Cara Budidaya Ternak Burung Pleci Sukses dan Menjanjikan

Cara ternak burung pleci

Para pecinta burung kicau tentu mengenal jenis burung pleci.

Selain lucu dan suaranya merdu, burung pleci juga menghasilkan keuntungan strategis bagi para pencari peluang usaha!

Ikuti 10 Cara Ternak Burung Pleci Ini Agar Sukses

Para pebisnis pemula yang menekuni bidang peternakan burung kicau harus mengetahui beberapa hal tentang cara budidaya burung pleci seperti yang ada di bawah ini.

Persiapan Anggaran Ternak Burung Pleci

Burung kicau jenis ini memiliki ukuran kecil, namun harganya terbilang mahal untuk dijadikan sebagai usaha, yakni berkisar antara 30 hingga 250 ribu rupiah. Sementara biaya untuk membeli perlengkapan seperti kandang dan pakan cukup murah, dengan modal kurang dari satu juta, Anda sudah bisa membuat kandang dengan ukuran besar, serta membeli pakan berkualitas.

Harga burung pleci trotolan yang siap kawin setiar 170 ribu saja, jika Anda membelinya sepasang berarti uang yang harus Anda keluarkan sekitar 300 hingga 450 ribu. Lebih murah lagi jika Anda memilih untuk merawat burung pleci bakalan yang harganya masih sebesar 30 ribu. Dengan begitu, total yang Anda keluarkan untuk semuanya yakni sekitar kurang lebih 1.5 juta saja.

Lokasi dan Tempat Budidaya Burung Pleci

Sebaiknya letakkan kandang burung pleci di tempat yang jauh dari keramaian, namun di udara terbuka, jika Anda menggunakan kandang aviary. Jangan sampai terkena hujan dan sinar matahari yang berlebihan. Jika menggunakan kandang soliter tentu lebih mudah untuk memindahkannya, tapi menyebabkan burung pleci mudah stress, maka berikan sikap yang baik padanya.

Jika Anda beternak menggunakan kandang soliter, sebaiknya letakkan di dalam ruangan kosong yang khusus untuk perkembangbiakan burung pleci dari awal pembibitan hingga pada usia tertentu untuk siap dijual dan dipanen.

Cara Pembuatan Kandang Burung Pleci

Ada beberapa jenis kandang yang cocok untuk dijadikan habitat burung pleci, yakni kandang soliter dan kandang aviary.

Cara Membuat Kandang Aviary

Untuk kandang aviary, Anda bisa membuatnya dengan kawat yang dirangkai dengan sela-sela kecil namun rangkap.

Serta menggunakan pondasi yang terbuat dari kayu. Dirangkai dengan cukup sederhana, yakni dengan memotong kayu dengan ketebalan sekitar 3 hingga 5 cm berukuran memanjang.

Kemudian ditempelkan dengan beberapa potongan kayu lain hingga nanti terbentuk seperti bangun balok yang bagian luarnya dikelilingi kawat.

Berikan atap untuk menghindari sinar matahari berlebihan serta air hujan. Kandang aviary sangat cocok untuk menampung bulung pleci dalam jumlah banyak karena ukuran cenderung besar.

Cara Membuat Kandang Soliter

Untuk kandang soliter, Anda sebaiknya membelinya.

Harganya pun terbilang murah daripada Anda membuatnya secara pribadi dengan menghabiskan waktu untuk mencari bahan baku dan memerlukan kemampuan untuk merangkainya.

Model kandang soliter banyak ditemui secara umum dan banyak sekali diperjualbelikan di pasaran.

Cara pembuatan kandang soliter ini cukup rumit sehingga Anda harus belajar terlebih dulu kepada ahlinya jika belum memiliki kemampuan.

Namun tidak masalah membuatnya sendiri jika bahan baku dan kemampuan sudah dimiliki.

Baca Juga: 10 Cara Ternak Burung Perkutut Lokal Bagi Pemula

Pemilihan Bibit Burung Pleci yang Baik dan Tepat

Bibit Burung Pleci

Agar dapat menjual burung pleci berkualitas maka Anda juga harus memilih bibit yang berkualitas pula. Berikut ciri-ciri bibit yang bagus untuk dibudidayakan.

• Pilih burung pleci betina yang sudah berusia sekitar 1 tahun, dewasa, atau siap kawin. Begitupun dengan pejantannya.

• Pleci betina memiliki ciri bulu terlihat cerah, sedangkan jantan warnanya sedikit lebih tajam.

• Pilihlah yang aktif, lincah, serta jinak.

• Pilih pejantan yang bagus, yakni dengan paruh yang lurus, suara merdu dan gacor, mata cerah dan tajam, cengkeraman kaki kuat.

• Pilih sepasang pejantan dan betina yang berasal dari satu jenis pleci agar lebih mudah merawatnya.

Jenis Pakan Cara Pemberian Pakan Burung Pleci

Burung pleci termasuk hewan pemakan buah dan sayur segar, oleh karena itu Anda bisa memberikan aneka buah-buahan.

Seperti buah apel, pisang, papaya, jeruk, kelengkeng, wolfberry, dan masih banyak lagi. Selain buah, sayur segar yang bisa Anda jadikan pakan antara lain seperti tomat, oyong, mentimun, wortel, dan sebagainya. Sebagai extra fooding atau EFnya, Anda bisa menambahkan kroto, jangkrik atau belatuk tentara hitam.

Berikan EF secukupnya saja, karena jika berlebihan bisa saja efek samping seperti birahi terjadi lebih cepat.

Namun, EF tersebut bisa diberikan secara rutin dalam kadar normal ada batasnya yakni sekitar 1 atau 2 kali perhari, agar burung pleci bisa berkicau lebih lama.

Kemudian jangan lupa mengganti sesering mungkin jika pakan buah dan sayur segar mengering atu busuk.

Baca Juga: Inilah 11 Cara Ternak Burung Kenari dengan Tepat

Perawatan Dan Pemeliharaan , Menjodohkan , Perawatan Anakan Dan Sebagainya

Cara budidaya burung pleci dengan merawat dan memelihara sebenarnya cukup mudah dan tidak terdapat teknik yang khusus.

Seperti yang telah dirangkum pada beberapa poin berikut.

Cara Penjodohan dan Perkawinan Indukan Burung Pleci

• Cara penjodohan sama seperti pada jenis burung lainnya, yakni dengan meletakkan kanda dari dua pasang secara berdekatan.

Lakukan selama 2 minggu, jika pleci menunjukkan ciri-ciri birahi kepada pasangannya maka taruhlah ke dalam satu kandang.

Sedangkan jika tidak menunjukkan tanda birahi, maka Anda perlu mengganti indukan untuk dijodohkan.

• Saat menjodohkan sebaiknya berilah pakan EF atau extra food, seperti jangkrik, belatung lalat tentara hitam, dan lain-lain.

• Jika sepasang burung pleci menunjukkan tanda seperti saling mendekati satu sama lain, kemudian berkicau dengan saling menyahut.

Maka segera letakkan keduanya dalam satu kandang, tunggu beberapa waktu hingga menjalani perkawinan. Jangan lupa untuk memberikan bahan serabut agar dijadikan sebagai sarang.

Cara Perawatan dan Pemeliharaan Anakan dan Burung Pleci Dewasa

• Saat burung pleci usai kawin, maka tunggulah dalam beberapa waktu sekitar kurang lebih 2 minggu akan bertelur

• Anda juga bisa memindahkan telur ke mesin penetas jika induk tidak mau mengeraminya, dan dengan cepat menunjukkan reaksi untuk birahi lagi.

• Pindahkan pejantan secara sementara jika mengganggu proses pengeraman yang dilakukan si betina.

• Dalam waktu kurang lebih satu minggu, telur tersebut akan menetas sehingga Anda harus menyiapkan pakan yang sesuai bagi induk pleci untuk melolohkan kepada anaknya.

Pakan yang cocok biasanya adalah kroto. Namun, jika indukan tidak ingin merawatnya dengan ciri-ciri sering mematuknya, atau tidak pernah melolohnya, maka Anda harus mengambil anakan yang baru menetas tersebut untuk diloloh.

Gunakan kroto atau voer yang khusus bagi anakan pleci yang baru menetas.

• Pada waktu sekitar 2 minggu anakan pleci siap untuk diajari mematuk dan memakan pakannya sendiri.

• Pindahkan ke kandang yang lebih besar saat anakan sudah siap secara mandiri. Letakkan pakan voer yang bergizi dan cocok untuk jenis burung berkicau seperti pleci. Kemudian dalam beberapa waktu berikan pakan jangkrik agar lebih bergizi dan bervitamin.

• Pastikan bahwa kandang dan tempat pakan burung pleci selalu bersih.

• Berikan suara-suara kicau burung untuk meningkatkan kualitas suaranya agar lebih merdu atau gacor.

• Anda bisa menyemprotnya untuk memandikan pleci saat pagi atau sore hari, bisa juga dengan melatihnya mandi caranya yakni meletakkan wadah kecil diisi air yang cukup untuk menceburkan diri di dalam kandangnya.

Baca Juga: Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula

Hal-Hal Penting Agar Ternak Burung Pleci Sukses

• Rawat dan pelihara dengan baik, terutama dalam mengecek kebersihan kandang dan ketersediaan pakan.

• Jika terdapat tanda atau ciri yang menunjukkan bahwa burung pleci terserang penyakit maka segera obati dengan tepat.

• Selalu tingkatkan kualitas burung pleci terutama pada kicaunya atau gacor, lakukan beberapa kiat suksesnya.

• Untuk mengetahui berbagai info suksesnya, ikuti platform atau komunitas pecinta burung berkicau agar Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai informasi tertait pemeliharaan, harga, serta ciri dan kualitas burung pleci.

Pencegahan Dan Penanganan Penyakit pada Burung Pleci

Ada beberapa penyakit yang disebabkan berbagai faktor yang menyerang burung pleci. Segera tangani jika Anda menemukan gejalanya, seperti pada beberapa poin di bawah ini.

Bakteri ecolli penyebab gangguan pernapasan juga bisa menyerang burung ecolli, biasanya disebabkan suhu udara yang terlalu dingin dan lembab.

Atasi dengan cara membersihkan dan mengeringkan kandang secara rutin, kemudian berikan wadah mandi serta jemur pada saat matahari pagi.

Berak kapur, yakni salah satu penyakit yang disebabkan bakteri Salmonella, segera atasi saat burung Pleci mengeluarkan kotoran berwarna putih dan encer seperti kapur.

Caranya dengan memberi pakan yang tepat, seperti buah, sayur, serta beberapa jangkrik.

Kutu juga bisa menjadi penyebab buruk pleci mengalami gangguan kesehatan, jika tidak segera diobati maka bulu akan semakin rusak dan kulit menjadi kering. Atasi dengan membeli obat anti kutu, yang bisa diteteskan ke permukaan kulit yang mengalami gatal-gatal.

Teteskan secara rutin 2 hingga 3 tetes 3x sehari hingga gatal-gatal sudah tidak lagi Anda temukan pada burung pleci.

Snot, Burung pleci juga bisa terserang penyakit snot, oleh karena itu pastikan agar kandangnya bersih, jangan terlalu lama didekatkan dengan sinar, baik itu sinar matahari maupun sinar lampu.

Berikan obat anti snot secara rutin dalam waktu 5 hari saja, diberikan 3x dalam sehari setelah makan.

Hindari untuk menyentuhnya karena akan membuat virus semakin menjadi, dan mata burung akan semakin bengkak serta iritasi.

Baca Juga: Cara Agar Burung Lovebird Cepat Bertelur dan Menetas

Penanganan Masalah Yang Umum Terjadi pada Burung Pleci

Masalah umum yang sering terjadi pada burung berkicau dengan ukuran kecil, salah satunya burung pleci adalah suara kicaunya yang tiba-tiba hilang.

Cara mengatasinya cukup mudah, yakni dengan mengganti air minumnya yang biasa menggunakan larutan penyegar.

Atau menggunakan air yang dilengkapi dengan multivitamin.

Hal tersebut akan memperbaiki tenggorokannya sehingga burung pleci bisa berkicau lebih lama.

Baca Juga: Cara Menjodohkan Lovebird Yang Baik

Proses Panen dan Penjualan Burung Pleci

Untuk memanen pleci Anda bisa melakukannya kapan saja, karena ternak burung sifatnya fleksibel tergantung pada permintaan pelanggan.

Namun, biasanya yang lebih tinggi permintaannya yakni pada brurung pleci yang berusia remaja hingga dewasa yang memiliki kicau bagus atau gacor.

Jangan lupa untuk mengetahui daftar harga burung pleci yang disesuaikan dengan usia, kualitas serta suaranya.

Sediakan kepada para peminat atau calon pembeli burung pleci

Tips dan Kesimpulan

Cara ternak burung pleci sangat mudah dilakukan dan hasilnya pun menguntungkan.

Jadi gunakan tahapan langkah ternak burung pleci di atas agar Anda tidak ragu lagi untuk membuka peluang usahanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *