Belajar Cara Jualan Online di AliExpress

Tips Cara Jualan di AliExpress

 

Bagi yang ingin berjualan di situs e-Commerce AliExpress, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

Peluang usaha menjual produk di luar negeri menjanjikan keuntungan yang besar. Meskipun demikian, masih sedikit penjual yang berminat menekuninya.

Bagi Anda yang ingin mengambil peluang ini, saatnya memanfaatkan situs e-commerce AliExpress sebagai medianya. Selain banyak dikunjungi pembeli, situs asal China ini juga mendapat ulasan positif dari para penjual.  

Berikut, cara jualan di AliExpress yang harus Anda ketahui.

 

Mendirikan Toko Online

Bagi orang Indonesia yang ingin memiliki toko online di AliExpress, berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses laman utama AliExpress di https://www.aliexpress.com.

2. Selanjutnya pilih opsi ‘Seller Center’ dan klik ‘Non-Chinese Seller Login’.

3. Akan muncul beberapa kolom yang meminta Anda mengisi beberapa informasi yakni email dan password.

4. Sebelum menekan tombol ‘Continue’ untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, alangkah baiknya Anda membaca ‘Membership Agreement’. Hal ini sangat penting agar Anda mengetahui konsekuensi serta keuntungan yang didapatkan bila berjualan di AliExpress.

5. Bila setuju, centang kolom di ‘Agree Membership Agreement’ kemudian tekan ‘Continue’.

6. Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengecek email dan menemukan kode verifikasi yang dikirim oleh AliExpress.

7. Cantumkan kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia kemudian tekan ‘OK’.

8. Pada tahapan selanjutnya, Anda harus mengisi kelengkapan data mengenai bisnis Anda. Disini juga akan diminta informasi mengenai NPWP serta detail rekening yang akan Anda gunakan.

9. Tekan ‘Next’ dan proses pendaftaran akun Anda telah selesai. Namun, Anda belum bisa langsung menggunakannya karena harus diaudit dulu oleh tim AliExpress.

10. Bila berhasil, Anda akan dikirimi email pemberitahuan. Anda pun bisa langsung menjalankan cara jualan di AliExpress.

Baca Juga:

Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Bukalapak

Cara Jualan di eBay

 

Persiapan Menjual Produk

• Setelah sukses login ke aplikasi, saatnya untuk memajang produk yang akan Anda jual. Untuk menambah barang, pilih opsi ‘Product Center’ kemudian klik ‘Add New Product.’

• Langkah selanjutnya adalah memilih opsi bahasa yang akan Anda gunakan pada akun Anda serta bahasa yang akan digunakan pada tampilan produk. Terdapat 17 macam bahasa berbeda yang bisa Anda pilih.

• Untuk memudahkan pelanggan, Anda bisa menggunakan opsi multi bahasa. Sistem ini secara otomatis menerjemahkan bahasa sesuai dengan lokasi dimana calon konsumen Anda berada.

• Selanjutnya lengkapi informasi mengenai produk baru yang akan Anda jual. Mulai dari deskripsi hingga foto produk.

• Pilih warna dan ukuran produk kemudian juga atur jumlah stok yang tersedia serta harga pada masing-masing item.

• Setelah itu, tulis informasi mengenai pengemasan dan proses pengiriman.

• Klik ‘Submit’ dan tunggu proses verifikasi dari pihak AliExpress. Biasanya proses tersebut akan berlangsung dari 1 hingga 3 hari waktu kerja.

Bila produk disetujui, maka pelanggan bisa langsung melihat display produk di toko Anda.

 

Mendekorasi Toko di AliExpress

Salah satu keuntungan menggunakan AliExpress yakni Anda bisa membuat tampilan toko online menjadi sangat menarik, layaknya website jual beli brand profesional.

Untuk mewujudkannya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

• Para penggemar belanja online sangat tertarik dengan gambar. Karena itu, unggah gambar yang bagus dan berkualitas tinggi. Bila perlu Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional, untuk mendapatkan foto yang menarik perhatian.

• Setelah login ke akun pribadi penjual, pilihlah opsi ‘My Store’ dan pilih ‘Design and Manage Store.’ Anda bisa memilih gambar utama yang ingin ditampilkan serta beberapa produk pilihan. Atur juga ukuran huruf dan tata letak gambar yang menarik.  

• Bila semua telah selesai, tekan tombol ‘Save’. Anda akan melihat tampilan toko yang lebih segar dan semakin mendapatkan banyak pelanggan.

 

Tips Sukses Berjualan di AliExpress

Setelah mengetahui cara berjualan di AliExpress, beberapa tips berikut bisa Anda lakukan untuk sukses meraup untung besar.

1. Kualitas Produk

Kualitas adalah prioritas utama dari setiap pembeli. Karena itu, pastikan hal ini menjadi perhatian Anda sebelum menjual produk di toko online. Bila kualitas Anda buruk, maka pelanggan tak akan lagi kembali membeli.

2. Keunikan Produk

Berjualan di AliExpress berarti saingan Anda pun akan semakin banyak. Karena itu, sebisa mungkin hindari menjual produk yang sudah banyak di pasarkan.

Banyak opsi yang bisa membuat toko Anda unik dari pada yang lain. Salah satunya adalah menjual barang-barang khas Indonesia. Misalnya, Anda bisa menjual produk furnitur asal Jepara atau batik dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Menyediakan Pengiriman Gratis

Biaya pengiriman yang mahal merupakan salah satu penyebab yang membuat konsumen enggan melakukan belanja online antar Negara.

Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyediakan jasa pengiriman gratis.

Untuk menyiasati kerugian, Anda bisa mengakalinya dengan menetapkan minimal pembelian barang.

Misalnya minimal 5 buah atau minimal belanja dalam harga tertentu. Cara lainnya, Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan jasa pengiriman yang ada di Indonesia.

4. Bangun Kepercayaan Pelanggan

Keamanan merupakan faktor selanjutnya yang menjadi perhatian dari aktivitas belanja online lintas Negara. Beberapa pelanggan takut menjadi korban penipuan serta identitas mereka disalahgunakan.

Karena itu, bersikaplah profesional dan jujur agar pelangan selalu kembali dan mencari produk dari toko Anda.

5. Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Resmi memiliki toko online bukan berarti kita hanya berdiam diri dan menanti kedatangan konsumen.

Manfaatkanlah media sosial yang Anda miliki untuk menarik banyak pelanggan. Bila perlu alokasikan dana lebih untuk menggunakan fitur iklan seperti Facebook Ads.

 

Demikianlah informasi mengenai cara jualan di AliExpress yang perlu Anda ketahui. Untuk meraup keuntungan besar, Anda harus tetap konsisten dan tekun dalam menjalankan bisnis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *