Aneka Bisnis Kuliner – Analisa Usaha Makanan dan Minuman Yang Paling Prospekif

by :
Bisnis Kuliner

Ingin memulai bisnis kuliner atau makanan dan minuman namun bingung tidak tahu bagaimana menentukan bisnis jenis kuliner apa dan bagaimana cara menjalankanya?

Banyak sekali bisnis kuliner yang bisa dipilih namun memilih jenis yang tepat akan lebih memudahkan dalam menjalankan usaha ini menjadi usaha yang sukses.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan usaha jenis usaha makanan satu ini?

Minat,Hobi,Keahlian serta Lokasi dan Permintaan Pasar

Minat dan hobi memasak merupakan salah satu nilai plus jika kita ingin membuka usaha bidang makanan.

Namun begitu minat dan hobi memasak juga masih terbagi menjadi banyak jenisnya.

Jika minat dan hobi serta keahlian kita membuat kue kering atau jajan anak maka usahanya tentu berbeda dengan mereka yang lebih berminat pada masakan siap saji seperti nasi goreng,ayam goreng dan lainya.

Namun begitu minat dan hobi serta bakat tidak selamanya potensial dijalankan di tempat kita berada.

Karena itu faktor pendukung lain yang menentukan kesuksesan sebuah usaha disamping minat adalah lokasi.

Jika kita berada di pedesaan namun kita memiliki minat dan hobi serta keahlian memasak makanan dengan harga jual yang mahal atau makanan yang terlalu asing bagi warga di pedesaan tentu usaha dari minat anda tidak prospektif dijalankan di daerah anda.

Sebagai contoh jika anda tinggal di desa namun memiliki ketrampilan memasak masakan dengan biaya dan harga jual tinggi misalnya ahli memasak masakan dari Eropa atau makanan lain maka usaha jenis usaha tersebut akan sulit mendapatkan pembeli.

Ada pilihan menyesuaikan antara keahlian atau hobi terhadap lokasi.

Jika kebetulan hobi dan keahlian memasak cocok dengan lokasi maka usaha kuliner atau makanan atau minuman tersebut bisa langsung dijalankan di tempat kita berada.

Sebagai contoh jika kita memiliki keahlian memasak masakan warung Padang sementara lokasi kita berada di jalan raya yang ramai,maka mendirikan usaha warung makan Padang merupakan hal yang bisa dijalankan.

Namun bagaimana jika kita tidak berada di jalan raya namun tinggal di daerah pelosok pedesaan.

Satu-satunya jalan untuk membuka usaha kuliner ini adalah dengan mencari lokasi yang tepat dan mendirikan usaha disana.

Selain itu faktor lain yang perlu diperhitungkan untuk berbisnis kuliner adalah besarnya permintaan pasar terhadap suatu jenis bisnis makanan tersebut.

Meskipun kita tidak memiliki hobi,minat atau keahlian bisnis ini tetap bisa dijalankan terutama pada suatu usaha yang banyak peminatnya.

Sebagai contoh kita bekerja di sebuah perusahaan atau pabrik dengan karyawan yang sangat banyak.

Sayangnya di tempat tersebut tidak menyediakan kantin bagi mereka,padahal banyak sekali karyawan yang rela pergi jauh keluar untuk membeli makanan ringan saat istirahat.

Dengan banyaknya peminat terhadap suatu jenis makanan kita bisa saja berbisnis jualan jajan kepada mereka meski sebenarnya kita tidak memiliki kepandaian ataupun minat dalam membuat berbagai aneka jajanan.

Bisa dengan membayar karyawan yang pengalaman untuk membuat jajan dan kita menjualnya di pabrik atau PT tersebut sebagai sampingan kita atau bisa juga berbelanja di grosir jajan dan kemudian menjualnya kembali.

Begitu banyaknya jenis usaha kuliner justru membuat kebanyakan orang bingung mana usaha yang akan berpotensi sukses.

Menentukan satu atau dua jenis usaha saja dan fokus pada bidang tersebut merupakan hal yang paling tepat.

Apakah usaha tersebut karena minat dan bakat atau karena lokasi kita berada atau juga karena banyaknya peminat dan akan lebih baik jika penentuan usaha berdasarkan gabungan dari ke tiga unsur diatas.

Yang jelas tentukan satu yang menurut analisa kita paling prospektif.

Disini tidak akan dibahas terlalu jauh bagaimana cara menentukan jenis apa yang cocok secara detail.

Namun begitu penulis akan berusaha mengumpulkan berbagai macam kemungkinan usaha kuliner atau makanan dan minuman yang bisa menjadi inspirasi bagi anda kemudian menganalisanya apakah usaha tersebut memenuhi kriteria seperti yang dijelaskan diatas untuk dijadikan usaha anda sendiri.

Usaha Membuka Rumah Makan

Usaha warung makan merupakan usaha yang sangat prospektif.

Usaha ini bisa dibangun dari yang sangat sederhana hingga yang super mewah.

Menyesuaikan dengan kemampuan daya beli dan trend masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha satu ini.

Jenis usaha ini pun bermacam-macam.

Jika anda memiliki keahlian memasak masakan tertentu pertimbangkan untuk memilih usaha ini sebagai peluang usaha anda.

Namun begitu jika anda berada di lokasi yang strategis meski tak memiliki kemampuan atau keahlian memasak andapun bisa membangun usaha seperti ini dengan memperkerjakan karyawan yang berpengalaman memasak untuk menjadi koki rumah makan nantinya.

Beberapa lokasi yang sesuai adalah di daerah wisata,di kota besar di desa dengan daya beli yang lumayan,di dekat terminal di dekat lokasi pabrik di area perkantoran dan daerah lainya yang memiliki potensi pembeli yang baik.

Kenali lingkungan anda apakah cocok untuk usaha ini?

Jika tidak carilah tempat yang strategis dan sewa atau bangun usaha disana.

Berikut beberapa rumah makan yang bisa anda pertimbangkan.

1.Rumah Makan Masakan Padang

Usaha rumah makan masakan Padang sangat cocok jika anda berada di lokasi strategis seperti berada di area perkotaan,tempat wisata,area perkantoran dan seterusnya.

Minimal lokasi yang bisa di jadikan tempat berjualan adalah di tepi jalan raya padat pengendara berlalu lalang.

Analisa kemungkinan bisnis ini untuk dikembangkan secara baik.

Perhatikan persaingan yang ada di area tersebut apakah masih memungkinkan untuk membuka usaha baru milik anda sendiri.

Jika kita yakin bisa memberikan nilai lebih dari persaingan yang ada jangan ragu untuk merencanakan membuka usaha warung makan padang ini.

Sangat baik jika kita memiliki pengalaman di bidang kuliner dan mempunyai keahlian memasak masakan Padang.

Salah satu masakan yang sangat terkenal dan legendaris adalah daging rendang yang terkenal lezat.

Namun jika anda tidak memiliki keahlian pikirkan untuk menggandeng atau memperkerjakan karyawan sebagai tukang masak,pastikan dia adalah yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

2.Warteg dan Rumah Makan Sederhana

Rumah makan sederhana dan warteg merupakan usaha yang sangat potensial dan sangat merakyat dengan masyarakat menengah ke bawah.

Salah satu ciri khas warteg ini adalah mereka membangun usaha rumah makan dengan sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah.

Walaupun sebenarnya para pengusaha warteg yang telah sukses bisa saja membuat warung makan mereka terlihat mewah namun mereka tidak melakukan hal tersebut.

Kesan sederhana masih sangat digemari kalangan masyarakat karena identik dengan harga murah meriah.

Ini merupakan salah satu kunci rahasia kesuksesan warteg untuk menjaring pembeli.

Jika berkeinginan untuk membangun dan membuka usaha warteg ini pikirkan untuk tetap membuatnya terkesan sederhana dan merakyat karena itulah salah satu nilai jual dari usaha satu ini.

Pelajari persaingan,banyak warung-warung sederhana yang ramai namun kurang dalam menjaga kebersihan warungnya.

Bagaimana kalau kita membuat warung sederhana tanpa kesan mewah namun tetap menjaga kebersihan total,palayanan super ramah dan harga yang bersaing serta menyajikan menu dengan rasa yang bisa diandalkan dan memiliki banyak kelebihan dari warung yang ada?

Saya yakin cepat atau lambat kesuksesan dapat diraih dan tidak ada orang yang bisa menghalangi anda untuk sukses.

3.Restoran Mewah

Jika anda memiliki dana yang besar usaha restoran mewah bisa menjadi ide bisnis terbaik.

Meskipun biaya yang diperlukan sangat tinggi karena butuh biaya tempat dan lokasi yang strategis dan umumnya di area perkotaan,namun nyatanya banyak pebisnis ini justru memiliki keuntungan yang bisa berkali lipat.

Secara kasar kita bisa menganalisa kenapa mereka memiliki keuntungan yang besar.

Di rumah makan sederhana saja mereka pengusaha kuliner bisa mengantongi keuntungan 50%-100% bahkan lebih belim lagi pada menu minuman tertentu keuntunganya bisa mencapai 200%.

Padahal harga jual restoran mewah bisa berkali lipat bahkan puluhan kali dari harga normal.

Kita ambil contoh harga nasi goreng kaki lima masih banyak yang menjual dengan harga Rp.10.000,- per porsi sementara harga jual nasi goreng di restoran mewah atau restoran-restoran di hotel bintang 5 bisa mencapai Rp.100.000,- per porsinya.

Apakah rasanya yang lebih enak?ternyata belum tentu,yang membuat harga mahal dari restoran mewah adalah tempat mereka berjualan beserta kenyaman,pelayanan,kebersihan serta berbagai fasilitas seperti ruang berAC free WiFi dan sebagainya.

Mereka pengusaha restoran sudah memperhitungkan dengan matang segala biaya pengeluaran demi kenyamanan konsumen akan sebanding dengan harga jual bahkan bisa melampaui dengan lebih banyak keuntungan dengan catatan target penjualan mereka tercapai.

Namun begitu kita tidak bisa menghitung angka-angka keuntunganya saja,karena kesalahan dalam perhitungan sehingga restoran sepi berlarut-larut maka akan terancam kerugian yang cukup besar dikarenakan biaya yang dikeluarkan jauh lebih tinggi.

Untuk memulai sebuah bisnis restoran mewah kita harus banyak belajar manajemen yang baik.

Menerima berbagai opsi pembayaran dari tunai hingga kartu kredit.

Promosi yang efektif dan jaringan bisnis yang luas agar mudah dikenal calon pembeli.

4.Rumah Makan Masakan Spesial

Akhir-akhir ini sedang booming bisnis rumah makan masakan khusus yang hanya menyediakan menu tertentu saja.

Rumah makan seperti ini biasanya hanya memiliki menu spesial seperti ‘Bebek Goreng Sambel Tumpah’ dan sebagainya.

Kekhasan dan harga yang sangat bersahabat menjadi salah satu ciri dari usaha jenis satu ini.

Entah karena banyaknya persaingan yang semakin lama semakin ketat sehingga mereka menjual harga jauh lebih murah atau memang strategi marketing mereka yang menjadikan konsumen dari kalangan atas sampai menengah kebawah yang menjadi sasaran mereka?

Sementara konsumen penikmat kuliner juga merasa dimanjakan dengan kehadiran mereka karena kelebihan berikut;

-Harga murah bahkan sekelas dengan kaki lima

-Pelayanan yang profesional

-Kebersihan dan kesan berkelas sehingga kalangan menengah ke atas pun betah disana.

Apapun strategi mereka cara mereka berjualan bisa menjadi inspirasi karena banyak sekali dari bisnis seperti ini namun pengunjungnya tetap ramai bahkan banyak yang harus rela mengantri panjang.

Mereka juga memiliki metode promosi yang baik,dari spanduk iklan di jalan-jalan hingga ke stasiun radio.

Jika kita ingin membuka bisnis kuliner serupa upayakan agar kita mampu memberi nilai tambah dari usaha yang ada.

Pemilihan lokasi yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha ini.

Perhatikan kemampuan dan gaya hidup warga sekitar,jika semuanya mendukung anda bisa memulai usaha anda sendiri atau bisa juga dengan menjadi mitra waralaba yang sudah terpercaya.

Karena banyak dari mereka yang sukses juga dari bisnis sistim waralaba.

Pelajari cara bergabung dan pilih yang menurut analisa kita adalah yang paling berpotensi dan sesuai di daerah kita.

Jualan Makanan dan Minuman Khas Daerah Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali makanan daerah yang beragam dan memiliki citarasa berbeda-beda.

Ini merupakan kesempatan emas bagi anda terutama yang memiliki keahlian khusus pada masakan tertentu.

Kenali pangsa pasar dan persaingan di daerah anda,jika kita yakin mampu memberikan kelebihan pada suatu jenis makanan yang ada di daerah kita maka pertimbangkan dengan matang untuk menggeluti bisnis ini.

Beberapa contoh makanan daerah yang sangat populer:

1.Bakso

Bakso bukan lagi sekedar makanan tradisional namun sudah bisa dibilang makanan nasional,karena menu satu ini sangat mudah dijumpai dimana-mana hampir di seluruh pelosok negeri.

Usaha bakso masih sangat potensial untuk dikembangkan karena meskipun persainganya sangat ketat namun para penggemar bakso selalu setia dan jumlahnya sangat banyak di tiap daerah.

Harga jual bakso inipun bervariasi,dari yang murah meriah yang dimulai dari para penjual bakso keliling hingga porsi yang cukup mahal yang disajikan di restoran-restoran besar.

Membuka usaha bakso inipun tidak melulu harus yang bermodal tebal anda yang memiliki modal pas-pasan bisa menggeluti bisnis satu ini.

Sesuaikan dengan keadaan dan daya beli daerah yang akan dijadikan target pasar.

Sesuaikan racikan dan porsi bakso dengan memperhitungkan harga jualnya.

Pelajari persaingan yang ada dan yakinkan sebelum membuka usaha kita mampu memberikan keunggulan dalam berbagai hal agar usaha kita cepat mendapat banyak pelanggan.

Beberapa keunggulan yang harus diperhatikan adalah:

1.Kualitas dan harga bakso

2.Pelayanan

3.Kebersihan

4.Promosi

Ingin membuka usaha bakso?gali dengan serius persaingan usaha ini di daerah anda dan menangkan persainganya.

2.Soto

Soto merupakan salah satu jenis makanan yang cukup unik,kenapa?

Soto meskipun memiliki satu nama namun terdapat perbedaan resep dan isi dari menu makanan ini di daerah yang berbeda.

Sebut saja soto Semarang,soto Betawi mereka memiliki perbedaan penyajian dan rasa.

Sementara di daerah Banyumas Jawa tengah saja ada perbedaan antar soto dari berbagai asal kabupaten.

Soto sokaraja berbeda dengan soto dari daerah purbalingga.

Penulis tidak memaparkan letak perbedaannya namun ingin memberikan sedikit gambaran jika soto bisa dijadikan peluang usaha yang masih menggiurkan.

Kita bisa mengambil satu jenis soto daerah tertentu dengan berbagai keunggulan untuk dijadikan menu utama rumah makan kita atau bisa juga menjual aneka macam soto dari berbagai daerah untuk dijadikan menu jualan.

Atau jika ingin menambahkan masakan lain selain soto maka pikirkan untuk menghadirkan bakso atau mie ayam sebagai usaha rumah makan nantinya.

3.Coto Makasar

Masakan khas dari Makasar ini memiliki rasa yang sangat istimewa terutama bagi kita lidah Indonesia.

Citarasanya yang lezat dan gurih akan mudah beradaptasi dengan pembeli baru sekalipun.

Meski begitu masih banyak kota-kota di Indonesia yang belum merambah bisnis satu ini.

Jika ingin menghadirkan menu Coto Makasar sebagai usaha anda,sebaiknya pelajari lebih detail resep dan cara membuat dengan hasil terbaik.

Masih banyak peluang untuk jenis masakan satu ini.

Jika masih ragu anda juga bisa menyandingkan Coto Makasar dengan bakso atau masukan sejenis sambil mengenalkan menu Coto ke konsumen.

4.Sate

Sate juga merupakan makanan khas Indonesia turun menurun yang tidak pernah tergerus jaman.

Setidaknya ada dua jenis bumbu yang paling umum dipakai setelah sate dibakar yaitu bumbu kecap dan kacang.

Mungkin kita bisa sedikit berinovasi dengan serangkaian uji coba dalam meracik bumbu sate yang akan menjadi keunggulan usaha sate nantinya.

Sedikit berinovasi dalam sajian menu jualan sate akan membuat usaha kita terasa spesial dan berbeda dari yang lain.

Usaha jualan sate bisa di jalankan kan dari modal pas-pasan dengan berdagang keliling atau dengan modal menengah dengan mendirikan kios atau jika punya anggaran besar bisa menyajikan hidangan berbagai macam sate pada restoran kelas atas.

Jenis sate pun kini bermacam-macam namun yang paling umum adalah sate kambing dan sate ayam,tentukan pilihan sate apa yang akan di bisniskan atau bisa juga menyajikan berbagai jenis sekaligus.

5.Es Dawet

Dawet merupakan minumnan tradisional yang masih digemari masyarakat.

Meski banyak aneka minuman masa kini dalam kemasan namun sejatinya kesegaran es dawet dan rasa masih tetap memiliki keunggulan dibanding minuman botol sekarang ini.

Sayangnya harga jual es dawet tergolong rendah terutama ketika dijual pada penjual kaki lima dan pedagang keliling,sehingga keuntungan minim.

Jika ingin membuka usaha minuman es dawet dengan modal yang lumayan sebenarnya kesegaran yang ditawarkan es dawet bisa disajikan ekslusif sebagai hidangan pada usaha yang lebih modern.

Tentu harga jual bisa didongkrak karena menyasar segmen kelas menengah ke atas.

Menu es dawet juga bisa di kombinasi dengan daging buah durian atau mungkin ide lain untuk memperkuat cita rasa yang dihasilkan.

Lakukan ujicoba resep agar menu es dawet menjadi spesial.

Bagi yang memiliki modal pas-pasan menjalankan jualan es dawet dengan cara keliling bisa dijadikan awal usaha.

Namun begitu suatu saat ketika usaha maju bisa membuat kios yang lebih baik.

Es dawet ayu Banjarnegara Jawa tengah sebagai bukti jika kekhasan Minuman tradisonal ini tetap eksis meski banyak gempuran dari usaha minuman kemasan yang kian banyak jumlah dan jenisnya.

6.Bajigur

Bajigur juga merupakan minuman tradisional yang bisa dijadikan pilihan jika berkeinginan membuka usaha minuman tradisional dengan modal relatif kecil.

Bisa dijajakan dengan cara keliling atau mangkal di tempat yang ramai.

7.Wedang Ronde

Ingin membuka usaha minuman di malam hari?Maka memilih usaha wedang ronde sebagai hidangan di malam hari bisa jadi pilihan.

Fungsi menghangatkan badan karena kandungan jahe dan gurihnya kacang pada wedang ronde terasa pas untuk mengurangi rasa kedinginan.

Dengan modal yang tidak terlalu besar kita bisa membuka usaha wedang ronde di kios ataupun berjualan ala kaki lima di tempat yang ramai seperti alun-alun atau perempatan jalan yang banyak dikunjungi masyarakat.

8.Mendoan

Bagi masyarakat diluar Jawa barangkali masih asing ketika mendengar sebutan makanan ‘mendoan’.

Mendoan merupakan satu lagi produk khas daerah yang aslinya berasal dari daerah Banyumas dan sekitarnya.

Mendoan merupakan sejenis gorengan yang terbuat dari tempe diiris tipis atau dengan menggunakan tempe khusus yang di kemas sangat tipis khusus untuk masakan mendoan.

Sebenarnya mendoan bisa dibilang keripik tempe yang di masak setengah matang.

Tepung yang membungkus mendoan masih berwarna putih,sementara jika keripik tepung sudah berwarna kecoklatan karena digoreng sampai kering.

Masyarakat Jawa tengah sudah banyak yang mengenal jenis kuliner satu ini.

Bahkan di daerah asalnya mendoan bukan saja dihidangkan di kelas kaki lima namun sudah merambah ke restoran-restoran.

Jika saat ini memiliki usaha warung kopi menambahkan menu mendoan adalah pilihan yang paling pas.

Perhatikan juga masyarakat didaerah sekitar kita.

Jika daerah tertentu banyak pekerja atau penduduk yang berasal dari Jawa atau khususnya Jawa tengah coba pikirkan untuk membuka warung mendoan.

Resepnya pun tidak susah dan mudah dipelajari.

Syarat utama sukses jualan mendoan adalah makanan ini harus disajikan dalam keadaaan panas tambahkan cabe rawit atau sambel kecap sebagai peneman hidangan mendoan.

9.Martabak Manis dan Telor

Martabak manis dan martabak telor atau asin,umumnya merupakan perpaduan 2 jenis menu suatu bisnis kuliner.

Penjual usaha ini pun kian lama kian bertambah.

Hampir di seluruh kota sudah umum di temui usaha jenis ini.

Namun karena penggemar martabak juga sangat besar maka mereka tetap memiliki pelangganya masing-masing.

Anda juga bisa berjualan di depan toko-toko minimarket atau bisa juga di depan atau di tempat parkir supermarket dan swalayan yang ramai pengunjung.

10.Nasi Uduk

Di kota besar seperti Jakarta bisnis nasi di uduk sebagai usaha di pagi hari sebagai menu sarapan sudah bukan hal asing.

Nasi bersantan dengan lauk sederhana dan memang sangat cocok dijadikan bisnis dengan modal ringan.

Cara berjualan bervariasi bisa dengan keliling atau dengan membuat kios sederhana di lokasi yang tepat.

11.Nasi Kucing

Nasi kucing merupakan makanan tradisional yang mulai merambah ke berbagai kota,termasuk kota-kota kecil.

Porsinya yang hanya 1/5 porsi makanan pada umumnya dan dibungkus dengan kertas minyak mungkin ini yang membuat makanan ini disebut sebagai nasi kucing.

Harganya sangat murah karena memang porsinya yang kecil.

Mereka menyediakan nasi kucing dengan beraneka pilihan lauk seperti menu hati ayam ,dan menu lainya.

Usaha yang menyasar segmen menengah ke bawah ini sangat cocok dijalankan kan pada malam hari.

Menentukan lokasi yang tepat dan pemilihan menu lauk yang beragam serta lezat merupakan kunci sukses bisnis makanan ini.

12.Es Durian

Durian merupakan buah beraroma khas yang menyengat dan memiliki rasa yang kuat yang banyak digemari semua kalangan.

Salah satu olahan yang sangat nikmat dari daging buah durian adalah es durian.

Di Indonesia penggemar es durian sangat banyak sehingga menggeluti usaha es durian masih sangat terbuka lebar.

Meski harga jual es durian termasuk tinggi namun karena keunikan dan kelezatan serta kesegaran es durian masih sulit tertandingi maka konsumen rela merogoh koceknya demi menikmati kuliner khas satu ini.

Waktu terbaik jualan es durian adalah saat siang hari di cuaca panas.

13.Aneka Jus dan Sop Buah

Berjualan aneka jus dan Sop buah merupakan usaha minuman yang masih sangat prospektif terutama dijalankan pada waktu siang hari.

Mengawali berjualan jus atau sup buah ini bisa dengan modal pas-pasan atau dengan modal besar.

Dari model keliling,membuat kios atau berjualan di depan pabrik atau PT yang padat karyawan dan juga bisa dengan menyewa lahan parkir pada minimarket yang ramai pengunjung.

Sementara bagi yang bermodal membuka usaha jualan jus sebagai menu tambahan di restoran mewah juga sangat baik.

Jus dan sup buah disamping sangat baik bagi kesehatan ternyata juga memiliki prospek bisnis yang menggiurkan

14.Aneka Gorengan

Usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil lainya adalah jualan aneka gorengan.

Pemilihan tempatnyapun beragam dari tempat yang ramai disekitar terminal,tempat wisata,perempatan jalan hingga tempat parkir pusat perbelanjaan ataupun di sekitar alun-alun kota.

Kita juga bisa menghadirkan jualan aneka gorengan pada usaha di kios atau kedai kopi.

Meskipun makanan ini terkesan jadul dan makanan tradisional namun kelezatan pisang goreng,singkong goreng,tempe goreng dan tahu goreng masih sulit digantikan bagi penggemarnya.

Keuntungan yang didapat juga sangat lumayan.

Jika anda memiliki modal kecil maka pertimbangkan menggeluti usaha satu ini apalagi jika di daerah sekitar masih jarang ditemui usaha serupa.

15.Bubur Ayam

Selain nasi uduk bubur ayam juga merupakan menu sarapan pagi yang pas untuk lidah Indonesia.

Menu nasi dengan taburan bawang dan daging ayam ini tergolong makanan bergizi murah meriah.

Pelajari dengan detil menu dan cara memasak yang terbaik agar memiliki rasa yang bisa diperhitungkan.

Banyak kota-kota kecil yang belum banyak menggarap peluang usaha kuliner satu ini.

Mungkin anda bisa jadi pelopor yang sukses di daerah yang belum banyak saingan.

Atau anda bisa menyajikan resep yang lebih baik agar bisa bersaing di daerah yang telah ramai dengan bisnis serupa?

Produksi Usaha Kue Kering dan Basah

Selain usaha-usaha yang langsung dijual ke konsumen secara instant kita juga bisa memulai usaha makanan yang sistimnya dipesan terlebih dahulu atau dijual ke warung-warung.

1.Kue Lebaran

Jika anda memiliki ketrampilan membuat kue kering khas perayaan lebaran,mungkin ide ini adalah yang paling cocok.

Mengemas dalam toples ukuran kecil dan sedang dan menjualnya pada momen lebaran di warung-warung atau pada karyawan PT atau pabrik bisa menjadi langkah awal.

Kue seperti ini sejatinya bisa dijalankan sepanjang waktu namun bagi pemula memulai usaha menjelang lebaran adalah momen terbaik.

Ketika kita sukses pada momen lebaran tersebut dan banyak orang yang telah mengenal kepiawaian kita,usaha bisa dilanjutkan pada hari-hari biasa terutama diisikan kepada warung-warung atau minimarket.

2.Kue Perayaan Ulang Tahun

Selain kue kering usaha yang membutuhkan ketrampilan khusus diantaranya adalah membuat usaha kue perayaan ulang tahun.

Pada awalnya mungkin kita akan kesulitan memasarkan kue ini ke toko roti yang mau menjadi partner bisnis.

Jangan menyerah ada cara lain selain menjualnya ke toko roti terkemuka,yaitu dengan menjual sendiri hasil kreasi kue ulang tahun kita.

Lakukan promosi hasil kreasi kue kita ke calon konsumen.

Buat sedikit presentasi dengan mengambil foto hasil karya sebagai contoh agar calon pembeli melihat karya kita tersebut,kenalkan kepada teman saudara ataupun lingkungan kerja di sebuah PT jika kita menerima pesanan kue ulang tahun sesuai pesanan.

Selain cara diatas kita juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook WA ataupun BBM.

Jika perlu buat video saat pembuatan tunjukan cara membuat yang terjaga kebersihannya dan bahan-bahan yang aman kemudian hasil video bisa di unggah di Facebook atau di grup-grup jual beli lokal sambil memberi keterangan menerima pesanan.

3.Seriping Pisang atau Singkong

Makanan tradisional berupa seriping pisang atau singkong sudah ada dari jaman dahulu.

Terutama di daerah pedesaan jenis makanan ini sering dijadikan sebagai buah tangan saat pergi ke kondangan atau ke tempat orang menikah dan sebagainya.

Kemasan yang sering digunakan yaitu 2,5kg-5 kg.

Jika berada di daerah pedesaan dengan stok bahan baku melimpah usaha memproduksi makanan ini kemudian di jual ke toko bisa dipertimbangkan dengan serius.

Selain itu kita juga bisa mengemas seriping ini dengan kemasan kecil dan ditambah berbagai bumbu perasa atau rasa pedas dan menjualnya ke warung-warung sebagai makanan ringan.

4.Aneka Kue Tridisional

Kue tradisional seperti kue lapis,kue klepon,onde-onde masuk dalam kategori ini.

Berjualan kue seperti ini masih sangat baik peluangnya.

Anda bisa membuat sendiri dan menjualnya kepasar tradisional di pagi hari atau bisa juga mengisi toko-toko kue di sekitar kita atau bisa juga dengan menjajakan sendiri sistim keliling.

Momen istimewa seperti saat bulan puasa bisa menjadi berkah tambahan karena permintaan kue seperti ini akan melonjak tajam sebagai menu tambahan berbuka puasa.

Jualan Jajanan Anak

Masih belum ketemu bisnis makanan yang cocok?barangkali modal tau dana anda sangat terbatas?jualan jajan anak bisa jadi pertimbangan karena bisa dijalankan dengan modal sangat minim.

Bisa dijual dengan gerobak atau sepeda dengan cara keliling atau bisa juga berjualan di depan sekolah-sekolah.

Beberapa contoh yang populer adalah;

1.Siaomay

Siaomay merupakan makanan yang sangat digemari anak-anak usia sekolah dasar hingga anak-anak sekolah menengah meski sebagian orang tua juga menyukai terutama ibu-ibu.

Modal terbatas tidak menjadi masalah awali dengan berjualan partai kecil disekolah atau keliling desa.

Namun jika anda memiliki modal lebih membuat usaha dengan memproduksi siomay dengan menyiapkan beberapa sepeda atau gerobak dan mengajak orang untuk menjualkan dagangan kita juga pilihan yang bijak.

Bisa dengan bagi hasil atau dengan sisir harga dan penjual akan mengecerkan untuk mendapat keuntungan.

2.Cilok

Sistim juslan dan usaha hampir sama dengan siaomay hanya saja harga jualnya lebih murah karena bahan bakunya lebih simpel dan sederhana

3.Sosis Bakar

Maraknya sosis yang dijual kemasan di warung-warung membuat para pebisnis kecil berkreasi dengan menjual sosis bakar sebagai usaha yang lumayan dengan modal sangat ringan.

Jika modal anda terbatas andapun bisa meniru usaha ini dengan menyasar segmen anak-anak.

4.Jagung Bakar atau Rebus

Jika ketiga contoh usaha makanan atau jajan diatas lebih condong untuk kalangan anak-anak,maka usaha jagung bakar ataupun rebus disamping sebagai jajan anak-anak juga digemari kalangan dewasa.

Cara berjualanyapun relatif sama dari ketiga contoh tersebut.

5.Es Krim Keliling

Berjualan es krim keliling juga merupakan usaha modal kecil yang digemari anak-anak.

Kita bisa membuat eskrim sendiri atau berbelanja di tempat penjualan es krim tradisional atau bisa juga berjualan es krim keliling dari merk tertentu yang sudah terkenal

Jualan Makanan Trend dan Makanan Asing

Selain berbagai menu kuliner daerah dan berbagai jajanan ternyata ada juga berbagai makanan asing yang sudah mulai trend di kalangan masyarakat kita.

Berikut contohnya;

1.Kebab

Kebab merupakan makan asli khas timur tengah.

Kini kebab mulai populer sebagai imbas kesuksesan bisnis waralaba kebab yang telah banyak membuat cabang di berbagai.

Jika kebetulan di daerah kita masih belum ada atau masih jarang jangan ragu untuk menganalisa usaha ini.

Bisa membuka sendiri atau dengan membuka sistim waralaba dari usaha yang sudah sukses.

2.Burger

Burger meskipun aslinya merupakan makanan asli Eropa dan Amerika namun kini mulai populer dimasyarkat kita.

Bukan hanya di rumah makan kelas atas,nyatanya burger kini telah sukses dijadikan bisnis kaki lima.

Harga jual yang masih terjangkau dan menu roti dan daging serta sayuran ini nyatanya masih mudah diterima lidah orang Indonesia,inilah kenapa burger sukses meraih simpati masyarakat.

Ingin berjualan burger modal terbatas ?jangan khawatir masyarakat kita sudah bisa menerima produk ini bahkan di kota kecil dan pedesaan.

Anda bisa jualan keliling atau di tempat ramai pengunjung seperti contoh-contoh yang disebut diatas.

3.Pizza

Meski belum sepopuler burger,pizza sudah masuk dan diterima dengan baik di pasar Indonesia.

Harga jual yang masih tinggi bisa jadi sebagai penyebab pizza kurang populer di kota kecil dan pedesaan.

Namun di kota besar prospek jualan restoran atau rumah makan pizza sudah diterima dengan baik.

Jika ingin membuka usaha jualan pizza perhatikan daya beli dan selera masyarakat sekitar.

Bagaimanapun lokasi di kota besar sangat potensial.

Jika kurang yakin dengan kemampuan diri sendiri cobalah dengan berjualan sistim waralaba merk lokal atau bisa juga dengan merk internasional yang sudah terkenal namun tentunya biaya awal akan sangat besar.

Pemilihan lokasi yang tepat akan berimbas cepatnya kesuksesan bisnis ini yang akan menghasilkan keuntungan yang juga sangat tinggi .

Sebenarnya masih sangat banyak ide usaha kuliner yang bisa dijadikan inspirasi.

Apa yang disebut diatas hanya sebagai contoh dan jika usaha tersebut masuk dalam kategori analisa terbaik untuk usaha anda maka mudah-mudahan bisa menjadi sedikit bahan kajian.

Namun jika daftar diatas belum dirasa cocok atau pas cobalah mencari ide lain yang sesuai dengan analisa anda sendiri.

Bisa juga anda anda tuliskan di kolom komentar sebagai bahan pembahasan dengan pembaca yang lain.

Semoga bermanfaat.

Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
Loading...

Tinggalkan Balasan

   
Copyright© Hinyong 2018
Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap