Agus Riyanto 26 Maret 2017
tips mencari pekerjaan

Cara Mencari Lowongan Kerja Di Internet.

Google adalah mesin pencari terbesar didunia yang ada di internet,berbagai macam informasi dapat anda akses hanya dengan mengetikan kata kunci yang ingin anda cari kemudian klik,maka berbagai sumber informasi akan muncul di halaman pencarian google tersebut,kita hanya tinggal memilih informasi mana yang paling mendekati dengan keinginan.

Dari info memasak hingga info ilmu pengetahuan yang paling rumit sekalipun dapat anda ketikan dan google akan memberitahu kita hasil yang paling relevan dengan keyword yang dimaksud.Begitupun bagi para pencari kerja,google masih menjadi primadona sebagai mesin pencari untuk menghubungkan dengan informasi lowongan pekerjaan yang relevan.

Meski google secara fungsi sangat membantu mendapatkan tips mencari lowongan pekerjaan namun sayangnya google belum bisa memfilter dengan akurat mana info lowongan yang nyata dan lowongan yang palsu dan menipu,karenanya kita mesti hati-hati apabila mencari lowongan pekerjaan di internet.

Ketika anda menemukan informasi lowongan pekerjaan dan mendapatkan alamat emailnya,maka jangan sungkan untuk kembali menggunakan jasa google mencari informasi penyedia informasi lowongan tersebut,perhatikan alamat emailnya apakah memiliki domain dari perusahaaan tersebut atau hanya menggunakan email gratisan seperti gmail,yahoo mail dan sejenisnya.




Dari beberapa kasus banyak para penyebar lowongan palsu berusaha seolah-olah menggunakan website resmi dan alamat resmi namun ternyata itu hanya trik maka disarankan dengan baik-baik agar memperhatikan alamat tersebut dan mengecek kebenaranya lewat google atau forum tertentu yang relevan dengan pekerjaan yang sedang anda cari.

Baca Juga:

Bekerja Maksimal Malah Dibilang Cari Muka?

 

Persiapkan 7 Hal Penting Sebelum Berangkat Kerja Keluar Negeri

Secara umum cara mencari lowongan kerja  di internet untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan kemudian mendapatkan alamat yang bisa dihubungi seperti nomor telefon,alamat email dan alamat kantor.

Namun jika kita ingin melamar pekerjaan hanya dengan mengirim CV lewat email maka fokuskan pada pencarian pekerjaan yang relevan dan  alamat email yang anda cari  yang cocok sesuai keinginan anda.Sebagai contoh jika kita mencari pekerjaan sebagai perawat kesehatan,maka coba ketikan kata kunci di pencari google lowongan perawat kesehatan,maka akan banyak muncul tentang informasi lowongan perawat kesehatan,namun informasinya masih terlalu melebar kemana-mana sehingga tidak terlalu akurat.

Nah,jika target kita adalah mencari alamat email penyedia lowongan,kita perlu mengetikan kata kunci yang memancing google memberikan info lowongan kerja beserta emailnya.

Kita ambil contoh jika kita adalah seorang yang berprofesi sebagai pelaut,kemudian ingin mendapat informasi lowongan pelaut beserta emailnya maka coba kita ketikan dengan kta kunci sebagai berikut:Seaman jobs,please send your cv atau gunakan kata kunci pada pekerjaan yang lebih spesifik,sebagai contoh anda adalah seorang AB Seaman,maka bisa kita coba kata kunci di google sebagai berikut:AB Seaman vacancies,please send your cv dengan memasukan kata kunci yang lebih spesifik dan akurat maka hasil dari pencarian akan lebih mendekati dengan apa yang sedang kita cari.

Kita bisa mencari kata kunci lain sesuai target anda,namun kita tetap harus ingat,dunia internet banyak memberi informasi yang baik namun tidak sedikit yang memanfaatkanya untuk melakukan penipuan dan informasi hoax,jadi tetap berhati-hati itu penting.

Tinggalkan Balasan