Analisa dan Stategi Memulai Usaha Bengkel Las Paling Efektif

Meningkatnya kepadatan penduduk saat ini berdampak pada peningkatan kebutuhan akan rumah sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dengan banyaknya perkampungan dan perumahan baru yang sedang dibangun maupun pemukiman lama yang membutuhkan renovasi, maka peluang usaha bengkel las menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dijadikan solusi sebagai peluang bisnis masa kini.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pesatnya pembangunan dan pertumbuhan penduduk saat ini turut mendorong terbukanya peluang usaha bagi para pelaku bisnis baru atau pemain lama yang semakin mengembangkan ide-ide bisnis sesuai dengan peluang dan kesempatan yang ada.

Saat ini bengkel las banyak dicari orang untuk membuat dan mendesain rumah mereka dengan menggunakan jasa tukang las.

Hal ini dikarenakan berbagai kebutuhan dalam pembangunan rumah di suatu perkampungan ataupun perumahan pasti membutuhkan beberapa produk yang membutuhkan jasa bengkel las seperti misalnya pembuatan pagar besi, tralis, canopy, rolling door, tangga dan sebaginya. Jika Anda berniat membuka dan mengembangkan usaha bengkel las ini maka sebaiknya Anda mengetahui bagaimana Analisa dan strategi usaha ini.

 

Analisa dan Strategi Usaha Bengkel Las

Membuka usaha bengkel las khususnya untuk pembuatan pagar besi, tralis, canopy, rolling door, tangga dan konstruksi lainnya memang cukup potensial ketika masyarakat saat ini sudah semakin modern dalam memahami desain serta rancangan struktur dan aksesoris bangunannya.

Baik di desa maupun di kota, usaha ini semakin berkembang meskipun selalu bermunculan pengusaha sejenis.

Jika Anda tertarik, ataupun Anda memang memiliki kemampuan dalam bidang ini, membuka bengkel las dapat menjadi usaha alternatif yang memiliki prospek cukup besar bagi Anda, yang mampu memberikan keuntungan yang besar ditengah pembangunan yang terus berkembang dari tahun ke tahun jika dikembangkan dengan baik dan memiliki strategi yang baik pula.

Beberapa produk dari bengkel las yang paling diminati orang dan merupakan favorit bagi pemilik rumah baru, supaya rumah menjadi lebih aman dan nyaman, selain itu untuk membuat rumah menjadi terlihat lebih cantik dan artistic.

Produk bengkel las tersebut antara lain:

1. Pagar Besi

2. Teralis Jendela

3. Kanopi

4. Pintu Besi

5. Pintu Pagar / Gerbang

6. Railing Tangga

7. Railing Balkon

8. Tangga Putar

9. Pergola Tanaman

10. Konstruksi lainnya.

Kemudian untuk membangun usaha bengkel las ini, Anda perlu merencanakan beberapa strategi hingga matang.

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda jadikan sebagai referensi:

• Skill dan keahlian yang berkaitan dengan keterampilan mengelas besi yang tepat sangat diperlukan supaya hasil produk las di bengkel Anda bagus dan berkualitas sesuai dengan permintaan konsumen.

• Dengan memiliki usaha bengkel las ini Anda pastinya membutuhkan karyawan untuk membantu segala macam proses pekerjaan di bengkel las Anda, mulai dari memasarkan produk las, mengantar barang ke rumah konsumen, hingga yang paling utama adalah memasang produk sesuai dengan pesanan konsumen Anda.

Jadi usahakan memilih karyawan yang sudah memiliki pengalaman di bidang las ini, supaya pekerjaan menjadi lebih mudah dan ringan.

Jika Anda belum dapat membayar konsumen yang terampil, Anda bisa mengajak teman atau saudara Anda dahulu untuk dapat membantu pekerjaan Anda, latih mereka untuk dapat bekerja sesuai dengan bidang usaha Anda ini.

• Untuk memulai usaha ini, Anda perlu meluaskan jaringan sosial. Anda dapat memanfaatkan keluarga, saudara, dan teman sebagai ladang informasi Anda mengenai usaha ini, karena tidak menutup kemungkinan orang-orang disekitar Anda mengetahui informasi-informasi mengenai usaha bengkel las ini hingga peluang pasar.

Anda juga dapat menggali informasi dan pengetahuan dengan teman-teman Anda yang sudah berpengalaman di dunia bengkel las. Anda dapat membicarakan mengenai kondisi pasar, lokasi strategis, trik menarik calon pembeli, hingga promosi-promosi yang bisa Anda lakukan.

• Berikan selalu pelayanan terbaik Anda kepada semua konsumen. Sesuai dengan istilah ‘pembeli adalah raja’, jadi sebisa mungkin Anda sebagai penyedia jasa tetap melayani dengan ramah berbagai sifat konsumen Anda nantinya. Hal ini supaya konsumen merasa nyaman dan kemungkinan besar untuk menyewa jasa Anda lagi menjadi sangat besar.

• Anda juga dapat melakukan kerja sama dengan pemasok bahan-bahan yang Anda butuhkan. Anda dapat bekerja sama dengan lebih dari satu pemasok kebutuhan bengkel las Anda, tentunya bahan ini meliputi bahan yang akan Anda gunakan untuk memasang produk di rumah konsumen, seperti pagar besi, pintu, tangga dan lain sebagainya. Karena tidak menutup kemungkinan konsumen akan mencari tukang las yang juga menyediakan bahan-bahan utama.

Sebelumnya Anda dapat mencari di Internet informasi mengenai bahan yang bagus dan berkualitas serta banyak dicari konsumen, seperti bahan yang modern dan minimalis. Kemudian Anda lakukan kerja sama untuk pemasok kebutuhan bengkel las Anda nantinya. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih enak dan menghemat biaya. Usahakan sebelum Anda melakukan kerjasama dengan supplier ini melihat dahulu produk-produk mereka.

• Anda harus pintar-pintar dalam mematok harga yang diberikan kepada konsumen Anda. Usahakan jangan mematok harga yang terlalu tinggi namun juga jangan terlalu rendah. Anda dapat menyesuaikan dengan modal yang Anda gunakan dalam membuka usaha ini. Latihlah diri Anda untuk membuat perencanaan keuangan yang baik dan tertata. Usahakan mematok harga yang relatif dan dapat bersaing dengan kualitas yang baik tentunya.

• Anda juga dapat memberikan garansi 1-3 bulan dari las yang Anda kerjakan, hal ini untuk menghindari kekhawatiran konsumen terhadap hasil las Anda. Selain itu untuk melakukan persaingan dengan jasa bengkel las lainnya. Jika memang kualitas las Anda baik, bagus dan kokoh, maka Anda tidak perlu khawatir juga jika ada kerusakan dari pihak konsumen.

Baca Juga: Analisa dan Strategi Usaha Bengkel Sepeda Motor

 

Lokasi Ideal Usaha Bengkel Las yang Tepat

Pemilihan lokasi menjadi sangat penting dalam membuka sebuag usaha. Supaya bengkel las Anda nantinya ramai oleh calon konsumen, maka bengkel las dengan lokasi yang strategis akan sangat berpengaruh.

Selain lokasi yang strategis, usahakan mencari lokasi yang mudah dijangkau calon pembeli. Lokasi juga harus luas, untuk akses bahan baku dan barang pasokan bengkel las Anda.

Sebagai tambahan, untuk dapat membuka usaha ini Anda dapat memilih lokasi yang memiliki pertumbuhan penduduk tinggi seperti di wilayah perkotaan dan perkembangan wilayah juga tinggi, contohnya sering dibangunnya rumah-rumah baru, maupun perumahan, karena target utama usaha bengkel las ini adalah orang-orang yang membutuhkan jasa tukang las untuk rumah baru mereka, seperti memasang pagar besi, trails, tangga dan sebagainya

Carilah tempat yang jauh dari bengkel las sejenis. Apalagi jika bengkel tersebut sudah berkembang pesat dan memiliki pelanggan yang banyak dan sudah terbukti kualitasnya.

Hal ini akan sangat mematikan usaha Anda, karena orang akan lebih memilih tukang las yang sudah berpengalaman lama dan memiliki kualitas produk yang sudah terbukti kualitas dan produk las mereka.

Untuk Anda yang memiliki modal besar dalam memulai usaha ini dapat membeli tanah dan membangun bengkel sebagai pusat pekerjaan Anda.

Sedangkan jika memiliki modal terbatas, dapat menyewa lahan dan toko kosong yang sekiranya cocok dijadikan sebagai bengkel las ini. Hindari lokasi dengan pertumbuhan penduduk minim dan tidak adanya keinginan untuk menyewa tukang las.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Toko Aksesoris dan Sparepart Motor

Peralatan dan Modal Usaha Bengkel Las

Beberapa peralatan dan harga dibawah dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memulai usaha bengkel las ini.

Sewa lahan: Rp. 5.000.000

Mesin las listrik: Rp. 8.000.000

Mesin potong: Rp. 1.000.000

Gerinda: Rp. 500.000

Kompesor: Rp. 2.500.000

Bor listrik: Rp. 290.000

Daya listrik: Rp. 2.000.000

Peralatan lain: Rp. 500.000

 

Untuk memulai usaha ini tidak mesti harus komplit alat terlebih dahulu, anda bisa memulai dengan alat seadanya.

Jika modal yang Anda miliki tidak cukup anda bisa beli alat bekas terlebih dahulu sebagai langkah awal. Selain itu jika ada konsumen yang akan memperkerjakan Anda, Anda dapat menarik DP/ uang muka sebagai tanda jadi kontrak pekerjaan untuk belanja bahan baku.

 Baca Juga: Prospek Usaha Toko Sparepart Mobil

Strategi Promosi Usaha Bengkel Las

1. Promosi Secara Online

Melakukan promosi melalui sosial media menjadi peluang besar yang dapat Anda lakukan.

Pertama Anda dapat membuat akun sosial media untuk bengkel las Anda seperti instagram dan facebook, upload foto-foto produk las anda dan berikan sedikit penjelasan mengenai produk las Anda tersebut.

Selain itu Anda juga dapat menambah informasi mengenai bengkel Anda, produk las apa saja yang Anda sediakan dan jangan lupa mencantumkan kontak yang dapat dihubungi oleh calon pembeli Anda.

Langkah selanjutnya Anda dapat melakukan kerjasama dengan akun-akun yang sekiranya memiliki pengikut yang banyak dan akun khusus iklan jual beli, dengan cara memasang iklan mengenai bengkel las anda di akun-akun tersebut, lakukan promosi melalui sosial media lebih sering.

2. Promosi Secara Offline

• Pasang papan nama di depan bengkel, hal ini akan mempermudah konsumen dalam mencari dan menemukan bengkel las Anda. Usahakan papan nama bengkel las Anda yang besar dan dapat dibaca hingga jarak beberapa meter.

• Pasang banner di jalanan, Anda juga dapat memasang banner di jalan sebagai strategi promosi Anda, karena pasti akan ada orang yang membaca informasi dalam banner tersebut. Usahakan desain banner yang simpel dan cepat ditangkap oleh orang yang membacanya.

• Cetak dan sebar brosur, promosi dengan sebar brosur ini juga akan membuka peluang calon konsumen, karena dengan penyebaran brosur informasi mengenai bengkel las Anda akan cepat tersebar.

• Buat iklan di koran atau melalui radio. Usahakan iklan yang diberikan kepada masyarakat luas secara tepat dan cepat serta mudah diingat oleh calon konsumen.

• Dari mulut ke mulut, promosi ini adalah promosi yang paling sederhana, serta tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan promosi ini.

Cukup dengan bercerita kepada teman-teman Anda atau keluarga untuk mempromosikan usaha ini. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk menggunakan jasa Anda.

• Memberi diskon untuk pelanggan tetap, hal ini dapat Anda lakukan untuk membuat pelanggan Anda tetap setia menggunakan jasa Anda, sebagai contoh saja diskon ini dapat berupa gratis las 1x jika sudah menggunakan jasa sebanyak 6x.

Itu tadi analisa dan strategi memulai usaha bengkel las paling efektif yang dapat Anda terapkan, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *