Cara Budidaya Ternak Lobster Air Tawar di Aquarium agar Sukses

Permintaan pasar terhadap lobster air tawar terus meningkat, karena binatang air tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan menguntungkan bagi berbagai macam usaha kuliner serta dikonsumsi untuk kebutuhan pangan rumah tangga yang bergizi!

Melihat hal tersebut, membuat usaha budidaya lobster air tawar menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan, apalagi para peternak di bidang ini pun masih jarang.

Persiapan Awal Budidaya Lobster Air Tawar Agar Sukses

Agar bisa menghasilkan lobster yang berkualitas dan mendapatkan banyak peminat di pasaran tentu sangat bergantung pada proses sekaligus cara ternak lobster air tawar yang tepat, oleh karena itu simak poin-poin berikut ini.

Persiapan Anggaran Ternak Lobster Air Tawar

Melihat banyaknya keuntungan yang dihasilkan selama budidaya lobster air tawar, beberapa peternak yang sudah berpengalaman pun memberikan peluang bagi para peminat di bidang bisnis dan peternakan atau perikanan untuk mengawali langkah mengembangkan bisnis tersebut.

Dengan cara menjual beberapa pasang serta set lobster sekaligus peralatan ternak untuk mempermudah para pemula yang ingin membudidayakan lobster air tawar.

Bagi Anda para pemula, sebaiknya belilah beberapa set peralatan dan perlengkapan ternak tersebut lengkap beserta beberapa pasang indukan lobster untuk menghemat biaya.

Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 5.8 juta saja untuk modal awal membeli set peralatan tersebut, yang terdiri dari 9 akuarium besar lengkap dengan aeratornya di tiap akuarium, fasilitas dilengkapi dengan pembuangan air dan sisa pakan atau kotoran, sistem sedot, serta keran.

Juga ditambah indukan lobster air tawar siap kawin 3 jantan, 5 betina. Praktis bukan?

Baca Juga: Cara Budidaya Ternak Ikan Patin Sukses dan Menjanjikan

Lokasi dan Tempat Budidaya Lobster Air Tawar

Apabila Anda memilih untuk melakukan budidaya lobster air tawar di akuarium, maka tidak perlu repot untuk memilih tempatnya.

Yang terpenting Anda telah mempersiapkan satu ruangan khusus untuk budidaya lobster, dan pastikan di sana hanya dipenuhi dengan aquarium untuk budidaya.

Jangan menyatu dengan ruang yang sering dimasuki atau dikunjungi oleh manusia.

Pastikan juga bahwa ruangan teduh, tidak mendapatkan sinar matahari terlalu berlebihan.

Berikan jendela ruangan agar suhu udara di dalam ruangan tetap normal yakni sekitar 25 hingga 29 derajat celcius dengan keasaman air 7 hingga 9 pH, bila perlu berikan beberapa tanaman ruangan agar lebih teduh.

Gunakan pencahayaan yang sesuai untuk ruangan, jangan terlalu terang, dan jangan terlalu redup agar lobster tidak stress.

Metode Ternak Lobster Air Tawar yang Tepat

Saat Anda sudah memiliki modal sekaligus mendapatkan berbagai perlengkapan dan hewan utama yang akan dibudidayakan, maka tahap selanjutnya Anda harus menerapkan metode ternak lobster air tawar dengan tepat selama menjalankan prosesnya.

Berikut langkah atau metode tepat untuk beternak lobster air tawar.

Cara Membuat Media Habitat Lobster Air Tawar

Anda bisa memilih berbagai media untuk menggantikan habitat lobster air tawar, bisa berupa kolam atau bisa juga menggunakan akuarium.

Pastikan Anda telah meninjaunya dari berbagai hal.

Ternak menggunakan media kolam membuat Anda dapat beternak lobster air tawar dengan jumlah yang banyak dan sehat karena lobster pada dasarnya hidup di perairan luas dan mendapatkan oksigen cukup banyak.

Namun, Anda akan kesulitan untuk mengecek sekaligus melakukan perawatan secara rutin pada air kolam, terutama pada saat memanennya.

Sedangkan beternak menggunakan media aquarium lebih mudah karena bisa diletakkan di dalam ruangan dengan ukuran ketinggian yang bisa Anda jangkau.

Serta Anda juga tidak perlu repot untuk merawat kebersihan habitat lobster karena telah disediakan alat otomotis.

Maka sebaiknya gunakanlah akuarium dengan ukuran besar agar lobster bisa leluasa yakni sekitar 1 x 0.5 x 0.25 meter, dan Anda juga bisa memantau lobster dengan mudah sekaligus memanennya sesuai dengan permintaan pembeli yang tertarik saat melihat-lihat hasil budidaya di akuarium dengan bentuk yang jelas.

Kemudian Anda hanya perlu meletakkan akuarium di atas meja-meja yang telah disusun rapi berjajar.

Lalu memasang selang aerator, dan meletakkan keran otomatis di tiap akuarium.

Isi akuarium dengan air penuh dan usahakan air memiliki kandungan zat kapur dengan kadar kalsium tinggi untuk pembentukan cangkang yang kuat.

Nyalakan listrik yang menghubungkan keran dan aerator.

Dan pastikan bahwa aerator selalu menyala untuk selalu menyediakan oksigen di akuarium, berikan listrik cadangan untuk mengatasi saat listrik mati secara keseluruhan.

Baca Juga: Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar di Kolam Terpal Mudah dan Cepat Panen

Pemilihan Bibit Lobster Air Tawar yang Baik dan Tepat

Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memilih indukan lobster sebagai benih berkualitas.

• Bedakan dengan baik antara lobster jantan dan betina.

• Jangan memilih lobster yang berkelamin ganda karena jenis ini tidak bisa menghasilkan telur.

• Pilih lobster yang berukuran besar atau gemuk, hal itu bisa dilihat tepat di bagian tubuhnya, bukan kepala maupun ekor

• Pilih lobster jantan dengan ciri-ciri capik lobster memiliki bercak merah di pemukaan cangkang capik bagian luar. Pastikan lobster jantan berusia sekitar 6 bulan, dan ukurannya mencapai 7 cm atau 3 inci.

• Saat memilih indukan lobster betina, pastikan terdapat ciri lubang di bagian kaki yang ketiga, letaknya di bagian bawah atau ekor. Nah, petunjuk tersebut mengarah pada jenis kelaminnya, kemudian pastikan bahwa usia indukan betina adalah 6 bulan dengan ukuran hampir sama dengan pejantan.

Tahap Lanjut Pemeliharaan Budidaya Lobster Air Tawar dengan Tepat

Jenis Pakan dan Cara Pemberian Pakan Lobster Air Tawar

Anda bisa memberikan beragam jenis makanan mulai dari sayuran atau hewan-hewan kecil.

Pilihan pakan yang baik bagi lobster seperti plankton, cacing tanah, dan lainnya.

Tetapi Anda bisa juga memberikan beragam sayuran seperti kacang-kacangan, ubi, dan sebagainya.

Pastikan Anda memasaknya dengan tingkat kematangan sedang agar lobster bisa mencerna dengan baik.

Berikan pakan tersebut selama 2x sehari secara rutin agar lobster memiliki gizi yang baik. Lakukan pada saat pagi hari dan sore hari.

Namun, karena lobster ini termasuk hewan yang beraktivitas di malam hari, atau nocturnal, maka Anda bisa menambahkan porsi pakannya di sore hari.

Pastikan pakan yang telah Anda berikan di dalam akuarium lobster sudah habis keesokan harinya.

Jika belum, Anda bisa membersihkan sisanya kemudian mengganti pakan dengan yang baru, bisa berupa pellet untuk pakan rutin, sementara plankton atau cacing untuk beberapa hari sekali.

Jika Anda memberikan cacing, sebaiknya endapkan terlebih dahulu di dalam air bersih selama beberapa jam agar kotoran dalam perut cacing bisa keluar.

Baca Juga: Cara Budidaya Ternak Ikan Mas Kolam Tanah dan Air Deras Cepat Panen

Perawatan Dan Pemeliharaan , Menjodohkan , Perawatan

Cara Penjodohan dan Perkawinan Indukan Lobster Air Tawar

• Pada satu wadah aquarium sesuai dengan ukuran yang tepat dengan jumlah lobster yakni 1 x 0.5 x 0.25 meter, masukkan indukan sebanyak 3 pejantan dan 5 betina lobster air tawar

• Masukkan 8 pipia paralon dengan ukuran diameter sebesar 2 inci serta panjang sebesar 20 cm. Indukan betika akan memilih pejantannya sendiri dan tunggulah waktu hingga mereka kawin dengan sendirinya.

• Biarkan lobster tersebut selama kurang lebih 2 minggu.

• Indukan betina yang hendak bertelur biasanya menjauh dari para pejantan , kemudian telur tersebut akan disimpan di dalam ekornya yakni ekor ebdomen.

Cara Perawatan dan Pemeliharaan Anakan dan Lobster Air Tawar Dewasa

• Setelah indukan melangsungkan proses bertelur, biarkan lobster betina mengerami telurnya kurang lebih selama 2 hingga 3 minggu, perhatikanlah ciri-ciri tubuhnya.

• Jika si betina telah berenang dengan membuka ekor, kemudian Anda bisa melihat telur menempel di ekornya, maka pada saat inilah Anda bisa memindahkan betina ke dalam akuarium lainnya untuk memulai masa penetasan telur.

Pastikan ukuran akuarium atau wadah sebesar 2 x 1 meter.

• Anda bisa memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan telur lobster tiap minggunya hingga telur rontok dan menetas pada minggu ke- 5. Jika masih ada benih telur yang akan menetas masih tertempel pada induknya, maka Anda bisa merontokkan telur tersebut.

• Jika pada tubuh induk lobster sudah tidak terdapat telur maka pindahkan ke akuarium kosong agar bisa beristirahat selama 2 minggu dan berganti kulit.

• Rawatlah anakan lobster dengan mmberinya pakan cacing sutra atau plankton serta syur-sayuran hingga berusaha 2 hingga 3 bulan, kemudian Anda bisa memberikannya pellet hingga usia 6 bulan serta pakan sayuran.

Hal-Hal Penting Agar Ternak Lobster Air Tawar Sukses

• Pastikan bahwa langkah Anda dalam beternak lobster air tawar tepat dengan mendapatkan informasi langsung dari peternak berpengalaman.

• Ikuti grup atau komunitas para pembudidaya hewan laut yang hasilnya bisa diolah menjadi seafood

• Kembangkan strategi promosi yang unik, bisa dilakukan dengan media online agar sasaran pasar bisa semakin luas.

Pencegahan Dan Penanganan Penyakit pada Lobster Air Tawar

Penyakit pernapasan yang disebabkan cendawan Saprolegnia spa tau Achyla. Lobster yang diserang biasanya sedang terluka, sekaligus beresiko menyerang telur-telurnya.

Cirinya yakni tubuh lobster dipenuhi dengan benang-benang halus, nafsu makan turun hingga menyebabkan kematian.

Cara mengatasinya dengan merendam lobster ke dalam bak penampungan yang berisi air dengan larutan malachite 2 hingga 3 ppm dalam waktu 30 sampai 60 menit. Sertakan tanaman eceng gondok dan ijuk. Ulangi selama 3x sehara dalam kurun waktu 3 hari.

Gagal ganti kulit, hal itu karena lobster tidak bisa melakukan pergantian kulit karena teksturnya terlalu keras, hingga mengalami kematian.

Ini disebabkan pemberian pakan pellet yang terlalu berlebihan sehingga asupan kalsium sangat tinggi dan membuat cangkangnya terlalu keras.

Cara mengatasinya dengan menambah kadar oksigen yang banyak di dalam air sebagai habitatnya.

Masalah Umum yang Terjadi pada Lobster Air Tawar Beserta Penanganannya

Para peternak lobster air tawar seringkali menemui masalah berupa serangan bakteri serta virus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, serta gagal moulting.

Semua itu bisa diatasi dengan mudah dengan cara memberi pakan rutin dengan takaran yang normal, tidak berlebihan.

Dan pastikan bahwa kondisi akuarium selalu bersih tanpa endapan kotoran dan sisa pakan.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Budidaya Ternak Ikan Koi untuk Pemula

Proses Panen dan Penjualan Lobster Air Tawar

Panen lobster bisa dilakukan saat Anda berhasil mengembangbiakkan anakan lobster hingga berusia 5 sampai 6 bulan atau berukuran dewasa.

Dengan begitu Anda bisa menjualnya secara langsung dengan mengundang para pelanggan datang ke rumah Anda, atau menggunakan jasa pengepul yang lebih memudahkan Anda untuk memperluas jaringan konsumen.

Tips dan Kesimpulan

Semua peternak lobster air tawar tentu saja memiliki kiat sukses masing-masing untuk membuat lobsternya berkualitas baik, namun sebelum itu mereka pasti mengalami banyak kegagalan, hambatan dan resiko. Mengingat caranya pun tidak bisa dibilang mudah pun tidak juga dibilang sulit, karena semua usaha harus dilalui dengan kerja keras pantang menyerah.

Serta tidak lupa untuk mengkitu langkah budidaya lobster air tawar dengan tepat seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *