Bagaimana Cara Jualan di Tokopedia?

Cara Jualan di Lazada

CARA JUALAN DI TOKOPEDIA

Jualan di marketplace seperti tokopedia sekarang ini sedang menjadi trend yang terus berkembang terutama pada generasi muda.

Ini tidak terlepas karena mudahnya bertransaksi online yang kian mudah, dan keamanan berjul-beli jauh lebih baik karena semua transaksi keuangan dalam jual beli akan dipegang oleh tokopedia sebagai marketplace atau mall online dimana kita sebagai pemakai internet dapat bertransaksi jual beli lebih aman dan minim resiko penipuan.

Apakah anda berminat untuk berjualan di tokopedia dan saatnya masih bingung caranya untuk menjadi seller disana.

Disini kita akan sama-sama belajar untuk mengkaji bagaiamana cara yang efektif berjualan di tokopedia agar sukes.

Cara Jualan di Tokopedia

Untuk dapat berjualan di tokopedia ada beberapa langkah yang harus dibuat.

  1. Membuat akun di tokopedia
  2. Mulai membuka toko di tokopedia
  3. Memajang produk jualan
  4. Memproses pesanan yang masuk
  5. Menerima hasil penjualan

Beruntungnya semua langkah-langkah tersebut diatas semuanya mudah dan dapat dipelajari bahkan jika anda pemula sekalipun.

Yang menjadi keluhan terbesar sebenarnya untuk berjualan di media online rata-rata adalah susahnya mendapatkan pembeli sehingga banyak dari mereka yang mundur dan menyerah.

Namun jangan mudah menyerah kita akan belajar bagaimana caranya agar proses menjadi penjual online di tokopedia cepat laku dan mendapatkan pelanggan yang akan berkunjung ke toko anda di tokopedia nantinya.

Membuat Akun di Tokopedia

Membuat akun di tokopedia merupakan tahap pertama untuk bisa bertransaksi online baik pelanggan atau customer ataupun jika ingin membuka toko untuk menjadi penjual ataupun seller.

Kita bisa melakuan tokopedia melalui komputer atau desktop maupun melalui mobile ( android ataupun ios )

Mendaftar melalui desktop atau komputer;

Untuk mendaftar dan membuat akun di tokopedia kita bisa membuat akun dengan mengunakan akun email (gmail,yahoo mail, dsb),  facebook, ataupun G+.

Berikut adalah cotoh tahapan mendaftar di dekstop dengan akun google.

  1. Klik Daftar di pojok kanan atas homepage Tokopedia.
  2. Pilih Daftar Dengan Google.
  3. Anda akan terhubung dengan akun Google. Klik Allow.
  4. Masukkan kata sandi baru dan nomor handphone  yang aktif.
  5. Nantinya kata sandi ini akan  digunakan untuk login dan penarikan tunai di Tokopedia.
  6. Klik Buat Password.
  7. Akun Anda sudah aktif.

Mendaftar Melalui Mobile ( android dan ios)

Sementara jika menggunakan smartphone ataupun tablet ( android atau ios), maka cara termudah dengan menggunakan aplikasi baik di google playstore maupun di appstore milik apple.

Cukup ketik kata kunci tokopedia untuk mencari aplikasi di appstore maupun playstore.

Ketika pertama kali membuka aplikasi maka kita akan dibawa untuk mendaftarkan akun agar akun kita aktif, cukup ikuti langkah-langkah yang ada di layar dengan menggunakan akun google ataupun dengan menghubungkan ke facebook.

Cara Membuka Toko di Tokopedia

Setelah mendaftar dan selesai dan telah  memiliki akun di tokopedia maka siapapun anda, boleh mulai membuka toko ditokopedia untuk berjualan,

Kita bisa membuka toko  baik melalui laptop, dekstop, smartphone ataupun tablet.

Langkah-langkah dalam membuat toko sangat mudah cukup mengikuti petunjuk yang diberikan pada layar dengan langkah sebagai berikut;

  1. Pastikan Anda telah Login di akun Tokopedia
  2. Klik “Buka Toko” pada bagian kiri-atas halaman home atau klik ikon , lalu pilih “Buka Toko” Jika melaui aplikasi mobile buka pada menu akun anda.
  3. Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap dan benar, seperti:
    Domain toko (www.tokopedia.com/domaintokokamu)
  4. Informasi toko (nama, slogan, deskripsi)
  5. Dukungan pengiriman, ini adalah metode pengiriman yang tersedia apakah menggunakan kurir JNE, TIKI, Go Send dan sebagainya sesuai ketersedian dan  jasa pengirmanan yang telah bekerja sama dengan tokpedia.
  6. Dukungan pembayaran, mengisi metode pembayaran yang anda pilih sesuai dengan yang ada di tokopedia
  7. Foto profil toko, masukan foto profil dengan memaksimalkan gambar yang menarik dan profesional sesuai bidang julan anda.
  8. Klik “Buka Toko”

Memajang Produk Jualan di Tokopedia

Setelah berhasil membuat toko di tokopedia maka selanjutnya adalah mulai memasukan produk jualan yang akan anda jual di tokopedia, usahakan selalu update barang yang anda jual dan pajang foto produk jualan dengan gambar yang baik dan menarik namun benar-benar merupakan barang yang anda jual.

Setiap produk bisa menggunakan lebih dari satu foto agar calon pembeli dapat melihat detail produk yang akan mereka beli.

Misalkan saja anda ingin memajang produk celana panjang maka anda dapat memberikan foto produk tampak depan, samping, dan belakang.

Setiap produk harus diberi label dan kategori berdasarkan barang jualan anda agar memudahkan calon pembeli mencari produk yang anda jual disana.

Berikan keterangan lengkap dan jelas dan ragam ketersedian garansi jika memang ada, dan cantumkan harga barang yang dijual sesuai harga yang ingn anda jual.

Untuk mempelajari bagaimana cara memberikan keterngan produk, kategori anda bisa melihat contoh usaha toko yang lebih dulu sukses di tokopedia dari jenis toko yang sama dengan toko yang anda buka.

Ketika barang yang anda jual tidak tersedia karena kehabisan stok maka anda harus memberikan keterangan stok habis, namun usahakan agar selalu update barang dagangan agar selalu tersedia, agar reputasi jualan anda baik dimata pembeli.

Memproses Pesanan Pembeli dan Menerima Hasil Penjualan

Ketika anda sudah berhasil memajang produk jualan yag ada di tokopedia dan telah  mendapatkan pembeli yang berbelanja ke toko anda maka anda akan menerima notifikasi pemesanan baru di aplikasi atau website tokopedia anda.

Proses pengiriman harus anda lakukan setelah ada notifikasi jika pembeli telah membayar pesanan ke tokopedia dan telah berhasil diverifikasi.

Setelah anda mendapatkan notifikasi segera lakukan konfiramsi pengirimanan pesanan dengan memberikan status seperti pengemasan atau barang telah dikirim ke kurir dan sebgainya,

Setelah pembeli menerima pesanan yang anda kirim dan pembeli telah mengkonfirmasi barang telah sampai dengan sukses tanpa komplain maka pembayaran akan dimasukan ke saldo tokopedia anda yang sewaktu-waktu bisa dicairkan ke rekening bank terdaftar milik anda.

Diatas adalah dasar-dasar yang paling perlu untuk dipahami jika anda berminat berjualan di tokopedia, untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana cara berjualan yang lebih baik seperti bagaimana memanfaatkan fasilitas unggulan seperti bagaimana caranya memasukan diskon, bagaimana cara menjadi top seller anda bisa mengunjungi website tokopedia di seller center dan belajar online disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *