Cara Bersaing Usaha Warung Sembako

Cara Bersaing Usaha Warung Sembako

Sekarang ini usaha minimarket modern bukan saja hanya ada di kota-kota besar, namun ternyata sudah merambah sampai ke kota kecil.

Bahkan daerah yang bisa dibilang masuk wilayah pedesaanpun, hanya karena lokasi strategis dan dilewati jalan utama yang ramai, dan disitu mulai banyak dijumpai minimarket modern.

Awal kehadiran minimarket yang merambah daerah luar perkotaan awalnya tidak terlalu menjadi masalah bagi kelangsungan warung-warung sembako di sekitar area tersebut.

Namun seiring berjalanya waktu usaha minimarket ini terus berkembang dan pelanggan mulai banyak.

Kesuksesan minimarket ini sebenarnya tidak menjadi permasalahan bagi warung sembako yang letaknya jauh.

Namun bagi mereka yang memiliki usaha sembako di dekat minimarket modern ini, lambat laun akan terkena imbas.

Banyak pembeli yang lewat di jalan utama tersebut lebih memilih berbelanja di minimarket.

Akibatnya pemilik warung sembako tradisional mulai sepi.

Apapun alasanya dunia usaha memang selalu penuh dengan persaingan bahkan dengan pemain besar seperti kasus ini.

Jika kejadian seperti ini dialami oleh Anda sebagai pemilik usaha kelontong yang mulai merasa tergusur karena kehadiran minimarket, maka sudah saatnya melakukan tindakan untuk menghadapi persaingan.

Berikut tips cara bersaing warung sembako;

Produk Jualan yang Variatif

Produk yang makin variatif tentu akan mendongkrak minat orang mengunjungi usaha sembako Anda.

Kita tahu jika minimarket memiliki kelebihan pada item produk yang sangat lengkap, sehingga pembeli merasa lebih puas dalam memilih barang yang akan dibelinya.

Sebagai usaha warung sembako tentu memiliki keterbatasan dan tidak bisa melengkapi varian layaknya minimarket modern, namun bisa ditingkatkan pada produk paling vital seperti jualan beras, minyak goreng, gula, sabun, rokok, gas elpiji dan ragam kebutuhan harian yang dianggap paling penting.

Kelengkapan jualan lainya juga dapat dilengkapi seiring kemajuan usaha Anda.

Memaksimalkan varian jualan akan sangat membantu usaha sembako untuk bersaing dengan minimarket.

Memang warung sembako akan kesulitan untuk bisa sekengkap minimarket modern kecuali Anda memiliki modal besar untuk menyetok kelengkapan barang.

Namun begitu masih banyak kelebihan yang bisa di maksimalkan agar usaha Anda tetap laris.

Harga yang Bersaing

Masalah harga jual memang warung sembako masih juaranya, dan lebih murah dari harga jual dibanding minimarket modern.

Harga jual  produk minuman dan makanan pada item yang sama, warung sembako selalu lebih murah dibandingkan harga jual minimarket.

Namun begitu pada waktu tertentu minimarket mengadakan promosi dengan harga yang biasanya lebih murah seperti pada item minyak goreng kemasan, produk susu formula dan berbagai produk lain.

Sebenarnya harga promo yang ditawarkan hanya pada item tertentu dan saat tertentu saja namun ini adalah strategi marketing mereka.

Berbeda warung sembako yang  menerapkan harga jual sama setiap waktu namun secara umum harga jual tetap lebih murah.

Meski begitu Anda sebagai pelaku bisnis warung sembako harus aktif untuk memastikan harga jual pada item yang sama selalu bisa bersaing jika mungkin berikan harga dibawahnya.

Usaha warung sembako bisa memberikan harga lebih murah karena biaya pengelolaan usahanya lebih simpel dan lebh murah, dibanding minimarket.

Usaha minimarket harus membayar karyawan yang cukup banyak, dan pajak yang cukup tinggi serta membayar biaya operasional yang jauh lebih tinggi.

Meski begitu keunggulan harga jual lebih murah saja belum cukup untuk bersaing dengan minimarket, maka kita harus maksimalkan kelebihan lainya.

Tingkatkan Pelayanan

Pelayanan minimarket modern selalu diutamakan, inilah alasan kenapa mereka selalu menyambut ramah setiap orang yang berkunjug.

Karyawan minimarket sudah dilatih untuk memberikan layanan terbaik.

Nilai tambah pelayanan pada minimarket sudah semestinya ditiru oleh pemilik usaha warung sembako.

Para pemilik sembako bisa lebih fleksibel dalam memberikan pelayanan terhadap setiap pelanggan yang datang, karena tidak ada aturan baku seperti yang diterapakan usaha minimarket.

Pemilik warung sembako dapat menyapa calon pelanggan dengan bahasa daerah yang akan lebih mendekatkan rasa keakraban, ini berbeda dibandingkan minimarket modern yang diharuskan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam melayani pelanggan.

Jika pada usaha minimarket rata-rata menyambut hanya sebatas selamat datang, keramahan dan terimakasih karena telah berbelanja maka pemilik warung sembako jauh lebih fleksibel dan santai dengan menanyakan apa kabarnya, bagaimana keadaan keluarganya ( terutama ditujukan untuk pelanggan yang sudah dikenal dan pelanggan yang sudah loyal).

Cari keunggulan pelayanan lain yang bisa Anda tingkatkan dan lakukan secara konsisten sampai semua pelanggan yakin akan keunggulan tersebut dan nantinya usaha Anda pasti akan direkomendasikn kepada orang lain.

Tingkatkan Kenyaman

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki usaha minimarket adalah kenyamanan.

Ruangan ber AC, parkir yang luas dan penerangan yang sangat baik.

Tentu sebagai warung sembako akan merasa berat jika harus memberikan fasilitas yang menyerupai minimarket.

Namun sebagai usaha warung sembako yang ingin bersaing dengan usaha minimarket, Anda tetap bisa memberikan kenyaman pelanggan yang bisa Anda maksimalkan.

  • Coba mulai menata kembali ruangan warung sembako agar para pembeli dapat leluasa berbelanja.
  • Jaga kebersihan warung sembako secara menyeluruh, dari kebersihan produk jualan, lemari etalase hingga kebersihan ruangan dan lantai.
  • Berikan ruang parkir yang memadai.
  • Buat tempat duduk santai untuk menyediakan tempat bagi mereka yang ingin belanja minuman dan snack lalu duduk santai di depan warung Anda.

Perbaiki Tampilan

Bisa jadi selama ini Anda tidak memperhatikan kelemahan pada tampilan warung.

Coba perhatikan pada usaha minimarket, mereka mendesain tampilan sedemikian rupa agar mampu menarik minat pembeli.

Warna cat yang secara berkala di perbaharui, tampilan yang mencolok dan desain yang selalu sama di jenis minimarket yang sama.

Nah, Anda sebagai pemilik warungpun tidak boleh lengah agar bisa memberikan persaingan pada penampilan.

Jika selama ini warung sudah kusam dan dibiarkan begitu saja, maka coba untuk merubah tampilan semenarik mungkin dengan perpaduan cat yang mengesankan.

Anda boleh meniru gaya pengecatan minimarket modern, atau bisa juga membuat desain pengecatan model Anda sendiri.

Penataan warung yang rapi juga merupakan hal penting untuk memberi kesan bersih dan profesional.

Pasang papan nama toko yang baik jika perlu order tukang ahli pembuat papan untuk membuatka desain nama usaha di dinding atas  bagian luar warung sembako Anda.

Kesimpulan

Untuk menjadi warung sembako yang mampu bersaing dengan usaha minimarket maka Anda harus berusaha memberikan kelebihan pada banyak hal.

Meski tidak bisa sesempurna minimarket modern namun usaha warung sembako memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Harga jual yang lebih murah , melayani penjualan ketengan pada produk tertentu yang di minimarket tidak bisa, dan  juga ketersedian produk lokal daerah yang di minimarket tidak tersedia adalah kelebihan lain pada usaha warung sembako.

Sikap kekeluargaan antara pembeli dan pemililk usaha sembako juga merupakan nilai lebih.

Jadi jangan berkecil hati dengan maraknya kehadiran minmarket karena sejatinya toko kelontong atau toko sembako memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Semoga bermanfaat.