Agus Riyanto 27 Maret 2017
Kapten Kapal
Bingung Memilih Jurusan SMK?
Pilih SMK Yang Memberi Harapan Cerah Jika Tidak Berniat Untuk Melanjutkan Kuliah.
Dewasa ini pendidikan menjadi faktor penting dalam upaya menjadikan generasi yang berkualitas,jika anda atau anak anda sekarang ini terkendala dengan biaya pendidikan dan hanya berencana untuk mengenyam pendidikan hingga tingkat menengah,mulailah rencanakan sejak dini sekolah apa yang akan memberi harapan cerah pada masa depan meski hanya sampai pendidikan menengah.
Nah jika anda mengharap pendidikan menengah yang mampu memberikan ketrampilan siap berkarir maka Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK adalah pilihan yang tepat.
Keunggulan SMK diantaranya memberikan anak didiknya ketrampilan siap kerja sesuai jurusan yang dipilih,untuk jurusan tertentu bahkan ketrampilanya bisa dijadikan modal dasar jika ingin menjadi seorang wirausaha.
Beberapa sekolah SMK akan saya kupas disini dan sedikit memberi gambaran agar bisa mempertimbangkan mana yang terbaik untuk masa depan.
Masih bingung memilih jurusan smk yang tepat?Berikut rekomendasinya.

1. Jurusan Pelayaran

SMK Pelayaran sebelumnya sekolah ini bernama SPM(Sekolah Pelayaran Menengah),Disamping mendapatkan ijazah SMK seperti pendidikan lainya lulusan dari pendidikan ini akan diarahkan untuk mendapatkan ijazah khusus yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan,setidaknya ada 2 jenis jurusan yang bisa dipilih yaitu tekhnik mesin dan nautika bahkan beberapa penyelenggara pendidikan ini ada juga yang menbambahkan jurusan tata laksana.

Jurusan tekhnik mesin akan dididik menjadi tenaga ahli dalam mengoperasikan mesin kapal dari perawatan hingga pengoperasianya,setelah berhasil mendapatkan ijazah resmi yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan maka mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang fantastik bukan cuma mimpi,terutama jika digunakan untuk bekerja di kapal-kapal asing jabatan yang akan diperoleh nantinya adalah menjadi Perwira Mesin dengan jabatan tertinggi Kepala Kamar Mesin dan menjadi atasan untuk seluruh kru kapal bagian mesin.

Sementara jika pilihan anda jatuh pada jurusan Nautika ijazah yang akan diperoleh dari Departemen Perhubungan adalah Ahli Nautika dengan ijazah yang dikeluarkan dari DepHub ini maka setiap lulusanya berpotensi menjadi nakhkoda kapal dan menjadi orang nomer satu di atas kapal,dengan gaji yang tinggi terutama jika mau berlayar di perusahaan asing.




 

2. Jurusan Tata Boga

Jika anda lebih memilih untuk bekerja dirumah atau berencana membuka bisnis kuliner jurusan tata boga bisa menjadi pilihan terbaik,jika belum berminat membuka bisnis sendiri jurusan ini memberi peluang lulusanya menjadi koki atau ahli masak di restoran atau hotel-hotel ternama yang belakangan ini makin mengalami perkembangan pesat.

 

3. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Komputer diprediksi akan menjadi alat wajib bagi setiap aktivitas bisnis di masa depan,itu kenapa sekolah SMK jurusan ini mempunyai kelebihan karena prospek yang cerah dan harapan mengembangkan karir atau membuka usaha sendiri semakin terbuka lebar,karena siswa Teknik Komputer dan Jaringan mempelajari cara merakit,pemeliharaan perangkat lunak dan keras dari komputer.

 

4. Jurusan Teknik Otomotif

Jika minat anda adalah otomotif,suka mengotak-atik kendaraan anda sendiri alangkah baiknya jurusn Teknik Mesin menjadi pilihan.Jika kita ahli dalam bidang banyak perusahaan otomotif atau bengkel terkemuka siap menampung lulusanya,modal ketrampilanya juga bisa dijadikan modal membuka usaha bengkel untuk menjadi wirausahawan.

 

5.Jurusan Farmasi

Mungkin ada yang belum tahu jika SMK juga ada jurusan farmasi,jurusan ini punya prospek yang baik karena banyak bidang yang membutuhkan lulusan farmasi mulai dari apotek,rumah sakit hingga perusahaan obat,kosmetik dan lain-lain.

Masih ada beberapa jurusan lain yang mungkin anda minati seperti SMK Penerbangan,dan lain -lainya.Pelajari mana yang menurut anda terbaik dan jangan sampai salah menentukan pilihan,demi masa depan.

Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini anda tidak lagi bingung memilih jurusan SMK yang sesuai cita-cita.

Baca Juga:

Mengenalkan Suka Membaca Kepada Anak Sedari Dini

 

Tinggalkan Balasan