Bagaimana Cara Mengembangkan Bakat Bisnis?

Bagaimana Cara Mengembangkan Bakat Bisnis.

Tahukah bahwa tidak ada bakat dalam ilmu bisnis atau dagang yang dibawa sejak lahir?

Orang dikatakan berbakat jika mereka memang sudah terlatih dan terjun serta menjalani bisnisnya.

Kenapa orang yang terlahir dan berada di lingkungan pebisnis atau keluarga pebisnis rata-rata memiliki kemampuan berbisnis lebih baik.

Menurut saya itu bukan bakat namun lebih kepada pengaruh lingkungan terhadap pola pikir dan tindakanya.

Dan inilah kabar baiknya jika anda terlahir dari lingkungan yang jauh dari para pebisnis.

Selama anda mau membiasakan diri untuk dekat dengan dunia bisnis maka keinginan untuk berbisnis bukan suatu hal yang mustahil.

Jika sekarang ini anda sedang bingung bagaimana cara memulai usaha atau bisnis saya pikir artikel ini bisa menjadi ide buat anda agar anda tidak lagi merasa tidak berbakat karena kita jadi tahu bagaimana mengawali bisnis lebih simpel dan mudah.

Menjadikan diri menjadi orang yang bermental pebisnis adalah tujuan dari pembahasan ini.

Belajar Bisnis Dari Yang Kecil

Daripada menghukum diri dengan hanya berangan-angan memiliki bisnis besar tanpa tindakan kongkrit,melakukan tindakan dengan belajar bisnis dari hal-hal sepele saya pikir jauh lebih baik.

Salah satu tujuan berbisnis dari hal sepele adalah untuk membiasakan diri mempunyai insting bisnis.

Kita ambil beberapa contoh dari tindakan pada poin ini.

Jika kebetulan anda bekerja di sebuah pabrik atau perkantoran,menjual pulsa seharg Rp.5000,- dengan keuntungan Rp.500,- bisa menjadi sebuah awal yang bisa anda kumpulkan untuk sebuah pendapatan dan pencapain ilmu berbisnis kedepanya.

Bukan nilai jumlah uangnya namun lebih kepada melatih diri memperkenalkan bisnis dilingkungan kita.

Mungkin kedengaran terlalu melebihkan,namun yakinlah manfaat dari ini adalah membiasakan diri memiliki jiwa bisnis.

Orang yang memiliki jiwa bisnis yang baik akan aktif mencari peluang yang prospektif yang ada di sekitarnya.

Terus mencari peluang prospek bisa jadi kemudian meningkatkan dengan membeli handphone bekas teman kerja dan menjualnya kembali.

Dan peluang bisnis kecil seperti ini ada dan bertebaran di sekitar kita.

Contoh lain yang bisa anda praktikan adalah menjual jasa.

Jika kebetulan anda tinggal dan bekerja diperantaun dan disana anda sering dipercaya untuk memotong rambut teman kerja anda,sehingga anda makin lihai dalam ilmu menggunting rambut.

Kenapa tidak mulai belajar berbisnis potong rambut kecil-kecilan saat anda pulang di rumah?

Tidak perlu menyewa tempat dan juga tidak perlu membeli alat yang ribet.

Cukup bisnis kecil yang paling mudah dengan jasa potong rambut sederhana di depan halaman rumah atau jika perlu memotong rambut panggilan dari rumah ke rumah.

Sebagai awal anda bisa menawarkan tarif rendah atau cukup mengharap bayaran seikhlasnya.

Semakin baik anda mengelola bisnis kecil seperti ini maka semakin dalam jiwa bisnis anda.

Jangan lupa terus kembangkan minat bisnis anda kedepanya sambil terus mencari potensi terbaik yang bisa anda kembangkan.

Jika anda sudah yakin akan kemampuan anda mulailah melirik bisnis yang lebih profesional dan menguntungkan yang akan kita bahas setahap demi setahap.

Saya sangat yakin masih banyak peluang seperti ini di sekitar kita yang bisa anda praktikan.

Buang gengsi dan teruslah melatih diri.

Bergaul Dengan Pebisnis Yang Lebih Besar

Berteman dengan orang-orang yang suka berbisnis atau pekerjaanya adalah seorang pebisnis secara tidak disadari akan menularkan kesukaanya terhadap bisnis itu sendiri.

Untuk mencari teman dan bergaul dengan pebisnis bukan berarti mencari orang yang sangat sukses atau seorang pegusaha besar.

Namun begitu usahakan mencari teman bergaul dengan lingkup yang lebih besar atau mereka mempunyai bisnis lebih besar dari yag telah kita jalankan.

Seumpama anda sekarang ini sudah berbisnis handphone bekas cobalah berteman dengan orang yang berbisnis diatas anda,mungkin anda bisa mencari teman yang memiliki usaha konter hape,atau mereka yang membuka jasa servis hape.

Ketika bidang bisnis yang digeluti sama maka kemungkinan mendapatkan teman lebih mudah.

Beli hape teman dan menjual kembali di konter tertentu untuk bisa dijadikan teman sekaligus partner merupakan awal perkenalan yang bagus.

Mungkin anda kesulitan mencari keuntungan namun manfaat yang didapatkan dengan berteman dengan mereka yang lebih besar akan menularkan keingintahuan kita bagaimana cara mereka berbisnis.

Setelah mereka percaya dengan kita dan cukup akrab,cobalah ajak kerja sama dengan sisitim keuntungan di bagi dua.

Seumpama anda baru membeli hape seharga Rp.1000.000,- anda bisa tawarkan ke konter dengan mendapatkan keuntungan namun jika konter tersebut hanya mampu menawar sesuai dengan harga beli anda,cobalah ajak kerja sama dengan meminta bantuanya menjualkan hape anda di konter tersebut.

Bagi keuntungan 50:50 bisa dijadikan alternative,dan anda bisa meminta uang modal juga di bagi dua dengan mendapat Rp.500.000,-di awal sebelum barang tersebut laku.

Jika anda sering melakukan transaksi dan semakin banyak jaringan,saya yakin keinginan anda berbisnis semakin tinggi.

Ilmu yng didapatpun akan semakin baik.

Dari contoh diatas bisa saja dalam waktu singkat anda memiliki kemampuan bagaimana menjalankan bisnis konter atau reparasi handphone dan memiliki banyak jaringan sehingga anda punya keberanian untuk kemudian membangun konter sendiri.

Dalam bidang lainpun sama mulalah dari hal yang kecil yang mampu anda jangkau kemudian perkuat jaringan dengan berteman dengan lingkungan bisnis yang lebih besar.

Amati dan curi ilmu mereka yang telah lebih dulu sukses.

Maka suatau saat anda akan juga disebut sebagai orang yang berbakat seperti layaknya mereka yang telah sukses.

Perkuat Komitmen Dan Tentukan Tujuan

Setelah anda berhasil mempelajari dan mempraktikan bisnis anda,hal yang tidak boleh ditinggalkan adalah membuat komitmen dan menentukan tujuan.

Makanya disarankan carilah teman yang mempunyai jenis bisnis yang mendukung dengan bisnis yang anda jalani.

Tentukan tujuan yang jelas dan detail jika anda suatu saat akan berbisnis yang lebih besar misalkan anda menginginkan membuat konter hape di pusat kota atau mempunyai minimarket di kota anda.

Dengan tujuan yang jelas maka anda akan berusaha mencari teman yang bisa anda jadikan partner untuk mendukung tujuan anda tersebut.

Perkuat komitmen anda dari hari ke hari,hal ini yang perlu anda ingat.

Karena hanya orang yang punya komitmen yang kuat sajalah yang akan mampu sukses membangun kerajaan bisnis yang besar.

Kalau komitmen anda lemah,walaupun anda bergaul dengan orang-orang yang sukses berbisnis maka anda tidak juga bangkit melainkan hanya mengagumi kesuksesan orang lain sementara anda masih berbisnis kecil yang terus anda jalankan.

Perkuat komitmen anda untuk terus maju dan mempelajari bagaimana meraih tujuan yang telah anda tentukan.

Belajar Arus Kas Keuangan

Bisnis apapun tujuanya adalah mendapat keuntungan ,satu-satunya cara mendapatkan keuntungan maksimal dan mengumpulkanya dengan baik adalah mempelajari arus kas.

Mengetaahui dengan detail biaya pengeluaran harian,mingguan,atau bulanan penting jika anda ingin bisnis anda terarah dan lebih terorientasi untuk terus berkembang.

Keuntungan didapatkan dari total pemasukan dan total pengeluaran yang dibelanjakan atau dipergunakan dalam sebuah bisnis.

Untuk bisa memastikan keuntungan atau malah kerugian kita perlu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran dengan baik.

Disamping kita lebih akurat mendapatkan laporan kinerja bisnis kita,bisnis yang memiliki catatan arus kas yang baik akan lebih mudah untuk di evaluasi.

Kita bisa memaksimalkan keuntungan pada periode selanjutnya dengan mengecilkan pengeluaran pada sumber-sumber yang kurang penting.

Kita bisa memaksimalkan anggaran untuk jenis barang atau jasa yang berpotensi lebih baik dalam menghasilkan keuntungan.

Mulailah dari sekarang sekecil apapun bisnisnyang anda jalankan,tidak perlu yang rumit cukup catat saja biaya pengeluaran dan pemasukan yang anda pergunakan untuk menjalankan bisnis anda.

Anda akan dengan sendirinya terlatih dan terbiasa berdisiplin dengan modal usaha jika anda praktikan cara ini dari awal.

Banyak pengusaha kecil tumbang di perjalanan sebelum mereka sukses,meski prospek bisnisnya bagus hanya karena mengabaikan pentingnya belajar arus kas.

Kesalahan perhitungan dan mencampur adukan keuangan harian dan uang modal bisnis membuat bisnis tidak terarah dan kehabisan modal meski secara teori bisnisnya memiliki surplus yang baik.

Seiring berkembangnya bisnis maka membuat arus kas yang tersusun rapi dan jelas akan memudahkan anda menghitung keuntungan dan seberapa besar pertumbuhan bisnis.

Banyak materi yang ada di internet dan buku-buku tentang manajemen keuangan,pelajari dan terapkan sesuai dengan besar kecil bisnis anda.

Konsisten Dan Terus Kembangkan Potensi

Konsisten terhadapa apa yang telah anda putuskan terhadap jenis bisnis anda mutlak diperlukan jika ingin bisnis berjalan sesuai harapan.

Salah satu cara untuk konsisten adalah fokus pada apa yang anda kerjakan,makanya sebelum anda memutuskan menjalankan bisnis yang lebih besar pastikan bahwa bisnis yang anda geluti adalah yang terbaik untuk anda.

Ukuran terbaik bisa jadi karena anda telah mengenal lebih dalam sebuah bidang bisnis yang anda geluti,mungkin karena anda telah memiliki jaringan yang baik pada bidang tersebut.

Makanya membangun bisnis dari yag kecil akan lebih efektif jika anda kemudian terus berkembang,karena secara otomatis jaringan dan partner anda lebih kuat.

Terus konsisten dan jangan mudah menyerah dan terus mencari sumber informasi bagaimana agar bisnis menjadi lebih baik.

Mau Belajar dari Kesalahan dan Mau Menerima Kritikan

Untuk bisa memiliki jiwa pebisnis yang baik kita juga harus mau belajar dari kesalahan.

Tidak ada manusia sempurna tanpa kesalahan,balajarlah dari kesalahan-keslahan yang telah anda buat.

Anda bisa juga menulis dalam sebuah catatan jika anda telah melakukan sebuah kesalahan dalam menjalankan bisnis,dan kemudian pelajari apa yang seharusnya agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali.

Seorang pebisnis yang bisa menerima dan mengakui kesalahanya dalam berbisnis akan mempunyai potensi yang lebih baik.

Itu artinya kita mau belajar untuk maju,sebagian pebisnis akan menyerah jika menerima kenyataan jika dia telah banyak melakukan kesalahan.

Sayangnya orang-orang seperti ini tidak akan pernah bisa disebut orang yang berbakat dalam berbisnis.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah siap dengan segala kritikan terutama yang datang dari pelnggan bisnis kita.

Pada sebuah organisasi atau jenis bisnis yang telah besar bahkan mereka sengaja menyiapkan ruang khusus untuk menerima kritikan dan saran para pelangganya.

Kitapun harus demikian,ketika kita menemui kritikan pedas karena dianggap oleh pelanggan jika kita tidak profesional dalam suatau hal akan lebih baik agar meminta pelanggan untuk memberikan saranya agar apa yang mereka alami tidak akan pernah terjadi lagi,dari pada anda membalas dengan keras jika mereka pelangganlah yang bersalah.

Teruslah belajar anda akan memiliki jiwa pebisnis yang lebih baik dari kehari.

Profesional dan Lakukan Yang Terbaik

Jika kita bisa mengaplikasikan semua langkah-langkah diatas maka tidak salah lagi anda sudah bisa dikategorikan sebagai orang yang punya bakat dalam berbisnis.

Dan satu lagi yang selalu diajarkan oleh pakar bisnis manapun adalah kita harus profesional dan melakukan yang terbaik.

Anda bisa disebut professional jika kita bisa memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan memuaskanya.

Bukan cuma mengutamakan keuntungan seorang yang professional selalu berusaha mencarikan jalan keluar terbaik jika mendapatkana pengaduan atau klaim pelanggan.

Melakukan tindakan yang terbaik dari hal yang sepele seperti menjaga kebersihan lingkungan bisnis hingga terbaik dalam kualitas layanan atau barang dalam cakupan bisnis anda akan mempercepat anda menang dalam persaingan.

Dukungan dan Do’a

Jika bisnis telah dijalankan rasanya tidak sempurna jika tidak ada dukungan dari orang terdekat,karena itulah perlu komunikasi yang baik dengan orang-orang terdekat bisa suami/istri mungkin juga anak karena dukungan yang baik akan memompa semangat dan memberikan kekuatan mental ketika ditimpa masalah dalam menjalani bisnis anda.

Berdo’a dan minta selalu diberi kelancaran karena manusia hanya mampu untuk berusaha tanpa Ridlo-Nya kita tidak akan pernah ada apa-apanya.

Jika anda sekarang ini masih bingung bahkan belum memiliki gambaran peluang bisnis apa yang bisa dijalankan untuk mempraktekan cara diatas silahkan baca artikel sebelumnya:

Peluang Usaha Modal Kecil

Dan jika anda ingin memberikan koreksi atau tambahan dengan mengisi kolom komentar di bawah.

Dan ucapan terima kasih jika anda mau membagikan artikel ini ke teman anda di social media,cukup klik bagi di logo paling bawah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan