Agus Riyanto 19 Maret 2017

Menjadi karyawan sekaligus pengusaha Bag.2

Ini sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya ketika seorang karyawan dengan pendapatan yang dirasa tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari maka hal yang perlu dipikirkan adalah mencari sumber penghasilan baru.

Sumber penghasilan baru bukan berarti harus meninggalkan pekerjaaan yang sudah ada,karena ditengah himpitan ekonomi meninggalkan tempat kerja yang sudah memberikan penghasilan tetap demi membuka sebuah usaha memiliki resiko yang tinggi jika usaha yang dijalankan tidak semulus bayangan kita.

Ketika saatnya nanti usaha yang kita geluti mampu memberikan penghasilan yang baik dan membutuhkan perhatian yang lebih baru kita bisa menjadian usaha kita sebagai penghasilan utama dan mempunyai pilihan untuk berhenti sebagai karyawan.

Baca juga bagian pertama:

Menjadi Karyawan Sekaligus Pengusaha

Menjadi Karyawan Sekaligus Pengusaha
Menjadi Karyawan Sekaligus Pengusaha



  • Minimnya angka penjualan/angka transaksi bisnis.
  • Beban Pengeluaran yang terlalu berat
  • Mental pemilik usaha yang kurang kuat dalam menghadapi semua tekanan tersebut.
  • Sebelum melangkah dan memulai sebuah bisnis ke tiga hal tersebut harus diperhitungkan dengan baik,bagaimana memaksimalkan angka transaksi pada awal-awal bisnis anda,pelajari dan praktekan dengan disiplin cara agar beban pengeluaran tetap terkendali hingga bisnis baru kita stabil.

    Terakhir adalah persiapkan mental dengan mengantisipasi segala kemungkinan terburuk dan mempersiapkan langkah yang akan diambil.

    Lemahnya mental skill menjadi penyebab terbesar pemilik usah tidak kuat menghadapi tekanan pada usaha baru,kerasnya tekanan dan masalahh yang bertubi-tubi banyak membuat pengusaha kehilangan fokus hingga memaksa mereka menyerah.

    Hal berikutnya adalah penguasaan marketing,hampir semua orang mampu membuka usaha baru tetapi tidak semua mampu menjual dengan baik,dengan kurangnya marketing skill maka bisnis baru akan mengalami angka penjualan buruk dan beban pengeluaran yang tak bisa ditawar membuat modal habis untuk menutupi pengeluaran.

    Hal lainya adalah kuasi strategi bisnis bidang anda dengan baik,kesalahan dalam penentuan jenis bisnis,tempat yang salah dalam menjalankan bisnis dan promosi yang tidak efektif juga menjadi penyebab bisnis jalan ditempat bahkan mundur.

    Dengan mempelajari semua aspek diatas kita akan lebih siap menghadapi segala kemungkinan.

    Jika bisnis berjalan dengan baik sesuai harapan ia adalah sesuatu yang indah dan semua orang akan dengan mudah menjalankan bisnis ke tahap selanjutnya yang lebih besar,disini kita mempersiapkan kemungkinan buruk dari berbagai aspek agar mental kita siap dan usaha kita mampu bertahan hingga mempunyai banyak pelanggan atau transaksi positif.

    Ketika bisnis mampu bertahan dalam waktu yang lama maka pengaetahuan pasar dan kebutuhanya semakin meningkat,jaringan dan orang-orang yang mendukung bisnis mempercayai kita,maka menjadi hal yang masuk akal bisnis yang mampu bertahan pada saatnya akan menjadi besar dan sukses.

    Ketika bisnis besar dan mampu menutupi kebutuhan dan membutuhkan perhatian lebih,memfokuskan menjadi pebisnis dan meninggalkan status karyawan bisa menjadi pilihan,atau tetap menjadi karyawan dan pengusaha tetap solusi yang aman dengan pendapatan yang lebih baik.

     

     

    Tinggalkan Balasan