Agus Riyanto 4 September 2017
Keluarga Bahagia

Keluarga bahagia adalah dambaan setiap insan manusia sejak dari awal membina rumah tangga.

Banyaknya harta benda belum tentu dapat menciptakan suasana rumah tangga bahagia.

Meskipun banyak yang berpendapat jika materi banyak mempengaruhi kesejahteraan rumah tangga,namun pada hakikatnya semua kembali terhadap rasa syukur kita sebagai salah satu syarat menciptakan suasana bahagia di sebuah keluarga.

Tuntutan terhadap materi tidak pernah akan ada habisnya,selama jiwa di kandung badan maka selama itu pula materi dan kekayaan terus menjadi bahan pembahasan yang tidak pernah tercukupi.

Menyikapi hal itu maka jika kebahagian keluaga selalu dikaitkan dengan banyaknya materi dan kekayaan maka akan semakin sulit dan semakin jarang sebuah keluarga dapat mencapai tujuan dalam mewujudkan rumah tangga bahagia.

Materi dan kekayaan yang mampu kita capai memang akan memudahkan kita dalam mewujudkan banyak tuntutan keinginan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Namun bukan berari kita harus kaya raya untuk mewujudkan keluarga bahagia.

Kemiskinan adalah sesuatu yang buruk,kita perlu memerangi kemiskinan dengan terus memaksimalakn usaha dalam mencapai mimpi kita.

Namun begitu mendewakan harta sebagai ukuran sebuah kebahagian,merupakan hal yang keliru.

Penting kita selalu memahami arti kebahagian pada sebauah keluarga untuk menghindari kesalahpahaman akan tujuan utama membina sebuah rumah tangga.


Apakah sebuah keluarga akan merasa bahagia jika selalu di penuhi dengan pertengkaran?tentu keluarga yang selalu cekcok tidak bisa dikategorikan bahagia meskipun jika mereka memiliki harta yang berlimpah.

Coba bandingkan dengan keluarga dengan materi pas-pasan namun mereka hidup rukun dan saling menghargai,tentu kita bisa mengatakan jika keluarga seperti ini bisa disebut keluarga bahagia jika dibandingkan dengan keluarga banyak harta namun setiap hari mengumbar amarah dan saling menebar kebencian.

Memang betul akan jauh lebih baik jika kita kaya raya dan hidup rukun,saling pengertian dan selalu menjaga satu sama lain.

Namun jika tidak mampu menggabungkan ke duanya maka minimal target yang bisa dicapai adalah hidup rukun dan penuh pengertian satu sama lain terlebih dahulu.

Karenanya kali ini akan kita urai bagaiman agar kita bisa mencapai kebahagian meskipun harta benda belum bisa kita capai dan belum pantas disebuat kaya raya.

Tips Agar Keluarga Bahagia

1.Jaga Kesehatan dan Keselamatan

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting demi mencapai target sebuah keluarga bahagia.

Makanya harus selalu menjadi target utama bagi seluruh anggota keluarga menjaga kesehatanya.

Karena jika ada satu saja anggota keluarga yang bermasalah dengan kesehatanya maka dipastikan akan membuat anggota keluarga ikut terbebani,ikut sedih dan akan menjauhkan dari tujuan menciptakan kebahagian.

Disamping menjaga kesehatan kita juga wajib selalu menjaga keselamatan kita.

Dalam bekerja,maupun dalam kegiatan sehari-hari selalu utamakan keselamatan termasuk ketika bepergian dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contoh yang bisa kita terapkan untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan.

-Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu faktor penting yang harus selalu diingat demi menjaga kesehatan kita.

Dari menjaga kebersihan badan kita,lingkungan rumah kita sampai menjagai kebersihan dan higienitas makanan yang setiap hari kita konsumsi.

Banyak penyakit yang menjangkiti manusia lantaran gagal menerapkan hidup bersih dan higienis.

Diare,Muntaber penyakit Demam Berdarah hingga penyakit kulit dan berbagai macam penyakit pernafasan berawal dari sini.

-Olahraga dan Aktif

Orang-oang yang banyak menghabiskan waktnya tanpa melakukan banyak pergerakan akan cenderung rawan terhadap serangan berbagai penyakit.

Berbagai macam penyakit ringan hingga berat selalu mengintai,dari kelebihan berat badan hingga kemungkinan serangan jantung.

Karena itu jika kita termasuk orang-orang yang keseharianya lebih banyak berdiam diri seperti mereka yang bekerja di perkantoran atau mereka yang lebih banyak menghaiskan waktuya di depan komputer,sebaiknya selalu melakukan olahraga secara teratur.

Olahraga yang teratur sanagat baik bagi kesehatan,organ tubuh lebih aktif dan juga mencegah kelebihan berat badan.

Olahraga teratur juga disebut-sebut sebagai cara terbaik menurunkan berat badan,karena kesalahan memilih metode penurunan berat badan seperti mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk membakar lemak bahkan bisa jadi akan menimbulkan efek berbahaya lainya.

-Utamakan Keselamatan

Keselamatan anggota keluarga merupakan hal penting yang selalu harus di beri perhatian.

Saling mengingatkan satu sama lain dalam menjaga keselamatan bekerja,berkendara bahkan di lingkungan rumah.

Selalu cek kelayakan kendaraan sebelum berangkat kerja ataupun kegiatan lainya.

Memakai sabuk pengaman bagi pengendara mobil dan mengenakan helm dengan baik serta jaket untuk menghindari masuk angin.

Selalu juga diingat agar anggota keluarga di bawah umur untuk tidak diberi ijin mengendarai kendaraan bermotor.

Mengutamakan keselamatan jauh lebih penting daripada menyesal jika sesuatu yang tidak diinginkan menimpa anggota keluarga tercinta.

2.Saling Peduli Antar Anggota Keluarga



Meski terlihat sepele memberikan kepedulian terhadap semua anggota keluarga merupakan satu sikap yang sangat baik demi menjaga kebahagian keluarga.

Suatu saat mungkin anak kita membutuhkan perhatian lebih karena kesehatanya agak terganggu,berikan kelonggaran agar menikmati waktu istirahat lebih banyak.

Memngantar berobat dan sebagainya.

Begitupun ketika istri atau suami sedang di hadapkan dengan masalah pekerjaan yang sulit atau mendapat kegagalan dalam suatu pencapaian,sebagai pasangan yang baik harus memberikan dukungan agar selalu semangat dan menghindari menyalahkan dirinya sendiri.

Jika memungkinkan berikan solusi atau jika tidak mampu minimal beri dukungan moral agar segera pulih dari setiap permasalahan.

3.Berikan Perhatian dan Persembahkan Kasih Sayang Yang Tulus.

Perhatian sangat berarti bagi sesama anggota keluarga agar tercipta suasana harmonis,perhatian yang tulus akan lebih berharga dibandingkan memberikan materi tanpa memberikan anak-anak perhatian yang cukup.

Kesibukan bekerja bukan berarti melepaskan diri dari kegiatan dan perhatian keluarga,selalu atur waktu untuk keluarga di rumah.

Anggota keluarga yang diberi perhatian akan merasa lebih nyaman tinggal di lingkungan keluarga tersebut dan akan menikmati hangatnya kebersamaan bersama keluarga.

Perhatian yang tulusjuga merupakan bentuk dari kasing sayang,yang akan mengikat jalinan batin antara anggota keluarga.

4.Mengerti Hak dan Kewajiban

Pentingnya mengerti akan hak dan kewajiban anggota keluarga akan mencegah perselisihan.

Sebagai contoh kecil,seorang ayah memiliki hak untuk memberikan nasehat kepada anggota keluarganya namun sebagai kepala keluarga seorang ayah juga memiliki kewajiban memberikan contoh yang baik dalam bertingkah laku maupun bertutur kata,dan juga memiliki kewajiban untuk mencari nafkah demi menghidupi keluarga.

Sementara seorang isrtri memiliki hak untuk mendapatkan uang belanja namun sebagai istri juga memiliki kewajiban mengasuh dan mendidik anak dengan baik.

Dengan mengerti dan menerapkan hak dan kewajibanya diharapkan suasana keluarga lebih baik dan terhindar dari perselisihan.

5.Ciptakan Kebersamaan Yang Menyenangkan

Sebuah keluarga yang bahagia sudah semestinya memiliki saat kebersamaan yang menyenangkan,namun jika orang tua memiliki kesibukan yang sangat padat ini akan menyulitkan berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Namun begitu usahakan memberikan jadwal disela-sela kesibukanya dalam pekerjaan untuk memiliki waktu bersama keluarga.

Pada akhir pekan atau hari libur lain manfaatkanlah untuk membuat acara-acara kecil bareng keluarga,entah sekedar jalan-jalan ke kota bersama,atau membuat acara memasak rame-rame bareng keluarga dan sebagainya.

6.Makan Bersama dan Ibadah Bersama

Meskipun kelihatan sepele acara makan bersama keluarga yag dilakukan secara rutin akan membangkitkan rasa keterikatan yang lebih baik.

Makan pagi dan makan malam umumnya merupakan acara makan bersama yang tepat karena seluruh anggota keluarga berada di rumah.

Kegiatan lainya adalah melakukan kegiatan ibadah bersama,bagi yang muslim melakukan sholat berjamaah bersama seluruh anggota kelurga setiap waktu pasti akan memberikan dampak psikologis yang sangat baik yang akan memberikan rasa tenang dan rasa syukur dalam keluarga.

7.Beri Ucapan dan Hadiah



Pada momen-momen tertentu berikanlah ucapan dan kado kecil seperti pada perayaan ulang tahunya atau mungkin memberi selamat ketika anak mendapatkan prestasi di sekolah.

Juga memberi selamat pada hari pernikahan orang tua kita dan sebagainya.

Hal-hal semacam ini akan meningkatkan rasa harga menghargai antar sesama anggota keluarga,dan sangat baik bagi kerukunan keluarga.

8.Menjaga Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang baik antar keluarga sangat diperlukan untuk memastikan semua anggota keluarga dalam keadaan baik.

Jika pada jam makan siang tidak ada salahnya mengirimkan pesan singkat kepada suami atau mungkin anak yang sedang melakukan perjalanan pulang.

Mengingatkan waktu makan,waktiu sholat ataupun mengingatkan anak agar hati-hati di perjalanan pulang.

Disamping meberikan kedekatan batin yang makin baik ,cara ini berguna untuk memastikan anggota keluarga dalam keadaan sehat dan selamat.

Usahakan memiliki nomer telfon atau mungkin akun sosial media seluruh anggota keluarga agar semua anggota keluarga dapat selalu terhubung.

9.Selalu Menjaga Nama Baik Keluarga

Sebuah keluarga bahagia identik memiliki nama baik di lingkunganya.Kesadaran akan pentinnya nama baik sebuah keluarga harus benar-benar dipraktekan setiap anggota keluarga.

Dengan memahami pentingnya nama baik setiiap anggota keluarga berkewajiban untuk saling mengingatkan jika ada yang telah melakukan kesalahan.

Orang tua berhak memberi wejangan atau nasehat agar anak-anaknya tidak salah dalam bergaul,tidak terlibat kenakalan remaja dan hal-hal negatif lainya.

Sementara sebagai anak berkewajiban untuk selalu berbuat yang terbaik dan menghormati orang tua sebagai orang yang telah memberikan pengasuhan dari lahir.

10.Ucapkan Cinta




Bagi sebagian keluarga mengucaptan kata-kata cinta di sela-sela kesibukanya akan terasa risih,dan malu.

Namun bagi mereka yang terbiasa hal ini akan memberikan efek yang sangat baik sebagai bentuk perasaan cintanya terhadap semua anggota keluarga.

Mengucapkan cinta atau sayang kepada suami atau istri dan buah hati kita,bisa memompa semangat kebersamaan dan memberi dorongan mental ketika di landa berbagai persoalan hidup.

Cara ini juga akan meningkatkan kedekatan emosional antara anggota keluarga.

Nah,jika anda dan anggota keluarga tidak terbiasa cobalah dari sekarang dan rasakan hasilnya.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi sedikit inspirasi kepada pembaca.

Silahkan klik tombol berbagi di bawah.

TERIMA KASIH TELAH MELUANGKAN WAKTU BERSAMA HiNyong

Tinggalkan Balasan