikenal oleh masyarakat. Setelah usaha anda mulai ramai dengan pengunjung tugas anda adalah tetap mempertahankan kualitas jamu tersebut.

Dengan adanya cara-cara yang telah kami sampaikan di atas semoga bermanfaat untuk anda. Terutama untuk anda yang ingin mengambil peluang membuka bisnis jamu tradisional maupun modern. Sejatinya kedua usaha tersebut sama, hanya saja konsep yang berbeda. Maka anda dapat menyesuaikan dengan konsep yang ingin anda pilih.

Penutup

Demikian artikel ini kami ulas untuk menambah pengetahuan pembaca terutama yang ingin membuka suatu usaha. Semoga bermafaat dan sukses dengan hasil yang anda inginkan. Selamat mencoba, jadilah pengusaha yang bijak yang selalu memuakan konsumennya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *