Agus Riyanto 6 Maret 2017
  • Dengan adanya perkembangantekhnologi yang begitu cepat berperan besarĀ  terhadap perubahan cara manusia menghabiskan waktunya.Sebut saja smartphone yang mulai dikenal semenjak 2009 silam kini begitu cepat memberi dampak terhadap perilaku dan cara orang menghabiskan waktu,bahkan sebagian orang mampu berjam jam menghabiskan waktunya hanya untuk bermain main dengan gadget satu ini.

Kecanggihan smartphone yang mampu memberi banyak fungsi membuatnya sebagi gadget paling favorit,entah sekedar bermain game,berfoto,mendengarkan musik,mencari informasi bahkan ada yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan beselancar di sosial media.

Sebut saja Facebook,hampir semua kalangan mengenal media sosial ini di Indonesia sendiri pemakai medsos ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia dari kalangan bawah hingga atas menyukainya.

Mark mendirikan basis facebook awalnya bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk terus terhubung dengan orang terdekat seperti keluarga teman atau untuk menemukan kembali teman teman lama yang mungkin kehilangan kontak.

Pengguna yang sangat banyak membuat facebook semakin diminati karena mudahnya kita menemukan pertemanan baru yang mungkin mempunyai keterikatan satu sama lain entah dari segi profesi,hobi ataupun sekedar iseng mencari kenalan baru.

Facebook banyak memberikan manfaat dalam kasus ini kita banyak mendapat kemudahan komunikasi dengan biaya yang cukup terjangkau karena hanya memerlukan koneksi internet yang belakangan semakin murah dibandingkan dengan kita berkomunikasi lewat telepon yang banyak menghabiskan pulsa.

Namun tidak ada kesempurnaan di balik kesuksesan facebook menciptakan jalinan pertemana di akunya.Dengan makin maraknya informasi dan pengguna yang terus bertambah banyak orang orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang mencari keuntungan pribadi tanpa memperdulikan kerugian orang.

Keamanan facebook masih belum bisa dipercaya sepenuhnya melainkan diri kita sendiri yang wajib membatasi atau memfilter dari pengaruh pengaruh buruk yang diakibatkan.

Banyaknya kasus penipuan dan penculikan juga mesti menjadi hal yang perlu untuk diwaspadai.Dari peretasan atau pembajakan akun yang kemudian dimanfaatkan untuk menipu meminta uang hingga memberikan isu isu buruk dari akun yang di bajak.

Belakangan ini bahkan begitu maraknya oknum oknum memanfaatkan facebook untuk meyebarkan berita berita palsu,memfitnah dan isu isu politik demi kepentinganya.

Masalah sekecil apapun bisa menjadi luar biasa besar setelah di jadikan sebagai bahan hasutan dengan profokasi yang menyulut hingga kemudaian menjadi berita viral dan banyak berdampak pada rasa kebencian pada orang atau pun golongan tertentu.

Facebook di balik manfaat yang kita bisa petik nyatanya mempunya peluang menjadi hal yang buruk jika kita tidak pandai memilih dan mencermati isu isu yang sedang berkembang.

Kita sebagai pemakai facebook tentu mesti terus memantau untung dan ruginya dan manfaatkanlah dengan bijak,buat akun kita aman cegah akun kita di bajak orang yang bertanggung jawab,buat password yang kuat awasi juga penggunaan facebook pada anak anak supaya tetap memberi manfaat yang baik.

Hindari men share berita berita yang belum bisa terjamin kebenaranya untuk menghindari fitnah dan jangan lupa jangan mudah menerima pertemanan dari orang yang memang belum begitu kita kenal.

Bermainlah facebook sebagaiamana mestinya dan gunakan untuk hal yang bermanfaat./

Tinggalkan Balasan