Bagaimana Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku

Bukalapak

CARA JUALAN DI BUKALAPAK Bukalapak merupakan marketplace atau tempat jualan online yag didirikan oleh anak bangsa, dan menjadi salah satu unicorn asli Indonesia yang sangat populer dan mampu bersaing dengan marketplace lain yang ada di Indonesia. Bukalapak mulai didirikan pada januari 2010, dan terus berkembang hingga kini dan telah menjadi sangat populer dikalangan para pebisnis dan peggiat jualan online.

Memunculkan pengusaha-pengusaha online baru dengan menjadi partner bukalapak untuk menjadi member dan berjualan disana. Semua orang yang ingin berjualan online dapat ikut andil menjadi anggota untk berjualan di bukalapak.

Dan kali ini akan dibahas khusus bagi mereka yang masih awam tentang bukalapak bagaimana cara berjualan di bukalapak dari nol agar cepat menghasilkan keuntungan.

Cara Jualan di Bukalapak

Merupakan hal yang menyenangan karena ternyata berjualan dibukalapak adalah gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Untuk dapat menjadi anggota dan bertransaksi di bukalapak maka anda diharuskan menjadi anggota atau member di buklapak.

Apa yang pertama harus dilakukan adalah melakukan registrasi di situs web resmi bukalapak atau bisa juga melakukan pendafaaran melalui aplikasi bukalapak di smartphone anda.

Lakukan regristrasi akun baru jika anda sebelumnya belum memiliki akun di bukalapak disini atau bisa juga melalui aplikasi cukup mengikuti prosedur yang ada di layar.

Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir berisi;

  • Nama
  • Email atau no.Telp
  • Jenis Kelamin
  • Password baru untuk log in di bukalapak

Atau jika anda tidak mau ribet anda juga dapat mendaftar menjadi anggota bukalapak cukup dengan menghubungkan akun facebook ataupun akun google anda, bukalapak akan mencatat informasi yang ada di akun facebook atau akun google untuk keperluan pendaftaran anda.

Jika anda mau mendaftar menjadi pelapak atau membuka toko untuk jualan di bukalapak maka anda dapat memilih menu mulai jualan di halaman utama bukalapak atau anda juga bisa langsung registrasi sebagi penjual atau mendaftar di bukalapak disini.

Daftar pelapak
Daftar pelapak

Untuk memulai berjualan maka wajib mengisi pendafataran untuk menjadi penjual di bukalapak. Untuk melengkapi proses pendaftaran anda perlu mengisi;

Step 1;

  • Nama Lapak yang akan dibuat
  • Email (wajib)
  • No.Handphone (Wajib)
  • Jenis Kelamin
  • Username
  • Password

Setelah mengisi dengan lengkap anda akan diarahkan menuju langkah berikutnya yaitu

Step 2;

  • Melengkapi Alamat Lengkap

Step 3;

  • Verifikasi Akun Bukalapak yang Telah Dibuat

Setelah selesai proses verifikasi itu artinya anda sudah secara resmi membuka lapak untuk jualan di bukalapak.

Namun tunggu dulu, ini baru langkah pertama yang berhasil anda buat, karena tantangan sebenarnya adalah bagaimana membuat lapak anda menjadi tempat jualan yang terlihat profesional dan memiliki reputasi yang baik dimata calon pembeli.

Untuk mendesain agar lapak tempat jualan anda menjadi terlihat menarik maka semua langkah berikut harus benar-benar dikerjakan dengan serius.

Persiapan Awal Jualan 

  1. Pajang Foto Profil Yang Indah dan Menarik, Foto yang anda upload sebagai foto profil haruslah mencerminkan toko yang anda bangun, anda juga boleh menambahkan logo toko anda pada foto profil atau memuat toko offline anda ( jika ada) semenarik mungkin disertai nama toko anda.
  2. Menentukan Barang Yang Dijual, Anda boleh saja menjual beragam barang apa saja di bukalapak selama tidak melanggar peraturan yang ada di bukalapak, namun begitu untuk menjadi penjual yang sukses sebaiknya jenis barang spesifik dan tidak mencampur dengan jenis barang dagangan yang berbeda. Jika anda ingin berjualan baju atau fashion maka sebaiknya maksimalkan potensi jualan disitu saja, jangan juga mencampur dengan jualan lain seperti barang elektronik ataupun makanan ringan dan sebagainya.
  3. Upload Barang Yang Akan Dijual, Setelah yakin jenis barang yang akan dijual selanjutnya adalah menyiapkan barang dagangan anda untuk diambil gambarnya dan diuplod di halaman Jual Barang ( Di menu Lapak Saya).Usahakan foto atau gambar yang diupload adalah produk asli yang akan anda jual, buat foto semenarik mungkin, jelas dan berkelas agar memiliki nilai jual yang baik dan agar menarik minat pembeli, usahakan  upload lebih dari satu atau semaksimal yang bisa diperbolehkan untuk setiap satu produk foto dengan sudut yang berbeda, ini akan membuat pembeli dapat mencermati barang yanga akan dijual dengan baik.
  4. Lengkapi Deskripsi Barang, Setelah anda berhasil mengupload foto barang yang akan dijual anda harus mengisi deskripsi barang secara lengkap untuk memudahkan proses transaksi dan juga memudahkan pembeli menyeleksi barang berdasarkan kategori yang anda jual terutama jika barang jualan anda sudah banyak. Kelengkapan deskripsi itu meliputi: Nama barang, Kategori, Ketersedian Stok, Kondisi Barang, Harga, dan Deskripsi Produk Barang dengan Lengkap dan Jelas.
  5. Tambahkan Detail Pendukung, Selain deskripsi wajib yang disebutkan diatas jika diperlukan tambahkan keterangan pendukung, keterangan pendukung bertujuan memberikan pemahaman yang lebih lengkap agar produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih untuk bersaing dengan pedagang lain, keterangan tambahan bisa berupa video singkat tentang produk atau tambahkan tag, atau  varian barang untuk produk yang memerlukan keterangan lebih lengkap.
  6. Konfirmasi Barang Yang Akan Dijual. Setelah semua proses diatas selesai selanjutnya konfirmasi pada bagian upload barang dengan klik tombol “jual”.
  7. Ulangi Proses Upload Hingga Semua Barang Selesai. Upload semua barang yang telah tersedia untuk dijual sepeterti langkah diatas hingga semuanya selesai.

Pomosikan Barang yang Anda Jual

Setelah selesai dengan pembuatan akun sebagai penjual dan memajang barag jualan maka selanjutnya adalah mulai berjualan dan melakukan promosi.

Promosi menjadi sangat penting untuk memperkenalkan keberadaan lapak yang sudah anda buka, singkatnya promosi disamping berjualan juga upaya memperkenalkan toko anda , karena seberapapun bagusnya toko yang telah diuat di bukalapak jika tidak ada yang mengenal atau berkunjung ini ibarat anda berjualan tanpa ada orang yang mampir ke toko.

Inilah fungsi promosi yang akan menjadi batu lompatan awal memperkenalkan kelebihan barang dagangan dan keistimewaan lain yang bisa anda tawarkan.

Anda dapat menjalankan promosi berbayar maupun melakukan promosi gratis melalui media sosial dan blog pribadi.

Berikut adalah metode promosi yang bisa anda jalankan dibukalapak;

1.Memanfaatkan Fitur Push Bukalapak ( Berbayar)

Jika anda yakin bahwa anda memiliki produk jualan yang unggul dan memiliki kelebihan menonjol dibandingkan usaha lain baik dari segi kualitas, keunikan , harga atau apa saja keuggulan yang memiliki nilai jual maka mempromosikan jualan anda dengan menggunakan fitur push patut dicoba.

Fitur Push sendiri  adalah salah satu fitur resmi bukalapak berbayar untuk mempromosikan barang agar tampil di urutan terdepan pada halaman daftar barang hasil pencarian atau kategori.

Dengan melakukan push, maka peluang barang terjual semakin besar. Pelapak dapat membeli push dalam bentuk satuan (Rp1.000/push, harga saat ditulis) atau dalam bentuk paket. untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur push anda bisa baca disini.

2.Memanfaatkan Fitur Promoted Push Bukalapak ( Berbayar)

Selain fitur push bukalapak juga menawarkan fitur promoted push, untuk menampilkan produk jualan anda yang dipromosikan berada di beranda promoted product agar produk jualan anda lebih cepat ditemukan ketika para pengguna bukalapak mencari barang yang ingin dibeli.

Sistim promoted push dibayar berdasarkan klik pada barang yang anda jual, jadi ketika ada calon pembeli mengklik produk anda yang dipromosikan maka anda akan dikenakan biaya pada kisaran Rp. 200,- s/d Rp. 10.000,- tergantung ketentuan jenis barang yang diiklankan.

Untuk mempelari lebih lanjut tentang fitur promoted push anda bisa buka disini.

3.Iklankan Barang Jualan di Google

Google merupakn mesin pencari terbaik di dunia yang menguasai mesin pencari termasuk di Indonesia.

Salah satu keunggulan bukalapak adalah program bukaiklan google, ketika anda memutuskan untuk menampilkan produk jualan  di google maka bukalapak secara otomatis telah menyiapkan segala sesuatunya untuk tampil maksimal penanyangan di google, jadi kita tidak perlu lagi mencari atau meriset keywords untuk tampil maksimal bahkan desain iklan akan tampil luar biasa secara otomatis dan telah diatur secara profesional oleh bukalapak.

Untuk mengetahui lebih lanjut anda bisa baca disini.

4.Iklankan Barang Jualan di Facebook dan Instagram

Selain bukaiklan di google bukalapak juga menawarkan bukaiklan di facebook sehingga nantinya produk yang anda akan muncul di facebook feed dan intagram stories sesuai target konsumen yang dibidik.

Untuk mengetahui lebih lanjut anda bisa baja disini.

Selain menggunakan metode berbayar anda juga dapat memanfaatkan facebook anda untuk berpromosi jualan baik lewat kabar berita ataupun melalui grup jual beli dan juga memanfaatkan instagram anda untuk mendapatkan calon pelanggan dan anda giring ke lapak jualan anda di bukalpak.

5.Iklankan Barang Jualan di Blog Pribadimu.

Jika selama ini anda telah memiliki blog pribadi yang memiliki jumlah pengunjung lumayan banyak kenapa tidak anda manfaatkan untuk memajang iklan jualan anda yang ada di bukaapak?

Memanfaatkan blog yang memiliki trafik lumayan sangat berpotensi mendatangkan calon pembeli meskipun usaha anda masih relatif baru.

Blog sendiri juga gratis dan hasilnya bisa maksimal jika trafiknya cukup banyak apalagi jika topik blog masih sesuai dengan barang dagangan yang anda jual.

Anda bahkan tidak harus memanfaatkan ke lima metode promosi diatas, anda cukup memilih mana yang paling cocok dengan menyesuaikan budget yang anda miliki.

Jika usaha anda mulai banyak dikenal dan mendapatkan review memuasakan dari para pembeli maka secara otomatis pembeli lain akan datang mneyusul karena reputasi   jualan anda sangat baik dimata mereka yang ingin berbelanja di bukalapak.

Semoga Bermanfaat.

 

2 Comments on “Bagaimana Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku”

  1. Mungkin para penjual yang jual produknya di bukalapak belum mengenal bagaimana SEO. Karena yang saya lihat seo bukalapak tidak hanya dilakukan dalam internal bukalapak saja, melainkan para penjual juga harus sudah mengoptimasi toko onlinenya agar supaya banyak orang yang lihat atau biasa kita sebut sebagai traffic. Jika sudah ada traffic buatlah strategi agar orang tersebut betah di toko online kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *