Agus Riyanto 29 Maret 2017
Tangisan anak

Cara menghentikan anak kecil menangis

Punya anak balita yang ceria dan sehat itu menggemaskan ya,kadang malah sengaja kita ajak bersama ke acara teman atau sekedar kondangan,rata-rata seh karena dengan bawa anak kita yang lucu bawaanya jadi percaya diri dan ada teman saat kita harus pergi kondangan sendiri.

Kita pun jadi lebih banyak ide untuk mendapat bahan cerita dengan orang-orang yang belum kita kenal.

Jadi pura-pura nyuruh anak kita bersalaman dan sebagainya.

Jadi seru kan acaranya,hanya saja suatu ketika mood anak tidak selalu baik ada aja di sela-sela acara anak kita menjadi rewel bahkan menangis entah karena minta pulang duluan atau karena merasa gak nyaman dalam lingkungan tertsebut.

Ngajak anak yang tadinya buat temen seru-seruan malah jadi nyebelin,tidak jarang kita jadi bete dan merasa malu ama orang-orang yang ada di sekitarnya.

Nah bagi kita yang pernah mengalami hal seperti itu pasti ingin tahu kan bagaimana caranya agar balita kita secepatnya berhenti dari tangisanya tujuanya agar suatu saat terjadi hal serupa kita gak panik lagi.

Anak kecil menangis yang disebabkan karena rasa kecewa atas keinginanya yang tidak dituruti kecenderungan untuk berhenti dari tangisanya lebih mudah,ini berbeda jika anak kita menangis kerena sebab lain seperti sakit karena terluka akibat jatuh,tersayat pisau atau bentuk sakit yang berhubungan dengan fisik.

Beda ya kalo sakit menangisnya orang remaja atau dewasa lebih susah sembuh jika karena dikecewain dibanding sakit karena terjatuh atau tersayat pisau ya?Nah yang akan kita bahas disisni adalah anak menangis karena rasa kecewa atau merasa tidak nyaman atau karena meminta sesuatu.

Saya yakin jawaban paling sederhana dan gampang adalah menuruti keinginanya maka tangisan anak akan cepat sekali berhenti,misalkan anak menangis karena minta jajan maka dengan memberi jajan keinginanya dijamin tangisan reda.





Jika anak minta pulang saat diajak kondangan maka dengan menuruti keinginanya pulang dipastikan anak bakalan berhenti menangis,lantas  yang jadi masalah adalah ketika anak kita minta pulang dari acara tertentu namun hal itu tidak mungkin bisa dituruti,sebagai contoh dalam acara sebuah pernikahan anda diundang sebagai tamu khusus pada acara akad nikah,untuk memberikan penghormatan tentu kita tidak akan pulang sampai acara selesai.

Tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan jika tangisan balita kita sulit dihentikan saat acara sedang berlangsung.

Yuk cek  bagaiman kita bisa menghentikan tangisan anak secara instan,mungkin tidak semua kasus berhasil namun alangkah baiknya dan tidak ada salahnya mencoba trik yang satu ini.

Secara manusiawi orang yang bersedih ini termasuk anak kecil dan balita menangis akan menundukan kepalanya,dan sangat jarang ditemukan anak kecil menangis dengan menengadahkan muka ke atas ya aku sendiri tidak mempelajari kenapa manusia mempunyai kecenderungan seperti ini, hanya memanfaatkan kecenderungan ini untuk mengakali buah hati agar tidak terus menangis.

Ketika anak menangis di dalam ruangan yang dirasa sumpek,panas,dan suasana yang tidak nyaman coba ajak balita ke luar ruangan dengan suasana yng lebih nyaman lalu bujuk dengan lembut agar buah hati menghentikan tangisanaya,jika masih kesulitan coba alihkan perhatianya untuk melihat sesuatu yang dianggap mampu mengalihkan perhatian anak kita dengan menunjukan benda-benda atau binatang dan sebagainya yang berada di posisi lebih tinggi dari pandangan balita kita.

Jika kebetulan di atas kita  ada burung sedang terbang coba untuk menarik perhatian anak yang sedang menangis dengan mengatakan bahwa ada burung di langit indah sekali mau kemana ya burung-burung itu?Jika anda berhasil membuat anak anda mengarahkan pandanganya ke atas maka kemungkinan tangisan anak akan secepatnya berhenti,semakin lama anak anda menengadahkan pandanganya ke atas akan semakin besar kemungkinan anda berhasil menghentikan tangisan si kecil.

Secara teori menangis dengan menengadahkan muka ke atas cenderung tidak nyaman dan balita kemungkinan besar lebih memilih berhenti dari tangisanya.

Namun jangan lupa ajak berbicara yang membangkitkan fantasi atau khayalan anak tentang apa yang sedang anda tunjukan agar secepatnya balita lupa dengan tangisnya.

Gimana apakah anda mau mencoba cara menghentikan anak kecil menangis ini?mudah-mudahan anak kita semua bisa menjadi anak yang cerdas dan tidak mudah menangis karena hal-hal sepele,Amin.

Baca Juga:

Mendidik Anak Lebih Mudah dan Menyenangkan

 

Anak Anda Pemalu?,Baca Yang Ini Yuukk..

 

Mengenalkan Suka Membaca Kepada Anak Sedari Dini

Tinggalkan Balasan