Cara Memulai Usaha Toko Baju atau Pakaian dengan Hasil Sukses

Usaha Toko Baju

Usaha Toko Baju

Bisnis yang paling populer di kalangan para pengusaha, serta permintaannya pun populer dan tidak pernah turun di pasaran adalah usaha toko pakaian, baju atau fashion.

Sejak dulu hingga kini fashion menjadi kebutuhan yang selalu dicari oleh seluruh masyarakat sehingga peluang bisnisnya selalu stabil, tidak akan pernah mengalami penurunan.

Meskipun begitu, menjalankan bisnis di bidang fashion, terutama baju atau pakaian tidaklah mudah sehingga Anda perlu tips yang tepat untuk menjalaninya.

Pahami 9 Tips Memulai Usaha Toko Baju atau Pakaian Berikut Ini Agar Sukses

Memang sudah banyak tokoh terkenal yang mengalami kesuksesan dalam membangun usaha toko pakaian, tetapi tidak sedikit juga yang sebenarnya mengalami kegagalan karena tidak bisa menjalankan tipsnya dengan baik.

Tetapi, peluangnya memang sangat besar, jadi Anda tidak perlu takut mencoba, yang terpenting jangan lupa untuk menerapkan tips berikut ini dengan baik.

Persiapkan Modal Awal Untuk Memulai Usaha Toko Pakaian

Semua orang yang hendak memulai usaha di bidang apapun tentu harus memiliki anggaran modal, termasuk Anda yang akan membuka usaha toko baju atau pakaian.

Anggaran dana atau biaya yang perlu dikeluarkan untuk modal awal usaha di bidang fashion cukup beragam, tergantung dari berbagai hal  serta cara yang hendak Anda kembangkan.

Jika Anda membuka toko baju dengan cara menjahit pakaian den mendesain pakaian secara pribadi tentu harganya lebih mahal, namun jelas kualitasnya bisa ditingkatkan secara pribadi, dan Anda pun bisa menjual produk dengan harga yang lebih mahal dari toko pakaian lain.

Biasanya toko tersebut disebut sebagai butik, yang hanya menampilkan pakaian hasil desain si pemilik secara pribadi. Sedangkan jika Anda membuka toko pakaian dengan mengambil stok lewat supplier maka harganya akan jauh lebih murah.

Hitunglah biaya modal awal mulai dari harga sewa atau membangun toko, atau Anda juga bisa memanfaatkan ruang kosong di rumah Anda sendiri.

Kemudian hitunglah biaya untuk membeli perabotan serta perlengkapan lain seperti etalase, hanger, stainless gawang, manekin, rak, dan sebagainya.

Serta yang paling penting hitunglah biaya untuk membeli stok pakaian, gaji, dan biaya operasional.

Perkiraan total biaya modal awal dari semua barang yang Anda butuhkan tersebut sekitar kurang lebih 100 hingga 200 juta rupiah.

Jika ingin lebih murah, Anda sebenarnya bisa mengeluarkan modal hanya sebesar 5 hingga 10 juta saja, tergantung pada mode toko pakaian yang sedang Anda jalankan.

Misalnya toko pakaian anak-anak atau bayi, yang nantinya juga memanfaatkan ruang kosong di rumah Anda sendiri.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Mainan Anak

Pilih Jenis atau Ragam Produk Toko Baju Anda

Ragam Produk Toko Baju dan Pakaian

Saat dana sebagai modal awal sudah siap, selanjutnya Anda harus menentukan jenis pakaian tertentu yang akan dijual.

Kini mode pakaian tentu sangat beragam, jadi jika Anda masih berada di tahap awal membuka usaha toko, maka sediakanlah dengan mode tertentu, misalnya toko pakaian muslim, toko pakaian bayi, dan sebagainya.

Bisnis untuk mendirikan toko pakaian anak saja sebenarnya cukup menguntungkan, apalagi yang paling sering ditemui di pasaran adalah toko pakaian dewasa daripada anak-anak sehingga peluangnya masih besar.

Atau Anda juga bisa memilih mode toko pakaian muslim dan muslimah yang saat ini juga menjadi mode berpakaian masyarakat Indonesia paling populer.

Segera tentukan hal tersebut agar toko nantinya bisa didesain secara khusus untuk produk tertentu.

Pilih Lokasi Strategis Untuk Toko Pakaian

Setiap usaha yang dijalani dengan mendirikan toko harus selalu disesuaikan dengan lokasi yang strategis.

Hal itu untuk membuat masyarakat yang ingin mencari baju dengan mode tertentu bisa menemukan toko Anda dengan mudah.

Pastikan bahwa lokasi tersebut mudah dijangkau dengan mendirikannya di pusat keramaian kota, seperti sekitar jalan raya, pusat pertokoan, pasar, pusat perbelanjaan modern, area wisata, dan sebagainya.

Anda juga bisa membuka toko di dalam pusat perbelanjaan populer yang banyak dikunjungi oleh masayrakat dari berbagai kalangan.

Tempat ini nantinya Anda gunakan dengan dikenakan tariff biaya sewa, dan termasuk lokasi sangat strategis karena pengunjung pusat perbelanjaan populer tidak akan pernah sepi.

Hanya saja Anda harus memaksimalkan strategi promosi, karena toko pakaian yang ada dibuka di sana jumlahnya sangat banyak, dan bukan hanya milik Anda saja.

Baca Juga: Cara Agar Usaha Toko Bunga Berhasil dan Sukses

Tentukan dan Buat Brand atau Nama Usaha Toko Baju atau Pakaian Anda

Merk atau Nama Usaha Toko Pakaian

Identitas usaha sangatlah penting untuk memberikan legalitas atau hak kepada Anda dalam menjalankan sebuah usaha.

Selain itu, identitas yang berupa nama atau merk usaha berguna agar bisnis yang Anda kembangkan dikenal secara luas oleh masyarakat.

Gunakan nama atau merk unik yang singkat, dan tidak ada duanya, Anda juga bisa menyertakan logo dengan gambar berwarna agar lebih menarik.

Sesuaikan nama dan logo tersebut dengan mode baju yang Anda pasarkan.

Misalnya Anda menjual produk fashion khusus untuk wanita maka bisa mencantumkan logo bunga-bunga, atau hal lain yang feminine.

Jika Anda menjual produk pakaian khusus pria maka bisa membuat logo yang desainnya lebih keren.

Dan jika Anda menjual produk pakaian yang diperuntukkan keduanya, maka gunakan logo dan nama toko yang lebih umum saja, warnanya pun harus menarik untuk dipandang semua orang.

Berikan Toko Pakaian Desain yang Unik dan Menarik

Persoalan desain toko pakaian juga sangat penting agar pengunjung bisa lebih nyaman menghabiskan waktu berlama-lama di toko Anda, baik untuk sekedar melihat koleksi atau pada akhirnya membelinya.

Anda bisa mendesain ruangan di dalam toko sesuai dengan tema atau mode pakaian yang sedang dipromosikan.

Sebaiknya gunakan desain ruangan yang lebih umum, cocok untuk semua kalangan, agar Anda nantinya bisa dengan mudah menambah stok baru untuk berbagai jenis mode pakaian, bukan salah satu saja.

Warna cat dinding yang cocok digunakan secara umum seperti putih, cokelat, kunik, dan warna netral lainnya.

Tetapi jangan menggunakan warna hitam terlalu berlebihan karena akan memberikan kesan suram pada toko Anda.

Baca Juga: Strategi Usaha Toko Buku Agar Sukses

Sediakan Perlengkapan Fashion dan Ikutilah Tema Tren

 

Anda harus menyediakan berbagai pernak-pernik fashion, bukan hanya pakaiannya saja. Hal itu untuk memudahkan para pelanggan memilih produk sekaligus secara lengkap.

Misalnya, jika Anda membuka usaha toko pakaian muslimah, maka Anda sebaiknya juga harus menyediakan perlengkapannya, seperti aneka jilbab dan kerudung, kaos kaki, dan sebagainya.

Anda juga harus menyediakan pakaian yang sesuai dengan tren, karena minat berpakaian masyarakat Indonesia saat ini cenderung mengikuti tren.

Jika Anda tidak bisa mengikutinya, maka toko bisa saja sepi pelanggan.

Atau jika Anda ingin menghasilkan pendapatan dan keuntungan yang stabil, ada beberapa jenis toko pakaian yang akan sangat menguntungkan bagi Anda, misalnya membuka toko seragam.

Toko tersebut tidak akan mengalami kerugian asal harga dan kualitas seragam yang dijual mampu bersaing, serta toko tersebut pun tidak akan dipengaruhi oleh musim yang sedang populer, karena setiap tahun ajaran baru selalu dibutuhkan.

Siapkan Para Calon Pegawai Toko Pakaian

Pekerja Toko Baju dan Pakaian

Mengelola toko pakaian sendiri tentu lebih sulit, apalagi jika stok barang yang disediakan cukup banyak, serta ramai pelanggan.

Anda perlu merekrut calon pegawai baru untuk bekerja di toko. Pastikan para pekerja tersebut bisa bekerjasama dengan pemilik toko serta melakukan segala sesuatu dengan cermat dan teliti.

Membuka toko pakaian tidak perlu mementingkan sales, karena pilihan pelanggan sudah jelas akan jatuh pada desain yang bagus dan unik.

Rekrutlah beberapa karyawan yang akan menangani bagian kasir, serta penjaga toko yang akan melayani berbagai pilihan pakaian para pelanggan.

Tetapi perlu diingat, sebaiknya berikan informasi kepada penjaga toko untuk tidak terlalu mengawasi pelanggan dengan ketat, karena hal tersebut membuat pelanggan menjadi risih dan minatnya akan berkurang untuk mengunjungi toko Anda.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Sepeda

Berikan Potongan Harga, Diskon, Bonus, atau Hadiah untuk Pembelian Pertama

Berikan Diskon Promo Toko pakaian

Saat membuka toko pakaian untuk pertama kali, ada baiknya jika Anda memberikan promo menarik agar para pengunjung merasa penasaran untuk mengunjungi toko Anda.

Bisa berupa pemberian diskon atau bonus di setiap pembelian produk tertentu. Pasti toko akan diserbu oleh banyak pengunjung.

Namun, jika Anda memberikan produk diskon, pastikan bahwa kualitas produk masih layak untuk diperjualbelikan agar Anda tidak kehilangan pelanggan.

Sebaiknya sebelum membuka promo besar-besaran di hari pertama, lakukan pengecekan kondisi barang terlebih dahuli, dan pasanglah harga beserta diskon yang sesuai, bisa menarik minat pelanggan, serta tidak memberikan kerugian terlalu besar untuk Anda.

Baca Juga: Cara Buka Usaha Toko Sembako Modal Kecil

Melihat Berbagai Hambatan dan Resiko Usaha Toko Pakaian

 

Menjalankan bisnis dan usaha di bidang fashion atau dengan membuka toko pakaian memang hasilnya akan sangat menguntungkan, bahkan bisa didapatkan dalam waktu yang cukup singkat mengingat kebutuhan untuk memenuhi tidak pernah menurun.

Namun, Anda juga harus paham bahwa popularitas bisnis di bidang pakaian bisa membawa banyak resiko yang sering kurang diperhitungkan oleh para pengusaha.

Jika para pengusaha belum memiliki cukup persiapan untuk menghadapi resiko tersebut, maka bisa dipastikan mengalami kerugian atau bahkan kebangkrutan.

Berikut beberapa resiko dan masalah yang nantinya harus Anda alami di lapangan sebagai seorang pengusaha toko pakaian:

1. Persaingan sangat ketat karena banyak sekali peminat yang membuka usaha di bidang pakaian.

2. Beberapa toko akan mengalami sepi pelanggan karena produk sudah tidak lagi tren.

Masalah seperti ini sangat sering ditemui oleh pengusaha toko pakaian.

Para pengusaha tersebut harus menyiapkan strategi tertentu jika produk suatu saat sudah tidak lagi populer di masanya.

Mengingat mode populer pakaian terus berubah tiap periode, dan sangat cepat.

Jika stok dalam satu periode, pemilik usaha terlalu banyak menyediakan baju yang populer pada saat itu dan tidak bisa habis dalam target waktu yang ditentukan, maka stok di periode berikutnya akan menumpuk dan sulit laku.

3. Tren pakaian berubah sangat cepat sehingga mengharuskan pemilik usaha menyediakan stok yang baru dan sedang populer di setiap periode, seperti yang disinggung di atas.

 

Tips dan Kesimpulan

Setiap usaha tentu memiliki berbagai resiko seperti saat menjalani bisnis toko pakaian.

Namun, jika Anda menjalaninya sesuai tips dengan tepat, serta memprediksi masalah dan menghadapinya menggunakan strategi bisnis cerdik, tentunya kesuksesan yang memuaskan bisa Anda dapatkan. Maka, cobalah untuk memulai usahanya!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *