16 Langkah Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan Agar Cepat Sukses

Cara Memulai Usaha Kecil-Kecilan

Cara Membuka Usaha Kecil-Kecilan

Banyak orang ingin berwiraswasta untuk mendapat penghasilan yang lebih baik,namun sayangnya tidak semua orang mampu menjalankan bisnisnya dan sukses.

Dalam sebuah bisnis sekecil apapun itu kita perlu belajar dan terus belajar agar bisnis kita sukses dan tumbuh,berikut 16 langkah untuk memulai usaha kecil dan menengah yang saya susun dari berbagai sumber:

1.Mantapkan Niat Dan Minat

Tidak semua orang merasa cocok dengan menjadi pemilik usaha kecil,sebelum melangkah lebih jauh yakinkan terlebih dahulu jika anda punya minat untuk mengelola usaha anda sendiri.Usaha yang tanpa didasari minat dan keyakinan diri yang kuat kebanyakan mudah tumbang ketika terjadi permasalahan.Inilah awal tips sukses bisnis anda nantinya.

 

2.Pengelolaan Keuangaan

Tips sukses berikutnya pelajari tentang pengelolaan keuangan karena ketika kita mencampur adukan uang kebutuhan pribadi/keluarga dengan uang dalam bisnis kita maka yang akan terjadi ketidak jelasan arus untung rugi bisnis anda nantinya.

Jangan berpikir untuk mendapatkan modal dari hutang atau bank

 

3.Tentukan Jenis Usaha

Ambil satu jenis usaha yang menurut analisa anda paling berpotensi berhasil,anda bisa melakukan pertanyaan kepada anda sendiri apakah anda tertarik bidang bisnis yang akan anda jalani,banyak bisnis sukses hanya dengan meniru bisnis orang lain dan menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan pasar,sesuatu yang unik dan kreatif menurut anda belum tentu laku di pasaran,akan lebih baik mengikuti keinginan pasar apa yang diinginkan pasar,apa barang yang paling dibutuhkan pasar itu yang bisa menjadi acuan penentu jenis usaha anda.

 

4.Pelajari Dan Analisa Anggaran Awal Anda

Mulai belajar menghitung dan menganilisa seluk beluk keuntungan dan kemungkinan kerugian dan bagaimana mengatasinya,tambah pengetahuan dengan banyak bertanya kepada orang-orang yang lebih menguasi usaha yang sejenis.

 

5.Jangan Berpikir Hutang

Sebuah bisnis pemula semestinya dijalankan dengan modal keuangan anda sendiri.Hanya ketika anda yakin bisnis anda telah kokoh dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan anda baru berfikir mendapatkan modal tambahan.

6.Berusalah Yang Terbaik

Dalam mengelola bisnis pertama anda ini,anda harus belajar banyak agar memperoleh keterampilan terutama pada awal-awal bulan pertama bisnis dijalankan agar pijakan bisnis anda kuat.

Apakah bisnis akan anda jalankan sendiri atau anda membutuhkan karyawan untuk membantu usaha anda,pastikan jika anda membayar karyawan dia adalah sosok yang tepat mengisi posisinya.

Sebagai contoh untuk karyawan yang bertugas lebih banyak mengangkat barang berat maka pilihlah karyawan pria yang bugar,dan pilihlah karyawan/karyawati wanita yang pandai berkomunikasi dan menarik ketika berhubungan dengan pelayanan pelanggan.

 

7.Promosi

Sebuah usaha tidak akan berjalan tanpa adanya angka penjualan,anda butuh pengetahuan bagaimana mempromosikan barang/jasa anda agar efektif dan mencapai sasaran konsumen.

 

8.Kelola Pelanggan Dengan Baik

Jika usaha  anda berhubungan langsung dengan konsumen,maka pelanggan anda adalah aset paling berharga seberapapun sibuknya anda usahakan pada tahun-tahun pertama anda berikan perhatian khusus terhadap kepuasan pelanggan.

Menghabiskan waktu dengan menjaring pelanggan serta menampilkan keramah tamahan anda serta sikap peduli dan membantu permasalahn pelanggan menjadi penting agar anda mendapat lebih banyak penjualan di masa yang akan datang.

 

9.Manjakan Pelanggan

Meningkatkan angka penjualan adalah tujuan sebuah bisnis,dan memiliki pelanggan adalah sumber dari penjualan dalam jangka panjang bisnis anda,namun untuk mendapatkan pelanggan yang setia bukan dengan cara menawarkan produk kepada mereka,memberikan pemecahan masalah terhadap keluhan pelanggan adalah hal yang lebih penting,sikap akrab dan toleransi terhadap perbedaan pendapat terhadap pelanggan perlu selalu ditingkatkan.

Pahami tentang keadaan pelanggan entah keadaan keluarga,kesehatanya dan tanyakan hal-hal tersebut ketika mereka kembali kepada anda,ingat baik-baik nama pelanggan anda agar mereka merasa menjadi pembeli yang dihargai panggil namanya dengan imbuhan bapak/ibu/adek,saat menyapa atau menanyakan kabarnya.

 

10.Jaga Kualitas

Tips sukses usaha selanjutnya adalah selalu ingat kualitas baik produk,layanan maupun harga,jangan sampai kualitas anda yang baik akan sirna hanya karena kelalaian dalam melayani pelanggan anda,anda akan butuh waktu yang cukup lama untuk kembali meraih predikat bisnis berkualitas jika anda melakukan kelalaian meski hanya sekali saja.

 

11.Perhatikan Arus Kas Usaha

Jangan sampai keuntungan anda habis untuk membeli kebutuhan yang kurang penting seperti pemasangan AC atau hal-hal semacamnya atau uang keuntungan anda habis untuk membayar karyawan,dan tagihan listrik,air dan telefon atau internet.Minimalkan pengeluaran bulanan anda untuk mendapatkan keuntungan anda.

 

12.Uji Dan Pelajari Hal Baru

Ketika bisnis anda berkembang dan berkeinginan mencoba memasukan produk yang sama sekali baru,pertimbangkan untuk bertanya pada yang berpengalaman dan melakuakan kajian ulang terhadap produk tersebut,mencoba sesuatu yang sama sekali baru tanpa pengetahuan yang baik terlalu beresiko alangkah baiknya mempelajari sebelum mengambil tindakan.

 

13.Distributor Adalah Raja Kaya Manfaatkan Sebaik-Baiknya

Jika usaha anda adalah penjualan maka distributor anda adalah mitra anda juga,perlakukan distributor seperti pelanggan anda juga.

Perlakuan yang baik serta kredibilitas anda dapat memberikan anda reputasi yang bagus dan bukan tidak mungkin ketika bisnis berkembang kita mendapatkan kepercayaan menjual barang mereka tanpa mengeluarkan modal di awal.

Jika ini terjadi anda serasa mendapat modal tambahan tanpa harus meminjam ke bankir.

14.Kuatkan Selalu Minat Untuk Belajar Terhadap Trend Pasar

Dalam usaha bisnis apapun akan ada perubahan trend.Anda harus selalu fleksibel terhadap perubahan trend,jangan sampai anda tidak siap karena produk yang ketinggalan trend akan ditinggalkan maka andalah sebagai pebisnis yang harus mengikuti trend pelanggan.

 

15.Fokus

Kerahkan segenap kemampuan anda untuk membangun usaha anda hingga benar-benar kokoh jangan berpikir memulai usaha baru lain sebelum bisnis pertama anda berkembang.

16.Terakhir Adalah Kejujuran

Selalu tanamkan kejujuran dalam bisnis anda baik terhadap pelanggan,karyawan maupun distrubutor anda,jangan lupa do’a juga sangat penting karena kita percaya akan kekuatan do’a.Mudah-mudahan tips sukses ini dapat memberi masukan buat kita.

Kesuksesan dalam menjalankan langkah untuk memulai usaha kecil dan menengah sangat bergantung pada keyakinan dan keteguhan,maka teruslah berjuang dan jangan menyerah.

Baca Juga:    

Jualan Jajan Keliling Lewat Facebook

Rahasia Jadi Karyawan dan Pengusaha

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan