Cara Buka Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Usaha Pangkalan Gas Elpiji

Usaha Pangkalan Gas Elpiji

Elpiji dalam bahasa Inggris disebut dengan LPG (Liquid Petrolium Gas) yaitu sebuah gas yang ditampung dalam sebuah tabung.

Kemunculannya berawal dari kebijakan pemerintah yang ingin menghemat energi di muka bumi dengan mengganti penggunaan minyak tanah menjadi gas elpiji.

Pada awal kebijakan, gas elpiji mendapat pertentangan dari masyarakat, karena mereka lebih suka menggunakan minyak tanah.

Lalu, karena adanya subsidi yang dibagikan kepada setiap rumah tangga, maka lambat laun semakin banyak yang menggunakan gas elpiji.

Bahkan hingga saat ini, sudah jarang sekali orang menggunakan minyak tanah dan kompor manual untuk memasak.

Nah, karena semakin banyak orang yang menggunakan gas elpiji maka ada beberapa orang yang memanfaatkan momen ini yaitu dengan cara membuka usaha pangkalan gas agar mendapatkan keuntungan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap segala hal yang berkaitan dengan usaha tersebut. Mari kita simak penjelasannya.

Peluang Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Mengapa penting membuka usaha ini ? seperti yang kita ketahui, gas elpiji  pada saat ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

Yang mana segala aktivitas masak memasak bergantung pada keberadaan gas elpiji.

Belum lagi jika permintaan sedang tinggi maka sering kali gas elpiji menjadi langka.

Masyarakat akan susah jika harus bolak-balik ke tempat penjualan pangkalan elpiji yang cukup jauh dari rumahnya.

Nah, dari kondisi yang semacam ini sebenarnya membuka kesempatan bagi anda untuk menjadi agen gas di daerah anda masing-masing.

Bagaimanapun kondisinya, namanya kebutuhan pokok maka anda tidak akan kesusahan untuk memasarkan atau menjual gas elpiji anda.

Walaupun terkadang banyak sekali saingannya (penjual gas elpiji yang lain). Tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah, tergantung bagaimana trik marketing yang anda lakukan.

Dalam bisnis penjualan gas elpiji, anda bisa memilih menjadi salah satu diantara tiga berikut ini.

Pertama menjadi agen gas elpiji. Agen gas elpiji posisinya langsung di bawah pertamina. Tetapi untuk menjadi agen gas elpiji tidaklah mudah, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi.

Kedua sub agen gas elpiji. Menjadi sub agen gas elpiji ini sangat menguntungkan.

Karena anda bisa mendapatkan harga lebih murah dari agen untuk dijual lagi ke pengecer (toko-toko) yang tersebar di beberapa daerah.

Yang terakhir adalah pengecer. Anda hanya perlu modal beberapa tabung saja kemudian anda bisa mengambil ke sub agen gas elpiji atau pengecer lain yang ada di sekitar anda.

Lebih baik anda menjual gas elpiji 3kg dibandingkan dengan gas elpiji 12 kg. Karena gas elpiji 3kg lebih banyak dicari.

Nah, setelah mengetahui gambaran umum bisnis gas elpiji 3kg lalu bagaimana caranya memulai usaha ?

Cara Membangun Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Segala sesuatu pasti ada caranya, tidak menutup kemungkinan pada bisnis-bisnis semacam ini.

Agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan tidak menimbulkan kerugian. Lalu bagaimana caranya dan apa saja yang harus dipersiapkan. Baca penjelasan di bawah ini :

Persiapan dan Modal Awal Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Untuk persiapan dan modal awal bisa bermacam-macam, tergantung anda menginginkan menjadi pengecer,sub agen, ataukah agen.

Pengecer adalah penjual gas elpiji skala kecil yaitu kepada tetangga-tetangga. Menjadi pengecer sangat cocok bagi anda yang mempunyai modal terbatas.

Selain itu, tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

Anda hanya perlu membeli tabung gas 3kg sebanyak 6 hingga 10 buah (yang sudah terisi) yang bisa anda dapatkan dari sub agen sekitar tempat anda.

Sedangkan bagi anda yang memiliki cukup modal lebih baik menjadi sub agen daripada pengecer.

Modal yang perlu anda persiapkan adalah kendaraan untuk mengangkut, lokasi gudang untuk menyimpan gas elpiji 3kg serta menyediakan tabung yang akan anda jual, anda bisa membeli tabung dari sub agen yang sudah bangkrut.

Sebagai pemula disarankan membeli 100 tabung terlebih dahulu pada agen di sekitar daerah anda.

Tetapi, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi ketika ingin menjadi sub agen. Pertama adalah mengajukan proposal kepada agen gas elpiji terdekat di daerah masing-masing.

Kedua, mempersiapkan segala sesuatunya karena agen gas elpiji akan survey ke lokasi anda untuk meninjau apakah anda layak menjadi seorang sub agen.

Hal ini dikarenakan pertamina dan agen menerapkan standar khusus gudang yang akan digunakan sebagai tempat penampungan gas elpiji 3 kg.

Bukan apa-apa untuk menghindari bencana seperti kebakaran, pencurian dan lain-lain.

Terakhir, adalah menjadi agen gas elpiji. Bagi anda yang mempunyai modal lumayan besar, menjadi agen gas elpiji yang langsung berada di bawah pertamina adalah pilihan yang tepat.

Tetapi anda harus melengkapi beberapa persyaratan diantaranya adalah memiliki legalitas usaha, mendatangi surat kerjasama dengan pertamina, menyerahkan modal sebagai deposit ke pihak pertamina, memiliki badan hukum tetap dan memiliki izin sebagai agen dari daerah setempat.

Persiapan dan modalnya cukup mudah bukan ? pastinya sesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

Prediksi apa yang bisa anda raih ke depannya. Jangan salah ambil langkah jika anda ingin usaha tetap berjalan.

Baca Juga;

Memulai Berjualan Gas Elpiji 3 kg

Setelah persiapan dan modal sudah matang dan usaha sudah mempunyai izin.Selanjutnya adalah memulai berjualan.

Bagaimana cara berjualan agar bisa mendapatkan keuntungan ? Mari kita simak caranya :

Mencari pihak yang mau menerima gas elpiji 3 kg

Anda harus mempunyai mitra. Mitra di sini adalah konsumen anda.

Anda harus mampu memperluas konsumen anda dimanapun mereka berada. Jika anda menjadi sub agen. Maka mitra anda adalah beberapa toko baik besar ataupun kecil yang ada di sebuah kampung atau desa di sekitar anda.

Menjadi percuma kan, apabila anda mendapatkan pasokan gas elpiji 3 kg yang sangat banyak, tetapi tidak ada pihak yang membelinya. Bukan untung yang didapatkan tetapi malah kerugian.

Untuk mendapatkan mitra anda bisa menggunakan beberapa cara. Anda bisa menggunakan brosur penawaran, mendatangi satu persatu toko dan menawarkan kerjasama, serta melalui jaringan baik teman anda maupun keluarga anda untuk membantu mempromosikan usaha anda.

Memilih cara pelayanan

Pelayanan, adalah aspek yang sangat penting bagi anda yang sedang mengembangkan usaha.

Mengapa penting ? karena pelayanan merupakan kunci dari kenyamanan konsumen. Konsumen akan lebih nyaman jika diberikan pelayanan secara maksimal.Konsumen akan tidak nyaman jika pelayanan anda setengah-setengah. Misalkan terlambat tanpa konfirmasi dan masih banyak yang lainnya.

Dalam mengelola usaha elpiji 3 kg. Lebih baik anda melakukan delivery order yaitu pengantaran kepada konsumen. Bukan konsumen yang mendatangi anda tetapi anda yang mendatangi konsumen. Konsumen lebih suka apabila anda menggunakan cara pelayanan ini, karena waktu dan tenaga mereka menjadi lebih efektif.

Memanajemen harga

Masyarakat mempunyai karakter yang berbeda-beda. Anda harus bisa menangkap momentum ini. Anda bisa mengambil keuntungan yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Misal di daerah A anda bisa mengambil keuntungan Rp. 2000 sedangkan di daerah B anda mengambil keuntungan Rp.1.000.

Manajemen harga ini perlu  dilakukan agar usaha anda tetap berjalan dan konsumen tidak berpindah.

Hal ini sangat besar impactnya yang mana kadang masyarakat lebih memilih sub agen lain hanya karena beda harga Rp.500 atau Rp.1.000. Nah, anda harus bisa menangkap standar masyarakat.

Nah, beberapa cara di atas adalah tips sukses untuk membuka dan berjualan gas elpiji 3 kg. Apabila anda sudah mempunyai bekal persiapan dan modal. Cara ini bisa langsung anda praktikkan.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Setiap usaha atau bisnis pasti ada kelebihan dan kekurangan, termasuk usaha gas elpiji. Baik pengecer, sub agen atau agen mempunyai kelebihan masing-masing.

Kelebihan menjadi pengecer anda tidak perlu repot-repot mencari pembeli, dengan sendirinya pembeli akan mendatangi anda.

Kelebihan menjadi sub agen, anda akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk anda jual lagi dan mengambil keuntungan. Keuntungan yang didapatkan juga akan lebih besar dibandingkan dengan pengecer.

Selain itu, menjadi sub agen tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, anda hanya mengeluarkan tenaga untuk mengantar pesanan gas elpiji saja.

Sedangkan kelebihan menjadi agen anda hanya melakukan pengiriman gas elpiji kepada sub agen.

Keuntungan pun juga semakin besar. Misalkan dalam satu minggu anda bisa mengirim 1000 tabung gas, dan per tabung keuntungannya Rp.2.000, dalam satu minggu anda bisa mendapatkan kurang lebih Rp.2.000.000.

Tetapi, kekurangan usaha gas elpiji 3 kg ini adalah sering kali terjadi kelangkaan dari pihak pertamina.

Kelangkaan dari pihak pertaminan membuat keterlambatan pengiriman dari sub agen kepada pengecer dan pada akhirnya terjadinya komplain dari masyarakat karena gas elpiji tak kunjung datang dan mereka tidak bisa memasak untuk sementara waktu.

Untuk mengatasi solusi ini, alternatif lain yang anda lakukan adalah tidak hanya menyediakan gas elpiji 3 kg. Tetapi juga 5 kg atau 12 kg.

Penjelasan di atas merupakan sekilas pandangan tentang bisnis jualan gas elpiji 3 kg dan bagaimana cara menjualnya.

Karena tidak banyak memakan waktu, maka usaha ini bisa anda gunakan sebagai pekerjaan utama maupun sampingan.

Tips Buka Usaha Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam berusaha ini.

Pertama, selalu sediakan alat pemadam kebakaran. Karena anda bukan sedang berjualan batu tetapi anda berjualan gas yang sangat mudah terbakar.

Kedua, selalu pisahkan antara gas elpiji dengan sumber yang dapat memicu api seperti listrik dan korek api.

Ketiga, selalu ikuti edukasi penanganan pertama apabila terjadi kebocoran gas atau gejala bencana yang lainnya. Rajin mengikuti sharing komunitas (jika ada) agar pengetahuan bertambah.

Keempat, yang paling terpenting jangan membuka usaha ilegal (harus mempunyai izin resmi). Persiapkan segala berkas yang berkaitan.

Mengapa penting ? karena jika usaha anda ilegal akan sangat beresiko, baik bagi anda dan kelangsungan usaha anda.

Usahakan jangan melakukan timbun barang karena dapat menimbulkan kelangkaan semakin parah. Di sisi lain, melakukan timbun barang juga dilarang oleh agama.

Bagaimana apakah anda tertarik atau sudah siap membuka usaha ini ? Selamat mencoba dan semoga sukses menjalani usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *