Agus Riyanto 20 Juni 2017

Ingin Sehat dan Bahagia Selama Lebaran,Ketahui Hal Penting Ini.

Lebaran merupakan salah satu momen indah yang ditunggu-tunggu bagi para kaum muslimin.

Setelah menjalani ibadah puasa satu bulan penuh,menahan lapar dan haus pada masa aktivitas sehari-hari,maka penyambutan lebaran jadi semakin seru.

Acara bersama keluarga tercinta yang kebanyakan hanya di lakukan setahun sekali ini menjadi momen istimewa.

Yang merantau nan jauh di seberang dibela belain mudik ke kampung halaman untuk berbagi kebahagian dan bersilaturahmi bersama keluarga.

Namun begitu lebaran yang disambut dengan berlebihan atau persiapan yang kurang baik bukan tidak mungkin bisa berakhir petaka.

Karena itu pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana menghindari perayaan lebaran menjadi hal yang menyedihkan,ibarat kata kita perlu sedia payung sebelum hujan.

Karenanya kita perlu mencari tahu hal-hal apa saja yang bisa mengakibatkan acara lebaran bisa menjadi kesedihan.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

  • Persiapan Mudik.Bagi yang sekarang ini ada di perantauan mulailah berbenah diri untuk mengatur jadwal mudik.Usahakan mudik lebih awal jika memungkinkan,jangan terlalu mendekati hari H karena ada kemungkinan terjebak macet yang justru akan melelahkan setibanya perayaan lebaran tiba.Perhatikan juga keselamatan patuhi peraturan lalu lintas dan bawalah bekal mudik secukupnya.Bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi utamakan untuk selalu waspada jaga selalu kecepatan aman,begitu juga bagi yang mudik dengan kendaraan umum,selalu perhatikan dan waspada terhadap ancaman dan kejahatan di jalan jangan sampai barang anda kecopetan ataupun ketinggalan.
  • Jaga kesehatan menjelang,selama dan setelah lebaran.Hal paling umun terjadi serelah lebaran adalah banyaknya anggota keluarga yang mendadak sakit,bisa diare,maag,tipes,naiknya kolesterol dan gula darah serta batuk dan penyakit ringan seperti sariawan dan sebagainya.Karena hal itu. Pentingnya menjaga kesehatan sangat di anjurkan beberapa penyebab yang di duga mengakibatan kesehatan jadi drop adalah berubahnya pola makan yang sangat drastis,makanan dan kue lebaran yang lebih banyak mengandung minyak serta minuman manis di setiap suguhan acara lebaran.Maka perlu untuk menjaga agar pola makan di sesuaikan agar tidak terserang maag juga kebiasaan makan lemak dan kurang vitamin perlu diperhatikan usahakan tetap memakan sayur segar dan buah bervitamin ketimbang hanya memakan makanan lebaran yang umumnya banyak mengandung lemak dari santan dan goreng-gorengan.
  • Awasi anak kecil atau yang sudah dewasapun tetap perlu diperhatikan.Karena keadaan keuangan yang baik pada anak-anak tidak jarang mereka membelanjakan untuk hal yang justru berbahaya,membeli dan memainkan petasan adalah hal yang paling kerap terjadi dan masih menjadi momok buat orang tua.Bahaya petasan sudah tidak disangkal bahayanya namun masih saja menjadi tradisi di masyarakta kita memainkan petasan sebagai acara yang dianggap wajar.Karena itu kita semua perlu dengan kesadaran dan wajib memberi perhatian khusus terutama pada anak-anak.
  • Jika keluarga merencanakan berwisata pada masa lebaran maka persiapkan dengan matang,usahakan berangkat lebih awal karena umumnya rombongan wisata akan sangat terasa ramai saat jam sembilan pagi keatas.Dengan berangkat lebih awal diharapkan bisa terhindar macet yang berlebihan dan mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.Begitupun saat pulang carilah jalur paling aman dan sebagainya.
  • Selama lebaran tiba acara yang paling sakral adalah saling bermaaf-maafan pergi keliling ke saudara dan tetangga,maka demi menjaga higienis saat makan jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum makan jika perlu persiapkan tisu basah di tas anda untuk berjaga-jaga jika ada acara makan namun kesulitan cuci tangan,tujuanya jelas memastikan menghindari perpindahan kuman dan bakteri setelah jabat tangan.

Saya yakin masih banyak tip penting lainya,dan banyak yang merasa tips ini sudah umum diketahui.Namun prinsipnya manusia tidak luput dari lupa dan lengah maka mudah-mudahan ini bisa menjadi pengingat agar senantiasa mempersiapkan diri sebelum penyembutan lebaran nanti.

Selamat menyambut lebaran dan semoga bermanfaat.

 

 

2 thoughts on “Ingin Sehat dan Bahagia Selama Lebaran,Ketahui Hal Penting Ini

  1. ini tepat sekali momentnya terima kasih sharing artikelnya bagus dan sangat membantu mas, saya baru pulang dari jogja dan iseng2 buka lepi ternyata nemu artikel mas agus di google

    1. Terima kasih kang komar udah menyempatkan membaca artikelnya,saya juga sering berkunjung ke blog kang komar yang lebih senior di blog.
      Dan kang komar menjadi pembaca pertama yang memberikan komentar di blog saya yang masih newbie ini..jaangan sungkan sering mampir kesini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: