Agus Riyanto 28 April 2017
Motivasi Diri Sendiri
Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Berwirausaha
Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Berwirausaha

 

Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Berwirausaha.Bekerja sendiri dengan berwirausaha atau menciptakan usaha baru adalah cara yang tepat untuk mendapatkan kebebasan dan fleksibilitas.Namun banyak orang menyerah karena banyak hal dan yang paling umum adalah menganggap membangun bisnis sendiri itu sangat sulit,sebagian lagi tumbang karena lemahnya mental dan semangat dalam menjalankan usahanya tersebut dan lemahnya motivasi diri sendiri

Meski faktanya berwirausaha jauh lebih menyenangkan dari pada bekerja kepada orang lain,namun kesulitan memulai dan menentukan ide serta menciptakan semangat saat memulai usaha membuat para penggiat bisnis terutama para pebisnis pemula makin loyo dan tidak bersemangat ketika usaha yang sedang dirintis menemui sandungan.

 

 

Baca Juga:

Kenapa Sulit Memulai Sebuah Bisnis?

 

 

Strategi Antigagal Dalam Memulai Bisnis

 

 

Rahasia Jadi Karyawan dan Pengusaha

 

 

Kali ini kita akan mencari tahu apa saja tips dan cara memotivasi diri sendiri dalam berwirausaha agar semangat anda tetap terjaga.Cara yang menurut saya efektif adalah dengan motivasi diri sendiri dan melatih agar target dan pencapaian selalu terukur dan jelas.

Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Berwirausaha agar semangat mencapai target selalu terjaga:

      1.Buatlah Gol

Membuat gol atau sasaran dalam setiap kegiatan merupakan hal penting agar kita selalu fokus pada apa yang kita kerjakan.Dalam bisnis atau sebuah usaha hal ini sangat disarankan,membuat sasaran pencapaian harian,mingguan,bulanan,bahkan sasaran jangka panjang,seperti apa usaha dan pekerjaan anda pada 10 tahun yang akan datang.

Menentukan gol juga harus diiringi dengan berbagai analisa dan persiapan pengambilan langkah jika target tidak seperti yang diharapkan.Sasaran/gol juga harus disesuaikan dengan kemungkinan target yang rasional,supaya sasaran lebih terukur dan kemungkinan tercapai lebih besar.



Sebagai contoh,jangan membuat target penghasilan 1 juta perhari jika usaha anda adalah bisnis pemula yang menjual es krim di lingkungan sekolah dasar.Artinya bisa saja suatu saat anda menargetkan 1 juta perhari ketika bisnis anda mulai mengalami kemajuan,namun target jangka pendek harian saat ini harus disesuaikan dengan sumber potensi konsumen.

  2.Selalu Ingat

Setelah menentukan sasaran/gol target anda langkah selanjutnya adalah berusaha selalu ingat apa yang telah ditargetkan.

Kita bisa membuat catatan khusus tentang target bisnis atau bisa juga membuat poster menarik yang anda pasang di tempat yang paling sering kita temukan,bisa saja di dinding kamar,di ruang kerja atau di tempat-tempat tertentu yang sangat mudah dilihat dan ditemukan.

Pada banyak perusahaan besar pun mereka menempatkan paster-poster tentang target dan tujuan perusahaan di tempat karyawanya bekerja,mengenalkan karyawanya agar tahu apa visi misi dan sasaran perusahaanya.

Maka sebagai pekerja yang sedang memulai pekerjaanya untuk kepentingan usahanya sendiri pun sah sah saja melakukan hal demikian.

  3.Meminta Bantuan Kepada Yang Ahli

Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika anda mulai menemukan masalah dalam upaya pencapaian target adalah dengan meminta bantuan kepada yang ahli atau orang yang telah lebih sukses dari anda.

Sangat umum kesalahan atau kegagalan mencapai target yang bertubi-tubi akan sangat berimbas pada kendornya semangat dalam memotivasi diri.

Meminta bantuan kepada ahlinya adalah hal yang sangat efektif,jika memungkinkan bisa saja mengikuti pelatihan pada bidang bisnis yang sesuai,sambil konsultasikan permasalahan yang dihadapi.

  4.Berpikir Positif

Meski sangat gampang diingat ternyata berpikir positif tidak mudah,ketika usaha mengalami kemunduran target selalu tidak tercapai maka berpikiran positif menjadi hal yang sulit diwujudkan.

Karenanya penyadaran diri akan pentingnya berpikir positif diharapkan dapat membantu menjaga sikap positif ini.Selalu belajar dari masalah yang dihadapi dan pendekatan serta do’a sesuai kepercayaan dapat membangkitkan sikap ini lebih baik.

  5.Jaga Kebugaran Dan Kesehatan

Untuk memiliki motivasi yang kuat kondisi tubuh yang fit menjadi faktor penting,karena itu penanaman kebiasaan hidup sehat dan olahraga yang teratur sangat dianjurkan.




Karena fisik yang loyo dan sakit-sakitan akan sangat berpengaruh pada produktivitas dan sangat mengganggu pencapaian target usaha atau pekerjaan anda.

  6.Istiratlah

Jika dalam aktivitas pencapaian target mengalami gangguan serta konsentrasi pemecahan masalah terganggu,maka jangan sungkan ambil istirahat untuk menenangkan pikiran anda.

Karena itu siapkan anggaran khusus untuk kasus seperti ini,anggaran tersebut bisa digunakan untuk memanjakan diri.

Kita bisa berwisata sesuai dana yang ada bisa bersama keluarga atau bahkan mengajak karyawan anda agar mereka juga lebih fresh.

Semoga Kita Bisa Motivasi Diri Sendiri dan Menjaga Ritme Usaha Kita dengan Penuh Semangat dan Mencapai Target Kita,Amin.

 

Tinggalkan Balasan