Cara Buka Usaha Toko Kosmetik

Usaha Toko Kosmetik

Kosmetik dewasa ini sudah menjadi barang wajib bagi sebagian besar kaum wanita remaja dan dewasa karena trend belakangan menuntut kaum hawa ini selalu tampil cantik dan menawan.

Produk-produk kosmetik dari bedak, lipstik, eyeshadow dan berbagai keperluan perawatan kecantikan lain selalu dicari tanpa mengenal musim sepanjang tahun.

Kenyataan seperti ini membuka celah bagi anda yang sekarang ini ingin mencari peluang usaha sebagai usaha utama ataupaun mungkin hanya sebagai usaha sampingan terlebih dahulu.

Metode pengelolaan usaha toko kosmetikpun terbilang cukup mudah dan tidak serumit membuka usaha yang membutuhkan bangunan yang luas seperti usaha toko besi dan bangunan misalnya.

Toko kosmetik bahkan sangat ideal hanya dengan menyewa lokasi yang strategis di mall atau menyewa kios dipusat kota baik kota besar maupun kota kecil seperti kota kecamatan sekalipun.

Lantas bagaimana persiapan membuka usaha toko kosmetik agar cepat sukses?

Baca terus karena berikutnya akan dibahas lebih detail satu-persatu:

Lokasi Usaha

Membuka usaha toko kosmetik paling ideal adalah di pusat keramaian seperti di daerah kota di area perbelanjaan, menyewa tempat di mall menyewa kios yang ramai lalu lalang orang berbelanja dan seterusnya.

Jika memiliki modal besar maka usaha kosmetik bisa saja dengan membangun atau membeli tempat usaha anda sendiri namun jika modal terbatas maka anda saya sarankan agar cukup dengan menyewa tempat usahnya saja.

Desain dan Penataan Tempat Usaha

Berbeda dengan usaha grosir sembako yang tidak diperlukan desain yang menarik maka sebuah usaha toko kosmetik yang baik mestinya harus menjaga kualitas kebersihan sekaligus model penataan tempat usaha dibuat agar terlihat modern dan bersih serta nyaman.

Untuk mendapatkan model desain penataan tempat usaha kita bisa meniru beberapa usaha sejenis yang telah lebih dulu sukses.

Usahakan agar tampilan desain dan penataan usaha anda harus lebih baik dari mereka yang ada dan lebih dahulu sukses.

Tujuanya jelas agar usaha baru anda akan mendapat perhatian lebih bagi para calon pelanggan.

Kelengkapan Barang Jualan

Ketika tempat usaha sudah didapatkan desain dan penataan tempat sudah dibuat maka selanjutnya adalah menyiapkan kelengkapan barang dagangan.

Semakin lengkap barang dagangan yang dijajakan maka akan semakin mendongkrak minat para calon pembeli untuk berkunjung.

Perhatikan hal-hal mendasar seperti merk-merk kosmetik paling laku didaerah setempat hingga produk-produk yang jarang peminatnya namun memberi kontribusi keuntungan lebih.

Namun harus diingat bahwa kita harus pandai memilih stok barang.

Beli stok barang secukupnya pada item yang kurang diminati dan jika dana anda cukup maka menyimpan stok pada barang yang paling banyak peminatnya.

Jika anda benar-benar baru dan tidak menguasai berbagai ragam produk kosmetik maka saya sarankan harus banyak belajar terlebih dahulu kepada mereka yang telah sukses atau setidaknya mau membaca berbagai informasi produk baik dari media cetak maupun media online.

Bagaimanapun tidak ada yang lebih baik untuk memperoleh informasi akurat selain menggali informasi dari ahlinya yang bisa dipercaya atau anda bisa juga mendapatkan cara pintas yaitu merekrut karyawan yang berpengalaman dalam bidang kosmetik sebagai ujung tombak yang akan menjadi karyawan anda sekaligus mendapatkan ilmunya tentang berbagai macam produk kosmetik dari produk dasar hingga produk yang eksklusif.

Dengan menggandeng karyawan yang berpengalamana kita juga akan dapat ilmu darimana kita mendapatkan stok barang dengan harga terbaik.

Ingat, lakukan sedikit wawancara dan pastikan karyawan haruslah sesuai kriteria yang kita cari.

  • Karyawan harus berpengalaman cukup
  • Mengerti barang dagangan yang akan dijual dengan baik
  • Mengerti darimana stok barang dagangan didapatkan.
  • Berpenampilan menarik, ramah dan murah senyum dan sebagainya.

Jika ide seperti diatas masih dirasa menyulitkan maka ada alternatif lain agar anda tidak dipusingkan dengan jumlah, jenis dagangan yang ada dan sistim yang akan dijalankan yaitu dengan menjadi member usaha toko waralaba kosmetik.

Dengan menjadi anggota waralaba pada usaha kosmetik maka kita hanya perlu menyiapakan dana dan tempat usaha sementara keperlauan barang dagangan hingga desain toko akan dipersiapkan oleh pihak pemilik merk dagang.

Promosi

Sekarang anggap saja semua persiapan sudah selesai entah dengan membuka usaha milik anda sendiri ataupun dengan sistim waralaba atau franchise.

Usaha yang punya banyak kelebihan belum tentu ramai jika promosi kurang maksimal terutama diawal-awal usaha anda.

Maka lakukanlah promosi sebaik mungkin dengan tujuan agar usaha anda mudah dikenal oleh masyarakat.

Jika usaha toko kosmetik tersebut adalah milik anda sendiri, maka buatkan nama usaha yang keren dan menarik serta mudah diingat oleh pelanggan.

Buat papan poster yang mencolok dan menarik agar tempat usaha anda mudah mendapat perhatian.

Perkenalkan usaha toko kosmetik anda kepada rekan, saudara dan siapa saja yang anda kenal baik agar mereka mengenal dan mau mengenalkan usaha kita dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Manfaatkan media online seperti facebook, whatsapp ataupun instagram dan bergabunglah dengan grup dan komunitas yang membahas informasi kecantikan.

Aktif lah di grup ataupun forum-forum tersebut dengan memberikan kontribusi yang positif sembari sekali-kali memperkenalkan produk jualan anda kepada member ketika nama anda sudah dikenal baik pada forum dan grup-grup sosial media.

Anda bisa juga membuka usaha offline dengan disandingkan usaha lewat online melalui platform sosial media maupun ikut berjualan di berbagai mediajual beli online seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan sebagainya.

Baja Juga : Cara Jualan di Shopee

Berikan Nilai Lebih

Untuk sukses pada usaha toko apapun maka usaha anda harus memiliki nilai lebih tidak terkecuali pada usaha toko kosmetik.

Usaha anda harus selangakah lebih baik dari yanga lain dalam berbagai hal seperti:

  • Pelayanan yang lebih baik
  • Kenyamanan pembeli saat bertransaksi
  • Harga yang bersaing
  • Keramah tamahan
  • Kejujuran
  • Penampilan yang baik dari penampilan usaha toko tersebut hingga penampilan para karyawan harus selalu menarik dan tidak membuat pengunjung jenuh.

Setelah dasar-dasr pengetahuan tentang usaha toko kosmetik anda kuasai maka diharapkan anda memiliki pegetahuan bagaimana seharusnya memulai usaha toko kosmetik dengan baik agar terhindar dari kegagalan.

Berpikir positif dan berdo’a juga merupakan bagian dari upaya meraih sebuah kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *