Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?Berikut Penjelasanya

by :

Bolehkah ibu hamil makan durian?

Bagi pecinta durian rasanya tidak sedikit yang merasa bahwa buah durian adalah buah paling nikmat di dunia.

Rasanya yang khas membuat para pencintanya sulit untuk melepaskan kesukaanya tersebut.

Namun bagaimana jika seorang wanita pencinta durian sedang dalam masa kehamilan?

Amankah mengkonsumsi durian saat hamil?

Karena banyaknya cerita tentang bahaya buah durian tidak ada salahnya jika kita menggali lebih jauh tentang buah durian dan pengaruhnya pada buah durian.

Kenapa perlu membahas masalah konsumsi durian pada masa kehamilan?

Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan rumah tangga apalagi jika mereka adalah pasangan baru berkeluarga.

Karenanya mereka kebanyakan sangat hati-hati dalam menjaga agar janin yang dikandungnya mesti tumbuh sehat hingga masa kelahiran.

Bukan cuma sehat saja mereka mengharap agar bayinya kelak terlahir sempurna tanpa ada halangan apapun.

Dari hal-hal sepele,nasehat orang tua bahkan hingga mitos yang belum tentu kebenarannya pun di hindari demi menjaga agar buah hatinya kelak terlahir sesuai harapan.

Kembali ke masalah konsumsi buah durian bagi kehamilan,durian merupakan buah yang memiliki rasa manis dan agak pahit khas serta memiliki tekstur lembut dan aroma yang menyengat.

Kandungan kadar gula dalam buah durian tergolong sangat tinggi.

Dan kandungan alkohol dalam durian ini alami dari buah dagingnya,inilah kandungan yang banyak orang menduga sebagai alasan kuat wanita hamil dilarang menkonsumsinya.

Karena kita tahu alkohol merupakan zat pantangan bagi janin yang dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan janin itu sendiri.

Janin pada wanita hamil yang suka mengkonsumsi alkohol akan mengalami gangguan pada perkembangan dan pertumbuhanya bahkan pada keadaan tertentu bisa mengalami keguguran.

Selain alkohol kandungan lain yang dianggap berbahaya dalam buah durian adalah zat asam arachidonat

Kandungan asam arachidonat disebut sebut sebagai pemicu terbentuknya prostaglandin dalam tubuh.

Prostaglandin merupakan senyawa yang mampu memberikan rangsangan pada kontraksi sehingga ada kemungkinan keguguran pada janin dan kelahiran premature pada kehamilan bayi.

Namun benarkah durian terlarang bagi ibu hamil?

Belum ada penelitian spesifik tentang fakta larangan mengkonsumsi buah durian.

Kandungan alkohol dan zat asam arachidonat memang dipercaya memiliki efek serius bagi janin namun pada beberapa artikel dari media kesehatan yang penulis coba pahami menyatakan jika konsumsi durian dalam batas wajar maka jumlah kandungan zat berbahaya tersebut belum dianggap sebagai ancaman bagi janin,atau dengan kata lain masih dalam batas ambang aman.

Sedangkan dalam sebuah artikel kesehatan mengutip ungkapan dr.Gordon Lim seorang ahli kandungan jika wanita hamil boleh mengkonsumsi durian namun jangan sampai berlebihan.

Namun demikian bagi janin dalam keadaan khusus bisa saja memiliki reaksi meski konsumsi masih dalam batas wajar.

Bagaimana cara teraman menghindari efek buruk kandungan durian yang disebut-sebut berbahaya bagi masa kehamilan?

Tentu cara paling aman adalah dengan menghindari dahulu mengkonsumsi durian pada masa-masa kehamilan apalagi jika janin masih dalam usia muda.

Namun begitu bagi penggila durian pantangan memakan durian bisa saja merupakan siksaan tersendiri apalagi jika kebetulan kehamilan datang saat musim durian tiba dimana aroma durian ditemui dimana-mana.

Meskipun banyak yang menyatakan mengkonsumsi durian dalam batas wajara masih diperbolehkan,alangkah baiknya konsultasikan diri anda ke dokter kandungan apakah janin anda sehat dan boleh mengkonsumsi durian pada masa tersebut?

Dan jika keadaanya baik-baik saja dan mengkonsumsi durian masih diperbolehkan jangan sungkan untuk menanyakan maksimal konsumsi buah durian yang diizinkan yang masih dalam toleransi terhadap kesehatan janin tersebut.

Langkah-langkah diatas sebagai antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya bukan alkohol dan zat asam arachidonat saja yang menjadi momok bagi wanita hamil.

Durian yang dikonsumsi secara berlebihan jika tidak baik karena juga mengandung gula serta kalori yang cukup tinggi.

Kandungan lemak dan gula yang berlebihan bisa berakibat pada obesitas atau kelebihan berat badan pada bayi saat kelahiran nanti.

Kandungan kalori yang tinggi hingga mencapai angka 54-60 kalori perbutir durian juga bisa berakibat meningkatnya gula darah.

Karenanya bagi wanita hamil yang memiliki riwayat diabetes dianjurkan agar menghindari konsumsi buah satu ini.

Intinya mengkonsumsi buah durian pada wanita hamil masih diperbolehkan selama dalam batasan wajar dan keadaan janin serta wanita yang mengandung tersebut tidak memiliki riwayat penyakit diabetes dan penyakit lain yang mengakibatkan di larang mengkonsumsi durian oleh dokter kandungan.

Bahkan pada kondisi kehamilan normal mengkonsumsi durian juga memiliki beberapa manfaat yang baik seperti kandungan kalium pada durian sangat baik sebagi penyeimbang tekanan darah juga akan membantu memberikan fungsi kebaikan pada cairan tubuh.

Selain itu kandungan durian yang mampu melawan infeksi dan jamur berupa organo-sulfur sangat baik bagi ibu hamil.

Durian memiliki efek buruk jika dikonsumsi berlebihan dan ini juga sebenarnya berlaku bagi makanan lain seperti konsumsi buah dengan keasam yang berlebihan dan makanan lemak yang mengandung kolesterol tinggi.

Sementara bagi sebagian orang selain ketakutan akan kandungan dari durian ada banyak mitos yang melarang wanita hamil mengkonsumsi durian seperti ungkapan jika mengkonsumsi durian maka bayi akan pening dan dan jika ibu hamil mengkonsumsi durian maka bayi akan lemas karena kepanasan dan sebagainya.

Mitos seperti ini ternyata tidak terbukti secara medis dan belum ditemukan kasus demikian seperti banyak di ceritakan dalam artikel-artikel yang khusus membahas masalah kesehatan kandungan.

Anda wanita hamil?ingin mengkonsumsi durian?

Boleh saja asal dalam batas wajar dan kesehatan bunda dan calon buah hati juga normal.

Jika ragu sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan saat anda memeriksakan kesehatan kandungan anda.

Dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Copyright© Hinyong 2018

Tentang Hinyong|   Hubungi HiNyong|  Privacy Policy|  Disclaimer|     Terms Of Services|  Sitemap