Agus Riyanto 7 Juli 2017

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 7 Tahun

Pada umumnya anak usia 7 tahun cenderung memiliki perilaku yang berubah drastis dibanding masa-masa balita.

Pada usia ini mereka mulai merasa kalau dirinya sudah mulai besar.

Banyak sekali perubahan dan sikap dari kepercayaan diri dan sifatnya yang mulai ingin menentukan keputusanya tanpa lagi di pengaruhi orang tuanya dalam beberapa hal.

Juga perbedaan perilaku dan sifat yang menonjol pada perempuan dan laki-laki pada usia ini sangat kentara,umumnya anak laki-laki usia 7 tahun lebih agresif dalam bertindak terutama dalam hal jangkauan anak-anak dalam bermain dengan kawan-kawanya,itulah kenapa postingan kali ini memilih topik yang khusus tentang bagaimana cara mendidik anak laki-laki usia 7 tahun.

Beberapa perubahan lain yang jelas terlihat diantaranya adalah mereka sudah mulai sungkan untuk bersalaman dan berpeluk cium pipi dengan orang yang lebih dewasa sangat berbeda saat mereka masih balita.Dia juga sudah mengerti jika laki-laki akan lebih memilih bermain dengan laki-laki.

Memasang sepatu berpakaian seragam sekolah sudah mereka lakukan sendiri bahkan sebagian menolak dibantu orang tuanya.

Ini bukan hal yang aneh dan hal semacam ini lazim terjadi pada usia seperti mereka.

Yang perlu orang tua ketahui adalah mulai memberi kebebasan dalam menentukan pilihanya,selama pilihanya adalah benar maka orang tua hanya perlu mengawasi tanpa banyak mendikte terlalu berlebihan.

Ada banyak perbedaan dari masa usia ini dalam hal pergaulanya,serta permainan dan informasi yang mereka dapatkan dibandingkan kita sebagai orang tua yang mengalami masa ini pada jaman tahun 90an ke bawah.

Di zaman era informasi sekarang ini pergaulan anak bukan lagi sekedar dalam dunia nyata namun kehadiran internet dan gadget membuat informasi global sangat cepat berbeda dibanding pada masa dulu.

Disinilah peran sebagai orang tua sangat perlu dengan memberikan perhatian khusus agar anak laki-laki di usia 7 tahun yang sudah mulai mengerti baca tulis tidak terjerumus dalam kesalahan penerapan informasi dalam perilakunya.

Kita sangat perlu tahu bagaiman cara mendidik anak laki-laki usia 7 tahun di era serba digital ini agar tetap tumbuh dan sehat baik fisik maupun perilakunya.

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan orang tua kepada anak agar tetap menjadi generasi yang sesuai dengan keinginan kita.

Cara Mendidik Anak Laki-Laki Usia 7 Tahun





1.Pondasi Agama Yang Kuat

Agama mengajarkan kebaikan yang sangat baik pada semua aspek kehidupan,karenanya memberi pondasi anak-anak dengan pendidikan agama adalah hal yang wajib dan mutlak.

Kita bisa mengarahkan anak untuk mengikuti pengajian sore yang sekarang ini banyak ditemukan di terutama di daerah kecil.

Jika kita tinggal di perkotaan dan tidak ada acara seperti itu bisa saja dengan mengikutkanya ke pendidikan privat tentang agama,atau mengajarkan sendiri di rumah,bahkan cara ini akan lebih baik dan efektif.

Namun jika kita merasa kurang mampu dalam pengusaan materi agama minimal sekolahkan anak kita pada sekolah yang memiliki basis pendidikan agama yang kuat.

 2.Kedisiplinan dan Tanggung Jawab

Hal yang penting berikutnya adalah mulai menerapkan bagaiamana agar anak laki-laki usia 7  tahun belajar disiplin dan mulai mengenal tanggung jawab.

Secara umum usia ini telah menginjak bangku sekolah dasar.Mulailah melatih anak kita selalu bangun pagi lebih awal tanpa perlu di bangunkan.

Mungkin awalnya sulit namun dengan kita memberi masukan dan nasehat yang baik anak akan bisa beradaptasi hingga akhirnya benar-benar tumbuh kesadaran dari dirinya tentang pentingnya bangun pagi dan mulai merasa ada tanggung jawab terhadap tugasnya sebagai anak sekolah.

Ibadah keagamaan yang rutin juga mengajarkan anak agar disiplin, ini penting.

3.Bangkitkan Perilaku Yang Baik dan Rasa Percaya Diri

Perubahan yang menonjol lainya pada anak laki-laki usia 7 tahun adalah cara mereka bersikap,kadang pada masa usia seperti ini sudah mulai berani menilai akan kebenaran terhadap tindakanya.

Karenanya tidak sedikit yang memberi perlawanan saat di nasehati atau saat orang tua marah.

Orang tua yang tidak bisa mengontrol emosi kadang terjebak dengan sikap anak usia seperti ini.Apalagi anak laki-laki cenderung lebih agresif.

Bagaimanapun sangat tidak disarankan memaki dan memarahi anak apalagi memberi dia hukuman fisik jika ada kekeliruan yang ia buat.

Penyesalan anak-anak dan rasa malu serta frustasi akibat kemarahan atau hukuman fisik lambat laun membuat anak menjadi minder,apalagi jika sering memarahi anak di depan teman-teman sebayanya.

Selain itu sifat-sifat buruk memarahi anak kita ditakutkan malah akan ditiru.

Alangkah baiknya jika orang tua memberikan contoh bagaimana cara menegur dan memberi masukan yang baik jika mendapati kesalahan seseorang.

Bagi yang memiliki anak laki-laki yang ternyata pemalu dan lebih suka minder terhadap kemampuanya,maka orang tua harus lebih memberi perhatian khusus agar anak menjadi percaya diri.

Memberi pujian-pujian kecil saat anak kita mendapatkan prestasi.

Bisa juga dengan selalu menyemangati anak-anak dalam usahanya meraih prestasi,atau sekedar memberi dukungan karena upayanya belajar mengerjakan PR sekolah meskipun barangkali masih sering salah.Jangan pernah mengumpat anak kita dengan kata yang justru membuat minder,seperti kata-kata goblok!,atau lemot dan sebagainya.

Meski usia ini sudah mulai merasa kalau dirinya sudah tumbuh besar dan mulai mencari kebenaran dan perubahan kepribadianya.Namun perlu diingat lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan dan tingkah lakunya.

Kita selalu perlu memberikan contoh-contoh yang baik dalam kehidupan jaga kedamaian dan keluarga yang harmonis umumnya memiliki keterikatan batin yang kuat antara anak dan orang tua.

Maka jika ikatan batin antar keluarga kuat memberi masukan dan nasehat akan lebih mudah.

Ajarkan juga tentang problem solving atau pemecahan masalah dengan anak jika suatu ketika anak menemui masalah atau mengambil tindakan yang keliru,berikan masukan yang baik dan ajak berdiskusi dengan suasana yang sehat.

4.Jaga dan Awasi Pergaulan Anak

Ini adalah poin yang penting yang perlu mendapat perhatian khusus.

Anak laki-laki usia 7 tahun mempunyai perubahan yang drastis dalam pergaulan.

Mereka tidak mau lagi terlalu diawasi dan dijaga orang tuanya dalam mereka bermain dan bergaul.

Awasi pergaulan anak laki-laki usia 7 tahun

Banyak kasus dimana orang tua telah menerapkan upaya agar anak tumbuh menjadi anak yang baik,percaya diri dan sebagainya.

Namun tidak sedikit yang mengalami kemunduran,sebagai akibat pergaulanya.

Mereka mulai berani mengucapkan kata kotor dan memiliki perangai yang diluar kebiasaanya secara tiba-tiba.

Ada juga yang malah berubah menjadi anak yang minder dan kurang percaya diri.

Nah beberapa hal diatas sangat mungkin terjadi karena kesalahan dalam bergaul.

Meniru kata-kata kotor dan seringnya diolok-olok temanya membuat anak jadi kurang percaya diri,semua bisa terjadi seketika,lantaran kesalahan memilih dalam berteman.

Dengan itu jika kita menemukan perubahan anak yang diakibatkan pergaulanya mulailah mencari tahu apa dan siapa teman yang memberikan contoh tidak baik kepada anak kita.

Sering-seringlah ajak berdiskusi setiap malam apa yang di kerjakan saat dia bermain,dengan siapa saja dan teman mana yang ia sukai dan tidak disukai.

Jika diketahui ada teman bertabiat buruk maka berilah nasehat untuk pandai memilih teman yang baik,beritahu bagaimana teman yang baik dan seperti apa yang tidak baik.

Lakukan terus berulang-ulang hingga anak paham dengan sendirinya dalam memilih teman yang baik dan cocok untuk mereka.

Namun begitu mengumpat dan menjelek-jelakan teman sebayanya karena perilakunya tidak disarankan apalagi dengan membawa nama orang tua anak yang tidak baik dengan mengatakan bahwa anak nya si A itu jahat karena si A itu perilakunya begini-begitu dan sebagainya.

Biarkan anak menentukan sendiri teman-temanya namun dengan catatan agar memilih teman sesuai yang kita ajarkan.

Dengan pengawasan seperti ini yang terus menerus maka anak akan terbiasa dan pandai menentukan temanya sendiri sesuai keinginan kita,dan si anak.

5.Batasi Pengaruh Buruk Informasi Dan Kecanduan Gadget

Berbeda dengan jaman orang tua yang masa kanak-kanaknya di era 90an kebawah.Sekarang ini media informasi begitu cepatnya.

Sebenarnya kecanggihan tekhnologi akan membuat manusia lebih efektif dan produktif dalam menjalani aktivitasnya.

Namun sayangnya setiap kebaikan yang diciptakan manusia memiliki sisi keburukan dan dampak negatif jika tidak diwaspadai dan pandai memfilter dalam penggunanya.

Banyaknya anak-anak mengakses situs khusus dewasa membuat kita miris.

Bahkan video-video porno anak dibawah umur begitu banyak betebaran di internet.

Inilah yang kemudian menjadi keprihatinan tersendiri.

Begitupun kita sebagai orang tua sudah semestinya mengajarkan kepada anak bagaimana memanfaatkan media informasi dengan baik.

Tidak sedikit anak-anak di usia 7 tahun sudah kecanduan tablet atau smartphone sehingga hari-harinya hanya diisi bermain game atau menonton video di youtube bahkan ada sebagian kecil salah masuk ke video dewasa.

Ini sangat berbahaya,disamping berpengaruh terhadap mental dan karakternya.Mereka juga akan terpengaruh dengan adegan-adegan kekerasan dalam game atau video yang mereka tonton hingga menjadi berpikir dewasa dan jorok sebelum masanya yang dikarenakan pengaruh konten dewasa di internet.

Media internet dan segala macam kandunganya akan memberi manfaat yang sangat baik jika dipergunakan dengan bijak.

Mengajarkan anak ke dunia internet bukan hal yang salah,bahkan diera informasi manusia dituntut untuk paham tentang dunia satu ini.

Perkenalkan dunia internet sesuai usianya.

Begitu juga pada gadget seperti smartphone dan tablet.

Kita bisa memanfaatkan perangkat ini untuk hal yang berguna seperti menggali informasi tentang mengasuh anak dan memberikan materi pendidikan.

Untuk menghindari kecanduan anak dan penyalahgunaan terhadap gadget,ada beberapa tips yang bisa digunakan,

1.Jangan memberikan gadget sebagai hak milik sepenuhnya.

Meskipun kita mempunyai rejeki lebih dan ingin menghadiahkan anak kita gadget,yakinkan kepada anak bahwa gadget tersebut adalah milik orang tuanya sehingga anak laki-laki usia 7 tahun hanya berhak meminjam dan bukan sepenuhnya memiliki.

Nah cara ini lebih bijak sehingga orang tua bisa mengatur jadwal dan waktu yang tepat untuk membolehkan anak bermain gadget.

2.Dampingi anak saat memainkan gadget.

Usahakan selalu mendampingi anak ketika bermain gadget agar bisa dibatasi apa yang boleh mereka mainkan.

Usahakan selalu memberi arahan ketika anak memainkan gadget hanya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Karena gadget juga bisa dimanfaatkan sebagai media belajar termasuk mengajarkan suka membaca sejak dini.

Jika anak menginginkan permainan atau game,downloadlah game yang mencerdaskan bisa saja game tentang pengenalan binatang atau teka-teki yang bermanfaat.Jangam memainkan game yang berbau kekerasan dan konten dewasa.

3.Berhati-hati dengan sosial media.

Barangkali belum saatnya memperkenalkan sosial media kepada anak laki-laki yang masih 7 tahun,namun jika sudah terlanjur maka orang tua mesti memberi pengawasan yang lebih.

Kasus penculikan dan tindak kriminalitas akibat sosial media perlu diwaspadai.

Sebut saja facebook dimana tujuan utama dan manfaat facebook adalah untuk menghubungkan saudara dan teman yang sudah saling kenal.

Maka pastikan jika anak kita sudah mengenal facebook hanya menambahkan dan menerima teman yang sudah dikenal dengan baik.

Saudara dan orang tua patut dijadikan teman facebook namun jika ada orang yang tidak dikenal dalam pertemanan sebaiknya batalkan pertemanan demi keamanan buah hati kita.

Jago dibidang internet dan komputer bukan hal yang mustahil jika anak diperkenalkan sejak dini.

Cara mendidik anak
Anak laki-laki usia 7 tahun belajar komputer

Potensinya sangat cerah dimasa yang akan datang,yang penting sebagai orang tua memberikan bimbingan agar tidak terjerumus ke hal yang salah.

Mudah-mudahan anak-anak kita menjadi anak yang baik sesuai harapan kita.

Jika pembaca merasa ingin menambahkan atau mengoreksi silahkan tulis komentar,dan saya sebagai penulis berterima kasih karena sudah mampir dan membaca artikel ini.

Silahkan mebaca artikel lainya dan saya akan sangat senang jika anda  mau mengingat blog ini,

hinyong.com

Klik berbagi/share jika anda merasa sedikit saja ada manfaat dari apa yang telah anda baca.

Segala perbuatan baik mebagikan informasi yang berguna kepada sesama tidak akan pernah sedikitpun sia-sia.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: