Analisa Usaha Ayam Joper 100 Ekor sebagai Usaha Sampingan

Membuka peluang bisnis usaha memang dapat memberikan janji untung yang luar biasa saat berhasil melalui banyak prosesnya, namun setiap orang harus pandai membaca peluangnya.

Salah satu usaha menguntungkan yang bisa dijadikan sebagai sampingan adalah beternak ayam joper, mengingat panennya bisa dilakukan dalam waktu singkat serta dalam jumlah yang cukup banyak pada tiap kali panen.

Ayam Joper merupakan anakan hasil persilangan dari ayam Bangkok jantan dengan ayam petelur betina.

Dagingnya memiliki cita rasa mirip ayam kampung dan produksi telurnya sangat cepat sehingga akan sangat menguntungkan jika Anda bisa memanfaatkan peluang untuk beternak ayam ini, cukup dengan jumlah 100 ekor saja bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Dan jika Anda merupakan seorang pemula yang masih dalam tahap ingin mengawali usaha ayam joper 100 ekor, maka jangan khawatir untuk gagal, karena penjelasan pada poin-poin di bawah ini bisa memberikan gambaran yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai analisa usaha ayam joper 100 ekor.

Siapkan Anggaran Untuk Modal Awal Usaha Ayam Joper

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk memulai melakukan analisis usaha ayam joper 100 ekor adalah dana atau biaya sebagai modal awal usaha.

Anda bisa menghabiskan dana tersebut untuk membeli bibit siap kawin maupun bibit yang siap untuk ditumbuhkembangkan secara pribadi.

Harga untuk kedua pilihan bibit tersebut kurang lebih sama, sekitar 400 hingga 700 ribuan untuk membeli sepasang indukan siap kawin ataupun bibit ayam joper yang masih berusia anakan kemudian dikembangkan sendiri.

Apabila Anda memilih bibit ayam joper anakan, maka bisa membeli 100 ekor yang masih berusia beberapa minggu dengan harga yang cukup murah, yakni 400 hingga maksimal 600 ribu.

Sementara untuk biaya tambahan lain-lain, seperti pakan, vitamin atau vaksin, serta pembuatan kandang, diperkirakan bisa menghabiskan kurang lebih sekitar 1.5 hingga 2 juta.

Maka total biaya modal awal yang harus Anda keluarkan yakni 2.5 jutaan.

Jadi, untuk mengawali usaha ini Anda disarankan memiliki modal awal setidaknya sebesar 2,5 juta untuk bisa mulai membangun usaha bisnis ayam joper 100 ekor ini.

Baca Juga: Cara Ternak Burung Jalak Suren Berpeluang Sukses

Mengurus Surat Izin Usaha Ayam Joper 100 Ekor

Saat mendirikan usaha peternakan tentu akan lebih baik jika dilegalkan untuk menghindari adanya hambatan atau resiko yang bisa saja terjadi di waktu mendatang.

Oleh karena itu, Anda bisa mengurus surat izin usaha untuk usaha ayam joper tersebut. Dengan begitu bisnis yang sedang Anda jalankan memiliki legalitas dan perlindungan hukum, meskipun sifatnya hanya dijadikan sebagai usaha sampingan.

Hal ini juga dilakukan untuk menghindari adanya penipuan atau kecurangan yang dilakukan oleh pihak lain yang menjadi saingan bisnis Anda.

Pastikan bahwa surat izin usaha tersebut diurus dengan segera agar bisa lebih leluasa dalam menjalankan ternak usaha ayam joper nantinya.

Pilih dan Tentukan Lokasi Strategis Usaha Ayam Joper 100 Ekor

Tempat yang baik bagi kandang ayam joper yakni jauh dari pemukiman, dan memilibi jarak kurang lebih 3 hingga 5 meter dari rumah.

Kemudian periksa lingkungan di lokasi yang akan didirikan kandang agar jauh dari hewan pemangsa, seperti tikus, ular, dan yang lainnya.

Sediakan penerangan dan udara yang cukup agar ayam-ayam joper bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Anda bisa mendirikan kandang yang di dalamnya diberikan lampu sebesar 5 watt, kemudian lampu tersebut diletakkan di tiap-tiap sekat di dalam kandang ayam atau menyebar.

Desain kandang dengan baik, dengan menyediakan penampungan untuk kotorannya di bagian bawah kandang.

Baca Juga: Inilah Cara Ternak Ayam Kalkun yang Tepat Bagi Pemula

Lakukan Analisa Pasar Terhadap Usaha Ayam Joper 100 Ekor

Setelah Anda memulai beternak ayam joper, selama merawat dan hendak mencapai masa panen, carilah sasaran pasar untuk menjual ayam joper 100 ekor milik Anda.

Jangan khawatir tidak laku, karena ayam joper hingga kini masih sangat banyak peminatnya. Anda bisa memasarkan ayam-ayam tersebut kepada para pihak yang membuka usaha kuliner atau industry produk makanan yang terbuat dari ayam.

Selain daging ayam, Anda juga bisa menjual hasil telurnya dengan mengawinkan indukan yang bisa menghasilkan anakan ayam joper berkualitas.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan sasaran konsumen dengan mudah karena hampir semua orang di sekitar tempat Anda, masih mengkonsumsi telur setiap harinya untuk berbagai keperluan berkaitan dengan hidangan makanan.

Persiapan Peralatan Perlengkapan yang Sesuai Untuk Usaha Ayam Joper 100 Ekor

Apabila Anda telah berhasil menemukan sasaran yang tepat serta mendirikan lokasi kandang yang tepat pula, selanjutnya Anda perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengawali usaha ayam joper 100 ekor ini.

Mulai dari peralatan sekaligus perlengkapan untuk mendirikan kandang, memberi pakan, mengatur penerangan, dan sebagainya.

Anda juga harus mempersiapkan peralatan seperti timbangan untuk mengetahui bobot ayam joper selama masa perkembangan, begitupun dengan telurnya.

Kemudian perlengkapan lain seperti baju pelindung untuk beternak, selang, dan yang lainnya.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Jawa Super Untuk Pemula

Mengenal Kriteria dan Karakter Ayam Joper

Selama mengembangbiakkan atau mengawinkan indukan ayam joper, Anda harus mengetahui karakter dan kriteria ayam saat sedang mengalami masalah seperti penyakit dan lain lain.

Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar hasil panen ayam joper berkualitas dan bisa meningkatkan permintaan pasar terhadap ayam joper.

Apabila Anda merupakan seorang pemula yang benar-benar tidak mengetahui hal apapun tentang peternakan unggas, khususnya ayam, sebaiknya carilah informasi dari para peternak yang sudah berpengalaman.

Anda bisa mempelajari dengan detail berbagai hal tentang ayam joper tersebut, kemudian mempraktekkannya secara nyata pada usaha ternak milik pribadi.

Anda juga bisa menjadikan peternak ahli tersebut sebagai relasi atau mitra bisnis Anda.

Tentukan Harga Ayam Joper Sesuai dengan Kondisi Pasar

Pada tahap selanjutnya, Anda mulai dapat menentukan harga pada ayam-ayam yang akan dipanen.

Caranya dengan mempertimbangkan kualitas ayamnya, bisa dilihat dari kesehatan si ayam, kemudian produktifitas ayam petelur, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan harga yang ada di pasaran terkait ayam joper ini.

Meskipun lebih murah dari ayam kampung, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan jika berhasil menjualnya dalam jumlah besar, oleh karena itu lebih baik jika mendapatkan konsumen yang sedang menjalani usaha di bidang kuliner yang makanannya terbuat dari ayam joper, mulai dari daging dan telurnya.

Daging ayam joper bisa dijual per kilonya dengan harga 33 ribu rupiah, jadi Anda bisa menghasilkan untung luar bias ajika berhasil menjual hampir 100 ekor ayam joper.

Analisis dan Prediksi Berbagai Resiko dan Hambatan Usaha Ayam Joper 100 Ekor

Setiap usaha membutuhkan analisis yang matang, terutama pada hambatan saat menjalankan prosesnya serta saat menghadapi resiko yang akan datang selama bisnis berjalan.

Sebagai peternak usaha ayam joper 100 ekor, Anda bisa mengamati tingkat sekaligus kondisi pada permintaan pasar, kemudian menganalisa berbagai persaingan yang pasti Anda hadapi mengingat banyaknya orang yang memilih peluang untuk beternak ayam joper.

Analisis yang Anda lakukan pada bisnis ini nantinya akan memberikan hasil bagi Anda untuk menjalankan strategi pengembangan bisnis sekaligus strategi bersaing yang tepat.

Caranya dengan mencatat secara detail berbagai hambatan yang pernah dialami saat pertama kali membuka usaha, mulai dari persiapan bibit hingga pengembangbiakan.

Selanjutnya cermati masalah apa yang sedang Anda alami, mulai dari penyakit pada ayam, dan sebagainya.

Setelah Anda mendapatkan informasi tentang hal tersebut, selanjutnya prediksilah resiko yang akan dihadapi di masa mendatang dengan tingkat masalah yang Anda hadapi sebelumnya.

Dari situ Anda pun bisa mendapatkan penjelasan tentang berbagai hal secara berkesinambungan, kemudian menentukan strategi atau langkah yang tepat untuk bertahan dan maju.

Baca Juga: Analisa Sederhana Usaha Ternak Ayam Potong

Lakukan Strategi Bersaing & Pengembangan Bisnis Efektif Pada Usaha Ayam Joper 100 Ekor

Seperti yang sedikit disinggung pada pembahasan di atas, bahwa strategi bersaing sekaligus pengembangan bisnis sangat perlu untuk dilakukan agar usaha bisa bertahan. Dan strategi yang tepat baru bisa dilaksanakan jika si pemilik usaha bisa menemukan berbagai permasalahan yang dialami mulai dari awal hingga akhir, serta mampu memprediksi berbagai resiko yang akan dihadapi.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai strategi bersaing dan mengembangkan bisnis secara efektif pada usaha ayam joper 100 ekor, seperti pada beberapa poin yang dibahas di bawah ini.

1. Anda bisa meningkatkan strategi pemasaran daging dan telur ayam joper 100 ekor ini kepada sasaran konsumen yang tepat.

2. Anda juga harus menjalin relasi yang kuat dengan berbagai pihak dan kalangan yang sangat potensial dalam memberikan keuntungan pada bisnis yang sedang dikembangkan.

3. Ketahui jaringan para peternak ayam joper untuk mengetahui perkembangan penjualan ayam joper.

4. Ikuti komunitas yang secara khusus diisi oleh berbagai pihak yang saling berbagi informasi tentang hal terkait ayam joper, mulai dari cara yang baik untuk beternak hingga panen, serta penentuan hasil keuntungan yang bisa didapatkan.

5. Jangan berhenti untuk memperkenalkan usaha Anda kepada warga di sekitar rumah atau lokasi peternakan ayam joper milik Anda. Buat mereka mengetahui kualitas dari hasil ternak tersebut.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Potong/Pedaging, Sukses Cepat Tanpa Kegagalan

Tips dan Kesimpulan

Melihat prospek yang bisa memberikan kepastian menguntungkan tentunya membuat Anda sangat berminat untuk menjalankan ternak usaha ayam joper 100 ekor ini, apalagi bisa dilakukan oleh para pemula dengan langkah yang cukup mudah sehingga banyak sekali peminat usahanya.

Dengan begitu Anda sebaiknya segera membuat keputusan dengan niat dan keyakinan untuk mencapai keberhasilan dalam usaha ini agar bisa bertahan dan mendapatkan keuntungan.

Cara yang tepat agar mendapatkan segala yang Anda harapkan saat menjalankan bisnis ini adalah dengan melakukan langkah-langkah atau cara yang sudah dijelaskan pada tiap poin seperti di atas.

Serta jangan pernah menyerah saat menghadapi beragam hambatan ketika baru saja memulainya, karena hal tersebut merupakan awal kesuksesan yang akan Anda peroleh saat memanen hasil ternak ayam joper 100 ekor ini.

Selamat mencoba dan pastikan langkah mengawalinya dilakukan dengan tepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *