Membuat Proposal Usaha

Cara Membuat Proposal Usaha

Jika ingin membangun sebuah bisnis yang baik dan memiliki visi, misi dan target pencapaian yang jelas maka proposal usaha menjadi salah satu syarat yang penting untuk dimiliki.

Disamping itu salah satu manfaat proposal usaha ini dapat digunakan untuk pengajuan permodalan terhadap investor.

Umumnya para investor akan menanamkan modalnya kepada usaha-usaha yang memiliki prospek bagus namun memerlukan tambahan dana untuk pengembangan usaha.

Nah, disinilah fungsi dari proposal usaha dimana akan ditulis secara rinci tentang prospek usaha yang akan ditinjau oleh investor sebelum menyetujui, dan menanamkan modalnya.

Bukan itu saja menyiapkan sebuah proposal usaha yang baik juga akan menjadikan kita lebih memahami tentang visi, misi, target pencapaian dan perencanaan bisnis yang akan dijalankan karena didalam sebuah proposal usaha akan berisi tentang berbagai materi penting tentang perkiraan modal, analisis SWOT, prediksi keuntungan, persaingan pasar dan berbagai kendala teknis yang bisa di tulis lebih rinci lagi.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menyusun proposal usaha untuk menjalankan bisnis yang sedang atau akan Anda rencanakan, berikut panduan singkat langkah-langkah cara membuat proposal usaha Anda.

1.Pendahuluan

Hal pertama yang harus Anda cantumkan dalam sebuah proposal usaha adalah memuat pendahuluan yang berisi tentang visi, misi dan tujuan bisnis yang Anda jalankan.

Dalam pendahuluan juga perlu dijabarkan alasan pentingnya usaha Anda karena berbagai aspek yang mendukung seperti kebutuhan pasar akan komoditi bisnis yang Anda ciptakan atau hal lain yang mendukung.

Anda juga mencantumkan target jangka panjang dari bisnis tersebut.

2.Profil Lengkap Bisnis Anda

Setelah selesai pada tahap pendahuluan, maka selanjutnya adalah mencantumkan profil lengkap bisnis yang meliputi;

  1. Nama badan usaha
  2. Nama merk produk atau jasa
  3. Alamat lengkap bisnis Anda
  4. Riwayat atau sejarah singkat bisnis Anda

Semakin lengkap profil bisnis yang Anda tulis maka ini akan semakin meyakinkan pihak investor jika usaha Anda digarap dengan serius.

Sehingga ini akan sangat berarti ketika Anda nantinya ingin mengajukan pengajuan penambahan modal.

3.Mencatat Struktur Organisasi

Dalam sebuah badan usaha tentu akan memiliki struktur organisasi, maka ketika Anda membuat proposal usaha wajib unuk mencantumkan meski usaha masih skala kecil sekalipun.

Nama pemilik usaha, kepala produksi, kepala pemasaran, kepala keuangan semua tertulis dan tersusun rapi dari posisi teratas.

Dalam struktur organisasi juga sebaiknya ada penjelasan profil  yang disertai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing jabatan.

4.Bentuk Badan Usaha

Bentuk badan usaha juga penting untuk dimasukan dalam proposal usaha yang Anda miliki.

Apakah usaha Anda merupakan milik perseorangan, atau mungkin merupakan cv dari beberapa pengusaha atau mungkin usaha Anda adalah usaha kecil milik keluarga? Penjabaran jelas atas kepemilikan juga penting untuk menegaskan siapa yag bertanggung jawab dan pemilik usaha tersebut.

5.Detail Produk atau Jasa

Dalam proposal usaha hal berikut yang wajib dijelaskan dengan rinci adalah tentang detail produk atau jasa yang dibisniskan.

Produk atau jasa yang dijual harus diperinci dengan memberi gambaran akan keunggulan yang akan diciptakan, dan juga sistim produksi ataupun sistim jasa yang akan dijalankan dengan cakupan yang jelas.

6.Target Pasar

Target pasar yang dituju pada produk atau bidang jasa yang ada harus dijelaskan dengan baik.

Dengan penargetan pasar yang jelas maka sebuah usaha atau bisnis dapat lebih fokus untuk meruncing pada produk atau jasa sesuai sasaran berdasarkan daya beli, minat, dan juga pada trend serta menganalisa segi persaingan yang ada.

Dengan target pasar yang lebih jelas maka akan memudahkan bagi Anda untuk meyakinkan investor jika menginginkan modal tambahan.

7.Analisa SWOT Pada Usaha Anda

SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat ) ini penting untuk dicantumkan juga dalam proposal usaha yang akan Anda buat.

Dengan mengetahui SWOT, yaitu berupa keunggulan, kelemahan, kesempatan dan juga ancaman yang bisa saja terjadi pada bisnis Anda maka ini akan membuat kita lebih siap ketika terjadi hal tak terduga sekalipun.

Perlu diuraikan lebih rinci tentang segala kemungkinan dari berbagai hal tersebut serta diuraikan rencana penanganan atau penyelesaian jika ada kemungkinan yang buruk, serta menjabarkan bagaimana cara memaksimalkan upaya pencapaian terbaik dari kesempatan yang ada.

8.Strategi Produksi, Promosi, Pemasaran

Dalam sebuah proposal usaha juga harus dijabarkan dengan baik dan lengkap bagaimana strategi usaha yanga akan dijalankan.

Bagaiamana sistim produksi yang efektif dan juga penjelasan lengkap strategi promosi dan pemasaran dengan baik.

Setiap penjabaran harus dilengkapi dengan analisa yang baik dan sebisa mungkin delengkapi contoh data pembanding.

Ini akan lebih meyakinkan kepada investor bagaiamana usaha Anda sudah direncanakan dengan baik dan matang.

9.Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan yang baik merupakan salah satu indikasi jika sebuah bisnis memiliki kedisiplinan dalam memperhitungkan arus kasnya.

Umumya investor atau orang yang memiliki modal akan lebih percaya kepada usaha yang manajemen keuanganya baik dan memiliki trend positif alias menguntungkan.

Dalam proposal usaha juga demikian, pastikan mencantumkan bagaimana manajemen keuangan usaha akan dijalankan.

Siapa yang bertanggung jawab, bagaiamana sistim pengambilan keuntungan berapa prosentasi batasan toleransi kerugian sebelum mengambil langkah penyelamatan keuangan dan sebagainya.

10.Penutup Proposal Usaha

Sebagai penutup Anda dapat menyimpulkan secara garis besar tentang tujuan dan target usaha yang dijalankan serta kata-kata optimis akan keunggulan dari usaha yang dijalankan.

11.Lampiran Proposal Usaha

Bagian terakhir adalah lampiran-lampiran yang berisi berbagai bukti penguat untuk meyakinkan jika usaha Anda benar-benar dijalanakan dengan serius dan baik.

Lampiran ini bisa saja berisi fotokopi berbagai dokumen, surat ijin usaha, dan juga foto para staff penanggung jawab jika diperlukan.

Semoga bermanfaat.