Agus Riyanto 20 Juni 2017

Kandungan Gizi Kulit Buah Mangga.

Meski dianggap hanya sampah ternyata kandungan gizi dari kulit mangga tidak perlu diragukan.

Jadi apakah artinya mengkonsumsi kulit mangga yang natabene dianggap sampah itu baik buat tubuh?

Setidaknya ada beberapa sumber yang saya anggap terpercaya dari berbagai artikel di internet yang membenarkan hal tersebut.

Bagaimanapun admin menyarankan agar lebih menggali lebih jauh tentang pembahasan ini kepada pakarnya jika ingin mengaplikasikan informasi ini dalam kehidupan.Segala kebaikan atau keburukan menjadi tanggung jawab anda sendiri.

Nah berikut fakta yang saya temukan tentang manfaat kulit mangga.

Buah mangga merupakan buah yang sangat populer di seluruh dunia dan banyak dijadikan buah favorit karena rasa dan tekstur mangga sangat lezat dan aman bagi pencernaaan.

Namun begitu masih sangat sedikit yang menyadari bahwa disamping manfaat daging buah mangga yang sangat baik buat menjaga kondisi tubuh karena kandungan vitamin c nya,ternyata kulit buah mangga juga mengandung nillai gizi dan vitamin yang tinggi.

Berikut adalah kandungan gizi kulit buah mangga.

  • Vitamin A,ini di kenal sebagai vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin C,dipercaya dapat membantu memulihkan penyembuhan luka,merangsang pertumbuhan yang baik serta sebagi zat anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas.
  • Serat,kandungan serat pada kulit mangga sangat baik,fungsi serat bagi tubuh adalah mampu menjaga pencernaan makanan makin baik.

Disamping kandungan diatas saya juga menemukan beberapa kajian dimana kulit buah mangga dapat menurunkan kolesterol pada tubuh dan menurunkan resiko kanker.

Namun demikian dari sekian banyak artikel saya juga menemukan fakta bahwa manggga mengandung uroshiol yang tidak bersahabat bagi tubuh.

Bagi yang sensitif terhadap uroshiol ini dapat berakibat pada alergi kulit seperti gatal-gatal.

Kabar baiknya uroshiol pada mangga lebih cenderung terdapat pada getah dan batangnya.

Karena itu pilihan buah mangg yang benar-benar matang adalah cara menghindari kasus alergi ini.

Jika masih ragu apakah anda sensitif dan alergi terhadap kandungan uroshiol yang ada di kulit mangga maka ada cara yang cukup mudah untuk melakukan pengetesan.

Pegang buah mangga yang belum dikupas atau tempelkan pada kulit tubuh kita,jika anda merasa baik-baik saja dan tidak ada reaksi itu artinya anda aman dan tidak alergi terhadap kandungan kulit mangga tersebut.

Sebenarnya urishiol merupakan kandungan yang umumnya terdapat pada getah tumbuhan untuk bertahan hidup dari serangan serangga,hama dan sebagainya.

Namun kalau kita tidak sensitive terhadap zat ini ada artikel yang mengatakan zat ini aman meski anda mandi dengan urishiol.

Lanyas jika kita yakin hendak mengkonsumsi kulit buah mangga karena manfaat dan nutrisinya,apakah kita harus memakan potongan-potongan kulit mangga tersebut langsung dari kupasan?

Tentu cara seperti itu sangat tidak enak ya,hal pertama karena kulit buah mangga mempunyai rasa yang pahit dan lebih sulit dikunyah,dibandingkan dengan daging buahnya yang manis dan lunak.

Ada beberapa trik aman agar kita bisa memanfaatkan kulit buah mangha tanpa menyiksa diri.

  • Makan mangga dengan kulitnya tanpa dikupas,metode adalah cara paling sederhana,namun perlu diingat pilihlah mangga yang betul matang dan memiliki tekstur kulit yang tipis.
  • Potong dadu atau menurut selera buah mangga tanpa dikupas kemudian campurkan pada es bisa juga dibuat sop buah atau bagi yang suka rujak,makan sebagai rujak buah adalah cara yang lebih enak karena ada bumbu pedas dan manis yang otomatis menetralisir rasa pahitnya.
  • Kita juga bisa membuat asinan atau manisan dari kulit buah mangga bisa juga dijadikan keripik kulit buah mangga.

Atau anda bisa membuat percobaan lain dan memanfaatkan kulit buah mangga sebagai makanan ringan yang sehat,atau bisa dijadikan ide bisnis jika berminat.

Hal yang perlu diingat buah mangga yang paling baik adalah buah yang bebas pestisida artinya pilihlah buah organik tanpa adanya pestisida.

Jika kita ragu maka sebaiknya cuci dahulu buah mangga dengan baik untuk memastikan kulit buah mangga itu aman untuk dikonsumsi.

Semoga bisa memberi inspirasi bagi yang memerlukan.Dari berbagai sumber.

 

 

Tinggalkan Balasan