Belajar Cara Jualan Online di AkuLaku

Cara Jualan di AkuLaku

Saat ini, mungkin ada barang-barang di rumah yang tidak dibutuhkan lagi. Anda Banyak cara untuk menjualnya, termasuk cara jualan di akulaku

 

Saat ini, mungkin ada barang-barang di rumah yang tidak dibutuhkan lagi. Mau dibuang sayang, lalu apa yang harus dilakukan? Anda bisa menjualnya kembali dan mendapatkan keuntungan.

Banyak cara untuk melakukannya, termasuk dengan cara jualan di akulaku.

Apa itu AkuLaku?

AkuLaku (https://www.akulaku.com/) terkenal dengan tagline “Kredit Online Jaman Now”. Aplikasi kredit virtual finansial online ini terbesar di pasar Asia Tenggara.

Beberapa negara yang menggunakan AkuLaku termasuk Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

AkuLaku hadir untuk mempermudah konsumen berbelanja secara kredit. Jadi, user tidak perlu terlalu khawatir dengan masalah cash flow.

Justru, dengan menggunakan aplikasi seperti AkuLaku untuk berbelanja, Anda bisa menerapkan pembelian secara cashless.

Cara Registrasi di AkuLaku:

Sebelum menjual barang lewat AkuLaku, tentu saja kita harus mendaftar dulu. Cara registrasi untuk mendapatkan akun di AkuLaku seperti ini:

1. Install aplikasi AkuLaku ke dalam ponsel Anda.

2. Masuklah ke https://merchant.akulaku.com . Klik tombol “Register Now” yang berarti “Daftar Sekarang”.

3. Isilah data informasi toko online Anda dengan benar. Yang harus diisi adalah: nama akun dan password, informasi merchant (toko, alamat, jenis barang yang mau dijual, dan area penjualan), serta informasi pembayaran. Pokoknya, isi semuanya dengan lengkap.

4. Setelah mengisi dan mengirim (submit) semua data yang diminta, tunggulah. Pihak AkuLaku akan menelepon untuk verifikasi pengajuan merchant/toko yang baru saja Anda lakukan.

5. Setelah proses verifikasi selesai, masuklah ke akun merchant/toko AkuLaku milik Anda. Dari situ, mulailah upload barang-barang yang ingin dijual.

Ketentuan Menjual Barang Lewat AkuLaku:

Sebelum mulai upload gambar atau foto barang yang ingin dijual, cek dulu ketentuan yang berlaku. Ketentuan ini dapat memperjelas cara jualan di akulaku:

– Dilarang memanipulasi harga produk dengan tujuan dan alasan apa pun.

– Dilarang memanipulasi data transaksi produk.

Merchant (penjual) wajib memberikan informasi, data, dan deskripsi produk yang mau dijual. Informasinya harus lengkap dan jelas sesuai kondisi dan kualitas produk. Bila tidak, pihak AkuLaku berhak melakukan pembatalan maupun penahanan transaksi dan pembayaran produk.

– Setiap ada notifikasi berupa pemesanan produk dari calon pembeli lewat aplikasi AkuLaku, merchant wajib merespons dalam batas waktu maksimal 24 jam. Jika tidak, pesanan produk secara otomatis akan langsung dibatalkan.

 

Untuk dua ketentuan terakhir, jangan sampai Anda lakukan. Di dunia digital, sekalinya reputasi Anda rusak, pembeli belum tentu mau memberi kesempatan kedua. Pembeli juga bebas membatalkan pesanan bila tidak ditanggapi secepatnya.

Syarat-syarat Menjadi Merchant di AkuLaku:

Inilah syarat-syarat lengkap untuk menjadi merchant di AkuLaku:

1. Isi nama toko dan pemiliknya.

2. Isi nomor KTP dan upload foto KTP (atau KTP yang di-scan.)

3. Isi alamat email dan nomor ponsel toko.

4. Ini nomor rekening bank pemilik toko dan alamat url toko di e-commerce lain (bila ada). Sebaiknya gunakan rekening bank terpisah dengan milik pribadi.

5. Jangan lupa, sebutkan juga secara detail produk yang mau dijual.

Cara Upload Gambar atau Foto Produk yang Ingin Dijual di AkuLaku

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum upload gambar atau foto produk yang ingin dijual di merchant Anda:

– Pilihlah foto produk yang jelas dan lengkap. Pastikan calon pembeli dapat melihat keseluruhan barang, dari atas ke bawah. Bahkan, lebih baik lagi bila ada foto tampak samping dan belakang produk tersebut.

– Berikan deskripsi lengkap mengenai produk yang sedang dijual. Contoh: bila ingin menjual ponsel, berikan deskripsi lengkap berupa tipe, fitur, warna barang yang masih tersedia, kapasitas, RAM, hingga pilihan garansi.

– Sebelum upload, pastikan harga yang Anda tentukan masuk akal. Lebih baik ikuti harga pasar. Jika terlalu murah, orang akan ragu dengan kualitas barang tersebut. Jika terlalu mahal, orang akan segan untuk membeli.

Fitur-fitur yang Ada Di AkuLaku:

Sekadar info, inilah fitur-fitur yang ada di AkuLaku:

1. Pulsa

2. Voucher game

3. KTA Kilat

4. Paker data

5. Voucher film

6. Tiket pesawat

Baca Juga:

 

Ketentuan yang Berlaku di AkuLaku:

Agar mengetahui cara jualan di akulaku, merchant harus mengetahui ketentuan yang berlaku di AkuLaku, seperti:

– Pembeli wajib mengikuti prosedur transaksi yang berlaku di AkuLaku. Mereka melakukan pembayaran dengan metode yang sebelumnya sudah mereka pilih. AkuLaku akan meneruskan pada pihak merchant bila tahapan transaksi lewat aplikasi mereka selesai.

– Pembeli adalah pihak ketiga dalam transaksi jual-beli ini. Mereka harus memahami bahwa ketersediaan stok produk merupakan tanggung jawab pihak merchant. Pihak merchant menawarkan produk tersebut melalui aplikasi cicilan AkuLaku.

– Untuk menghindari masalah, seperti kecurangan atau sejenisnya, pihak merchant dapat menolak pesanan dari pembeli bila stok yang diminta sudah habis.

– Dalam transaksi jual beli, AkuLaku hanya menyediakan rekening virtual bagi penjual (merchant) dan pembeli. Semua transaksi yang terjadi adalah tanggung jawab pihak pembeli.

– Pihak AkuLaku berhak menolak pembayaran bila tanpa pemberitahuan terlebih dulu kepada user.

Meskipun pengetahuan ini lebih diperuntukkan bagi pembeli, merchant juga harus tahu agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Daftar Merchant yang Bekerja Sama dengan AkuLaku:

Saat ini, jumlah merchant yang bekerja sama dengan AkuLaku ada 15 merchant. Anda bisa menjadi salah satunya, selama mengikuti tata cara yang berlaku saat menggunakan aplikasi ini.

Itulah cara jualan di akulaku. Bila tertarik untuk menjadikannya sebagai bisnis sampingan, Anda bisa mulai dengan membuka akun merchant di sini. Barang-barang yang ingin dijual menemukan pemilik baru dan Anda mendapatkan keuntungan.

Sumber:

https://www.akulaku.com/

https://ohayo.co.id/ketentuan-menjadi-penjual-di-akulaku/

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1129744-ingin-sosialisasikan-fintech-akulaku-gelar-festival-akhir-pekan-ini

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *