Bagaimana Cara Memulai Usaha Laundry Rumahan Modal Kecil?

by :

Usaha Laundry

Kata laundry sebenarnya merupakan bahasa asing namun sudah lazim digunakan dan terdengar di telinga ya?

Kalau digunakan bahasa Indonesia mungkin lebih tepatnya adalah jasa cuci pakaian.

Namun jika kita menggunakan nama usaha ini sebagai jasa cuci pakaian barangkali justru terdengar agak aneh karena laundry pakaian sendiri sudah dipakai secara umum dalam bidang usaha ini.

Bagi pembaca yang kebetulan sedang mencari informasi bagaiamana caranya memulai usaha laundry pakaian ini, mungkin disini bisa menjadi satu penambah wawasan bagaiamana kira-kira sebuah usaha kecil dengan modal ringan bisa dijalankan.

Usaha Laundry Dengan Modal Kecil

Yakin jika sebuah usaha laundry ini bisa dijalankan dengan modal kecil?

Bukankah dalam sebuah usaha laundry memerlukan banyak mesin pencuci hingga mesin pengering pakaian yang harganya terbilang mahal?

Anda betul jika berpikiran demikian, namun usaha laundry memerlukan modal besar jika usaha tersebut skalanya juga besar.

Maksudnya begini, sebuah usaha laundry yang sudah sukses berjalan memang akan memerlukan modal besar namun begitu sebenarnya sebuah usaha laundry bisa saja dijalankan dengan modal yang ringan terutama pada saat anda ingin mengawali usaha tersebut untuk pertama kali.

Bagaimana untuk memulai sebuah usaha ini?

Apakah usaha dengan modal kecil ini tetap bisa bersaing dengan mereka pada usaha jasa laundry yang berskala besar?

Jawabanya tergantung bagaiamana strategi yang akan dijalankan, jika penerapan strateginya tepat pelayanan yang memuasakan tentu sebuah usaha kecil pada awalnya tetap akan mampu bersaing dengan mereka pemain yang telah besar.

Bahkan usaha satu ini bisa dijalankan hanya sebagai usaha sampingan pada awalnya.

Namun begitu meskipun jika ingin menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan kita wajib menjalankan usaha dengan sepenuh hati dan penuh perhitungan.

Suatu saat jika usaha ini berpenghasilan melebihi penghasilan utama maka saya pikir ini bukan lagi sebuah usaha sampingan malah bisa menjadi penghasilan utama dalam keluarga.

Bagaimana agar usaha laundry sukses seperti gambaran diatas?

Ada beberapa hal penting yang harus diperhitungkan, disini akan mencoba menganalisa berbagai kemungkinan yang bisa dimaksimalkan agar usaha tersebut berpeluang sukses menjadi lebih besar.

1.Lokasi Usaha

Lokasi usaha sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha laundry pakaian.

Lokasi yang strategis akan memancing mereka yang membutuhkan jasa laundry untuk menggunakan layanan kita.

Jika lokasi rumah berada didaerah yang memiliki potensi untuk usaha ini maka memulai sebuah bisnis laundry bisa menjadi hal yang tepat.

Lokasi yang sangat cocok diantaranya adalah:

1.Kawasan kampus dimana banyak mahasiswa kuliah dan kost diarea tersebut.

2.Area perkantoran dimana banyak karyawan yang berada di lokasi tersebut apakah mereka menyewa perumahan ataupun mereka yang tinggal kost di area sekitarnya.

3.Daerah perkotaan padat penduduk dimana rata-rata warga setempat sibuk beraktivitas.

4.Kawasan pabrik padat karya dimana banyak karyawan yang tinggal disekitarnya.

5.Lokasi perumahan dimana rata-rata penghuninya memiliki kesibukan bekerja.

Jika lokasi rumah anda tidak masuk dalam kategori diatas maka penting sekiranya melakukan survey kecil-kecilan apakah daerah lingkungan rumah tersebut cocok didirikan usaha laundry.

Jika tidak memiliki potensi yang baik alangkah bijaknya jika memikirkan untuk mencari ide usaha lain.

Karena sejatinya banyak sekali peluang usaha yang ada disekitar kita yang bisa anda pilih dengan menyesuaikan potensi dimana kita berada.

2.Persiapan Tempat

Setelah anda yakin jika lokasi rumah anda merupakan daerah potensial untuk mendirikan usaha laundry, selanjutnya adalah melakukan persiapan tampat usaha laundry tersebut.

Pada awal usaha kita cukup memanfaatkan ruang kosong yang tidak terpakai, bisa saja kamar tidur di bagian depan yang tidak pernah digunakan, atau membongkar gudang dan menyulapnya menjadi tempat usaha atau setidaknya sebagai menyimpan peralatan dan keperluan usaha.

Tidak perlu desain yang mencolok, cukup penerangan yang baik, bersih dan tidak pengab serta bisa menampung semua kebutuhan peralatan laundry nantinya.

3.Persiapan Peralatan

Ini bisa jadi merupakan poin penting yang harus diperhitungkan dengan matang juga,mengingat peralatan dalam usaha laundry ini memakan biaya yang tidak sedikit.

Namun begitu jika dana yang dimiliki sangat terbatas, cobalah memanfaatkan peralatan yang sekarang ini sudah ada.

Artinya kita tidak perlu membeli peralatan baru ketika hendak mengawali usaha satu ini.

Semakin kecil pengeluaran tentu akan lebih baik karena kita tidak terbebani dengan biaya yang akan menjadi beban apalagi sebuah usaha baru mungkin pada awal-awal usaha belum bisa menghasilkan pendapatan sesuai target.

Beruntung jika telah memiliki mesin cuci yang masih bekerja dengan baik dirumah, kita cukup memanfaatkan mesin tersebut sebagai satu-satunya mesin cuci yang akan dipakai sebagai awal usaha sekaligus juga dipakai sebagai kebutuhan keluarga.

Begitupun dengan setrika listrik, meja dan lemari tempat menyimpan baju baik yang hendak di cuci maupaun baju yang telah selesai proses laundry.

Ada beberapa alasan kita cukup menggunakan peralatan yang sudah ada dirumah dibandingkan harus langsung menyiapkan banyak peralatan dengan membeli baru.

1.Hemat Biaya

2.Bisa Dijadikan Tes Terhadap Respon Konsumen.

Jika ternyata usaha tersebut mendapat sambutan yang baik dan kewalahan melayani para pemakai jasa laundry kita, baru selanjutnya memikirkan untuk mencari dana tambahan guna menambah keperluan peralatan.

3.Dengan Menggunakan Peralatan Yang Ada Tanpa Membeli Baru Kita Tidak Terbebani Dengan Beban Biaya Pada Awal Usaha Tersebut.

Dengan menimbang kelebihan mengawali usaha dengan cara seperti disebut diatas maka siapapun anda asalkan lokasinya mendukung dengan mudah menjalankan usaha jasa laundry di rumah.

Lantas apa saja peralatan laundry yang diperlukan?

Mesin cuci, setrika listrik, meja setrika, almari, timbangan meja, kalkulator dan sebagainya harus dipersiapkan awal-awal dan pastikan semua bekerja dengan baik.

Sementara kebutuhan untuk mesin pengering bisa ditunda dulu kecuali anda memang memiliki dana lebih dan yakin dengan potensi usaha tersebut baik.

Mesin pengering biasanya hanya digunakan bagi mereka yang membutuhkan layanan cepat.

Dengan menggunakan mesin pengering kita bisa menyelesaikan tugas laundry hanya dalam hitungan jam.

Tentu biaya yang dikenakan lebih mahal untuk melayani mereka yang menginginkan laundry kilat tersebut.

Namun jika anda merasa belum yakin akan potensi usaha laundry dikawasan dimana anda ingin memulai atau bisa jadi karena dana anda sangat terbatas, maka mesin pengering bisa di absenkan saja dahulu.

Artinya kita belum melayani jasa laundry kilat karena memang belum menyediakan mesin pengering melainkan hanya menggunakan panas sinar matahari.

4.Belanja Keperluan Laundry

Setelah persiapan selesai termasuk penataan ruang yang akan digunakan untuk keperluan laundry, maka sekarang saatnya untuk merinci keperluan belanja usaha.

Barang belanjaan tersebut adalah barang yang akan dipergunakan sebagai kebutuhan harian dalam proses usaha tersebut.

Sabun cuci, pelembut dan pewangi pakaian, pemutih pakaian, buku nota, plastik dan sebagainya.

Pada awal usaha kita bisa berbelanja keperluan tersebut dalam stok terbatas saja, bisa saja hanya untuk satu minggu kedepan atau bahkan hanya keperluan beberapa hari jika memang dana benar-benar terbatas.

5.Standard Pelayanan

Meskipun usaha ini termasuk usaha kecil namun begitu sangat disarankan agar usaha ini dijalankan dengan serius.

Ingat anda tentu menginginkan sebuah kesuksesan dalam usaha yang dijalani.

Pelanggan akan berdatangan jika kita bisa memberikan pelayanan yang baik bahkan sebisa mungkin melebihi apa yang pelanggan perkirakan.

Jika pelanggan anda semakin bertambah memajukan usaha anda dengan menambah kapasitas ruangan, jumlah peralatan bukan suatu yang sulit.

Menentukan standard pelayanan yang baik bahkan terbaik dibandingkan penyedia layanan sejenis akan memberikan peluang usaha tumbuh berkembang, bisa saja lebih dari apa yang anda duga sebelumnya.

Jika hal itu terjadi membuka cabang diberbagai tempat yang berbeda bisa menjadi langkah lanjutan, gak ada yang tidak mungkin selama semuanya ditekuni dan fokus.

Untuk memberikan standard pelayanan yang baik kita mau atau tidak mau melihat keluar dimana para pesaing yang telah sukses pada usaha yang sama.

Apa saja kelebihan pengusaha laundry paling sukses di daerah anda?

Berikan pelayanan dan keunggulan yang telah dibangun oleh pemain lama tersebut.

Bisa jadi mereka unggul karena pelayanan dan cara menyambut pelanggan sangat ramah, atau hasil kerjanya sangat baik, rapih dan wangi atu bisa jadi karena pelayananya yang selalu tepat waktu bahkan mungkin memberikan pelayanan dari ke semua yang di sebutkan.

Ini adalah standard pelayanan yang perlu di duplikasi.

Kelebihan-kelebihan pesaing harus kita berikan, selain mencari kelebihan pesaing kita juga harus jeli apa saja kekurangan mereka yang mereka tidak berikan kepada para pelangganya.

Bisa jadi mereka unggul dari berbagai hal namun setelah dicek ternyata harga yang ditawarkan masih terlalu mahal, padahal seandainya mau memberikan harga yang lebih murahpun kita masih mendapatkan keuntungan bahkan dengan kepuasan pelayanan yang sama.

Namun kita juga harus ingat berperang harga bukanlah hal yang baik dalam sebuah bisnis.

Karena pada akhirnya kita sendiri yang akan terkena imbasnya jika pesaing tahu kita mengandalkan harga murah.

Kemudian merekapun membanting harga dibawah harga murah yang kita tawarkan sehingga situasi seperti ini justru merugikan pengusaha itu sendiri.

Jika ingin bersaing dalam harga berilah sedikit saja harga di bawah harga pasaran, atau berikan harga yang sama namun kita bisa memberikan bonus gratis 1 kilogram jasa laundry kepada mereka jika mereka telah menggunakan jasa laundry kita sebanyak 10 kg, atau cara lain yang lebih menguntungkan.

Pelajari juga hal lain yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan.

Bagaiaman mereka mengemas hasil laundry yang telah selesai.

Apakah hanya menggunakan tas plastik seadanya atau mereka menggunakan plastik bening dengan logo nama usaha laundry mereka?

Perhatikan hal sepele yang tidak terpikirkan oleh orang lain, dan berikan layanan tersebut sebagai nilai plus pada usaha kita nantinya.

Usaha yang dijalani dengan sepenuh hati dan serius dengan pelayanan akan lebih terlihat profesional, akan sangat mudah diingat oleh para pelangganya.

  • Bahkan saya yakin jika usaha tersebut memberikan kepuasan lebih dibandingkan apa yang mereka dapatkan di tempat lain, maka tidak salah lagi para pelanggan dengan suka rela mempromosikan atau merekomedasikan usaha kita ke saudara atau teman mereka.
  • Kita harus ingat promosi terbaik adalah promosi yang didapatkan dari rekomendasi orang yang dipercaya, entah itu saudara teman akrab dan seterusnya.
  • Berikut beberapa standard pelayanan yang perlu di jadikan acuan:
  • a.Menyapa Setiap Pelanggan Yang Datang
  • Tentukan standard minimal saat menyapa pelanggan, misalkan saja wajib memberikan senyuman dalam sambutan.
  • Berbicara akrab dan bersahabat, menjelaskan dengan suka hati setiap pertanyaan yang diajukan dan sebagainya.
  • b.Menyediakan Tempat Duduk
  • Tempat duduk untuk mereka yang datang perlu dipersiapkan agar mereka tidak harus berdiri terus menerus apalagi jika terdapat antrian saat pelayanan, selalu persilahkan mereka untuk duduk di kursi yang disediakan jika mereka harus menunggu.
  • c.Janji Yang Selalu di Tepati atau Berikan Bonus Jika Ada Keterlambatan.
  • Mencantumkan batas waktu pengerjaan layanan laundry adalah hal yang positif agar pelanggan memiliki kepastian kapan orderan jasa laundry tersebut akan selesai.
  • Namun begitu kita juga harus komitmen dan selalu menepati janji.
  • Seandainya layanan dijanjikan 2 hari maka dalam waktu tersebut semua harus sudah beres.
  • Anda juga dapat memberikan jaminan jika layanan tidak selesai tepat waktu maka mereka akan dibebaskan dari biaya atau setidaknya diberi potongan harga misalkan hanya membayar separuhnya saja dari ongkos yang seharusnya.
  • Komitmen seperti itu akan membuat layanan anda makin dipercaya oleh pelanggan.
  • Ya, itu hanya contoh sebagai gambaran betapa seriusnya kita dalam melayani pelanggan yang mempercayai jasa kita.
  • d.Hasil Yang Memuaskan
  • Standard hasil yang memuaskan sebuah jasa laindry tentu dikaitkan dengan hasil cucian, kerapihan dalam menyetrika baju, pengemasan setelah barang siap diterima dan seterusnya.
  • Untuk mencapai target hasil yang memuaskan tentu kita harus banyak belajar bagaimana proses laundry yang benar.
  • Kita tidak bisa mengandalkan standard milik kita sendiri hanya berdasarkan pengalaman pribadi.
  • Banyak pembahasan cara mencuci dan menata atau melipat pakaian saat proses penyetrikaan.
  • Video-video tentang cara yang benar dan tepat juga banyak ditemui di media internet seperti youtube dan sebagainya.
  • Bahkan jika anda masih ragu akan kemampuan untuk mengelola usaha tersebut, jalan terbaik adalah belajar dari mereka yang telah berpengalaman.
  • Bisa saja dengan mencari seorang karyawan atau karyawati yang memiliki cukup pengalaman dalam usaha ini dan meminta kepadanya untuk mengajarkanya.
  • Tentu kita tidak boleh pelit, berikan imbalan kepada mereka yang mengajarkan ilmunya bagaiamana mengelola laundry yang baik dan benar.
  • Dari mulai proses pencucian hingga proses akhir.
  • e.Beri Layanan Yang Usaha Lain Tidak Optimalkan.
  • Maksudnya apa?ketika kita memberikan pelayanan usahakanlah selalu menjadi yang terbaik.
  • Bahkan lebih baik dari mereka yang telah dulu sukses pada usaha tersebut.
  • Misalkan saja di daerah yang sama telah berdiri usaha laundry dan sukses, tentu sangat berat jika kita hanya menyediakan layanan yang biasa saja untuk dapat bersaing dengan mereka.
  • Karenanya sediakan layanan yang mereka tidak garap sebagai nilai plus.
  • Misalkan saja berikan antar gratis sampai rumah untuk pakaian yang telah selesai di laundry.
  • Bahkan suatu saat ketika pelanggan sudah banyak tawarkanlah jasa laundry dengan sistem antar jemput.
  • Buatlah akun sosial media entah facebook, whatsapp, bbm agar lebih mudah terhubung dengan pelanggan dan cepat menanggapi ketika ada orderan.
  • Mungkin masih banyak sesuatu keunggulan yang bisa ditawarkan agar memuaskan pelanggan dengan menggali apa saja yang tidak diberikan oleh pesaing kita.
  • f.Tanggung Jawab dan Penolakan
  • Sebagai sebuah usaha dalam bidang jasa, kadang suatu kondisi tak terduga bisa saja terjadi.
  • Meskipun kita telah bekerja maksimal dan hati-hati bukan tidak mungkin hal-hal seperti pakaian yang di kerjakan mengalami masalah.
  • Mungkin baju putih ternoda dengan warna lain, saat menyetrika membuat pakaian terbakar dan berlobang, atau saat mencuci merusak resleting.
  • Untuk menghindari klaim yang berlebihan dari pelanggan maka usaha jasa laundry harus memiliki aturan khusus tertulis yang harus dipahami oleh pelanggan.
  • Kita bisa menuliskan tanggung jawab dan penolakan yang tertulis sebagai aturan usaha di balik nota tanda terima laundry.
  • Isinya bisa saja seperti contoh dibawah ini.
  • Tanggung Jawab dan Penangan Komplain
  • Kami (Nama Usaha) berkomitmen untuk menjaga dan memberikan layanan terbaik kepada semua pelanggan laundry kami tanpa kecuali.Namun begitu kami juga memiliki keterbatasan yang mungkin saja terdapat masalah yang tidak diharapkan.
  • Kami hanya akan menerima klaim terhadap masalah yang terjadi seperti:
  • -Ternoda dengan warna lain
  • -Kerusakan pada bagian tertentu
  • -Tertukar atau keterlambatan.
  • -Masalah lain-lainya.
  • Kami akan berusaha memberikan solusi terbaik dengan cara musyawarah, pada masalah yang bisa diperbaiki kami juga akan berusaha dengan cara terbaik untuk memulihkanya.
  • Pada kondisi dimana terdapat kerusakan permanen maka kami hanya akan mengganti perkiraan kerugian yang diderita.
  • Namun jika tidak ada solusi kami akan mengganti kerugian perpakaian dengan nilai maksimal Rp.150.000,-
  • Dengan bertransaksi dengan layanan kami, maka kami (Nama Usaha) menganggap setiap pelanggan telah memahami dan menyetujui kebijakan tersebut.
  • Diatas hanya contoh, tentu anda dapat memberikan pedoman yang lebih baik dengan tujuan menghindari gugatan yang berlebihan dari pelanggan.
  • 5.Promosi

  • Meskipun awal usaha ini masih kecil-kecilan, promosi tetap harus dilakukan.
  • Sebaik apapun layanan yang akan diberikan tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada orang yang mengenal usaha kita.
  • Maka bersiaplah berpromosi dengan cara yang benar.
  • a.Nama Usaha dan Spanduk
  • Sebelum usaha laundry rumahan anda resmi dibuka pastikan usaha tersebut telah memiliki nama usaha.
  • Nama usaha harus dibuat sebisa mungkin mudah diingat namun berbeda dengan usaha-usaha lain agar mudah dikenali.
  • Dengan memiliki nama usaha orang akan dengan mudah mengingat bahkan mereka yang puas menceritakan dengan mudah ke orang lain.
  • Setelah pembuatan nama selesai buatlah papan spanduk yang terpampang jelas di depan usaha kita nantinya.
  • Dengan adanya spanduk orang akan mudah menemukan dan juga sebagai media promosi kepada orang-orang yang berlalu lalang di depan lokasi usaha kita tersebut.
  • b.Minta Bantuan Teman dan Saudara
  • Promosi yang gratis dan efektif adalah meminta bantuan kepada teman atau saudara kita untuk menyebarluaskan tentang usaha tersebut.
  • Jika dirasa perlu anda bisa juga membuat selebaran kertas yang berisi tentang usaha anda lengkap dengan harga dan keunggulan yang ditawarkan.
  • Saudara atau teman yang bekerja pada sebuah perusahaan di sekitar atau kuliah di daerah tersebut, mintalah bantuan dengan tulus agar mereka menyampaikan pesan kita atau membagikan selebaran yang telah disiapkan sebelumnya.
  • c.Media Sosial
  • Berpromosi sederhana lewat facebook disamping gratis juga efektif untuk menjangkau orang-orang yang menjadi target pemasaran.
  • Carilah grup lokal di facebook yang masih dalam jangkauan usaha dan posting tentang usaha anda.
  • Cara ini juga bisa dilakukan dengan memposting di akun sendiri untuk menjangkau teman-teman yang terhubung.
  • 6.Evaluasi Usaha

  • Jika usaha sudah berjalan langkah yang perlu dilakukan demi berkembangnya usaha adalah evaluasi terhadap keinerja usaha tersebut.
  • Lakukan evaluasi usaha setidaknya semingggu sekali, pantau bagaiamana perkembangan usaha.
  • Mungkin kita telah menerapakan langkah-langkah yang pada perhitunganya adalah terbaik dan efektif.
  • Namun pada kenyataanya hal-hal tersebut bisa saja berbeda hasilnya dengan apa yang didapat ketika usaha berjalan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang akurat tentang kualitas layanan, lakukanlah apa yang perlu dikembagkan apa yang kurang dengan bertanya atau meminta masukan dari para pelanggan kita.
  • Pelanggan yang menggunakan jasa kita dalam jangka waktu tertentu mereka pasti memiliki penilaian, dari situlah kita bisa menilai kualitas layanan kita terhadap mereka.
  • Perbaiki apa yang masih perlu diperbaiki dan jaga kualitas agar tetap berdaya saing.
  • Jika ternyata usaha mengalami kemajuan yang ditandai dengan banyaknya pelanggan sementara kapasitas peralatan tidak lagi mampu menyelesaikan pekerjaan, pikirkan untuk menambah item-item yang dirasa perlu.
  • Bisa jadi mesin cuci, setrika dan sebagainya.
  • Sebaliknya jika ternyata usaha tidak mengalami kemajuan dari minggu ke minggu coba periksa lagi dimana letak kesalahanya.
  • Segera lakukan pembenahan termasuk dalam hal berpromosi, ataupun dalam hal peningkatan kualitas layanan dan kualitas hasil laundry tersebut.
  • Namun jika semua perbaikan telah dilakukan dan ternyata tidak juga ada perkembangan, ini bisa jadi memang ada kesalahan dalam menganalisa prospek usaha tersebut.
  • Jika benar bahwa daerah anda itu tidak berprospek baik seperti yang telah diperhitungkan sebelumnya maka tidak ada yang salah untuk mengubah haluam pada usaha lain.
  • Ingat bahwa pengalaman adalah guru terbaik, lakukan lebih teliti dalam mencari ide dan mewujudkan usaha lainya.
  • Meski begitu kita harus fokus pada usaha yang akan dijalani agar hasilnya maksimal.
  • Semoga Bermanfaat.
  • Terimakasih Telah Membaca,Kunjungi Juga Tentang Perawatan Kecantikan di:

    Hinyong Cantik

       
    Jika merasa sedikit saja manfaat,bantu kami dengan klik Sukai Halaman Facebook Hinyong dibawah,dukungan anda sangat berarti.
    Loading...

    Tinggalkan Balasan

    Copyright© Hinyong 2018
    Tentang Hinyong| Hubungi Hinyong| Privacy Policy|Disclaimer|Terms Of Services|Sitemap