Agus Riyanto 3 September 2017

Mandi Disungai Bersama Buah Hati

Masih teringat dulu puluhan tahun yang lalu,kegembiraan musim kemarau mandi di sungai bareng teman sebaya kala itu.

Sesuatu kegembiraan anak desa yang barangkali mulai terdengar aneh di anak jaman digital sekarang ini.

Bermain sembunyi batu di kedalaman sungai yang jernih,rasanya begitu riang gembira.

Permainan yang murah dan bahkan tanpa biaya.

Kini setelah sekian lama kenangan itu bangkit kembali,rasanya ingin sekali memperkenalkan hal semacam ini kepada buah hati tercinta.

Disamping sangat baik untuk kesehatan karena aktivitas luar ruangan,mandi di sungai jernih akan menambah kecintaan kita pada alam.

Saya sendiri secara pribadi sangat mencintai kegiatan yang dapat memberi manfaat bagi buah hati dengan banyak memeperkenalkan permainan klasik daripada terus-terusan bermain game di gadget atau menonton televisi yang akan membuat anak-anak cenderung monoton.

Mungkin tidak bisa seperti jaman era tahun 90an,namun setidaknya bisa memberi anak-anak pelajaran mencintai lingkungan dan bergembira dalam kurun seminggu atau 2 minggu sekali.

Beberapa manfaat yang menurut saya bisa kita dapatkan dengan mengajak anak kita bermain dan mandi bareng di sungai antaranya adalah.

Manfaat Bermain Dan Mandi Bareng Di Sungai Bareng Buah Hati



1.Wisata Gratis

Jika keluarga kita termasuk orang yang jarang melakukan aktivitas ini mandi bareng di sungai bisa di jadikan sarana wisata gratis keluarga yang cukup menggembirakan.

Tentu kita harus memilih sungai yang jernih dan bebas polusi.

Sungai seperti ini masih banyak dijumpai di daerah-daerah pedesan,jadi coba ingat-ingat masa kecil dimana anda dulu bermain di sungai seperti ini.

Kalau tidak coba cari referensi teman atau saudara yang dekat dengan sungai-sugai alami.

Hal penting lain harus pastikan jika sungai tersebut harus aman untuk anak-anak,bukan sungai yang keruh dan memiliki potensi banjir.

Sungai-sungai di daerah pegunungan memiliki panorama yang indah dan juga bebatuan yang sangat eksotis coba cari hal semacam ini di daerah terdekat.

2.Mencintai Alam

Memperkenalkan anak kita mencintai alam dan menjaga kelestarianya merupakan amalan mulia.

Sungai yang bersih dan nuansa alami bisa memberikan rasa kecintaan dan menambah rasa syukur kepada Tuhan atas keindahan alam sekitar.

3.Menjaga Kebugaran dan Kesehatan

Dengan aktif bermain diluar ruangan maka secara otomatis memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan fisik termasuk anak-anak kita.

Kegiatan yang menguras energi dan menyenangkan seperti ini secara tidak langsung telah mengaktifkan anggota tubuh berolahraga.

Bergerak dan ceria dapat memberikan efek semangat dan menambah kebugaran.

4.Menambah Keharmonisan Keluarga




Bermain bersama-sama keluarga pada kegiatan seperti ini juga akan makin memupuk kedekatan emosional antara anggota keluraga,percayalah kenangan-kenangan yang diciptakan dari aktifitas seperti ini akan bertahan lama bahkan tak terlupakan.

Ini sangat bagus untuk menambah keharmonisan dan kerukunan antara anggota keluarga.

Jadi daripada hanya memperkenalkan permainan yang membuat anak jadi egois seperti bermain game di tablet,bermain mandi bareng di sungai seperti ni akan memberikan efek baik bahkan untuk jangka panjang.

Karena kenanganya bakalan selalu diingat hingga tua.

5.Belajar Berenang dan Tidak Takut Air

Jika kita bermain di sungai yang cukup dalam bahkan cara ini dapat memperkenalkan anak kita belajar berenang,dan menghindari fobia terhadap kedalaman air.

Namun sekali lagi orang tua harus memastikan memilih lokasi yang aman,hindari sungai dengan arus deras.

Akan lebih baik jika mandi di daerah pegunungan yang memiliki sumber langsung dari mata air.

Bahkan di banyak daerah di Indonesia banyak air sungai yang memiliki sumber air panas.

Meski sebagian besar aliran mata air dan sungai yang memiliki sumber air panas seperti ini telah di jadikan tempat wisata.



Namun jika tempat wisata itu cukup menarik dan masih terjangkau bukan hal yang berlebihan jika kita mengajak keluarga bermain disana.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi keluarga kita untuk memberikan contoh dan ide kegiatan wisata murah bermanfaat bagi kita dan keluarga.

Silahkan tinggalkan komentar dan tekan tombol berbagi di sosial media anda di bawah ini.

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI HINYONG.COM

Tinggalkan Balasan