Agus Riyanto 28 Maret 2017
introvert

Bisnis yang cocok untuk orang pemalu atau introvert.

Seringkan mendengar istilah introvert?Bagaimana kita bisa menilai seorang itu introvert atau sebaliknya yaitu extrovert?Sebelum kita memberi penilaian yuk,kita cari tahu dulu apa itu introvert.

Introvert merupakan salah satu kepribadian manusia yang secara emosional terlihat sebagai orang yang pemalu meski anggapan ini tidak sepenuhnya dibenarkan oleh para ahli psikologi.

Dia adalah Carl Jung seorang pakar psikologis  dari Swiss yang mengkategorikan kepribadian umum manusia menjadi 3 bagian,introvert(introversion) kemudian ambivert(ambiversion) dan terakhir adalah extrovert(extraversion).

Sekarang kita cari tahu definisi dari ketiganya.

 

Introvet

Seorang introvert cenderung pendiam dan tidak suka menjadi orang penting atau pemimpin yang membutuhkan banyak interaksi dengan banyak orang.





Dia lebih banyak menghabiskan waktu dengan kelompok kecil atau berbicara dengan kawan yang akrab saja dan cenderung hati-hati dalam mengungkapkan pendapat,karena sebelum idenya di dengar orang lain iya akan lebih dulu berdialog dengan dirinya sendiri setelah dirasa perlu baru mengungkapkan gagasanya itupun hanya untuk kelompok-kelompok kecil.

Banyak orang menilai tipe seperti ini di anggap sebagai pemalu.Lebih suka jadi pendengar dari pada berbicara tentang pendapatnya.

 

Exrtrovert

Berbanding Terbalik dengan introvert tipe ini justru lebih suka mengemukakan pendapatnya secara spontan di depan banyak orang.

Lebih suka berterus terang dan paling sering mengajukan pendapat pada pertemuan yang melibatkan banyak orang.Orang tipe ini biasanya lebih suka bergaul dan nampak percaya diri di depan orang banyak.

Lebih banyak bercerita daripada hanya sekedar mendengar obrolan.

 

Ambivert

Nah kelompok tipe satu ini merupakan penggabungan dari ke duanya,orang ini terkadang sangat suka berbicara namun dalam satu waktu lebih memilih diam dan cukup menjadi pendengar saja.

Orang tipe ini dianggap fleksibel namun banyak yang mengklaim tipe ini adalah orang yang berkepribadian berubah-ubah dan tidak konsisten,karena orang ini lebih sering beralih-alih perangai sesuai dengan mood nya.

Secara umum dalam pergaulan orang-orang extrovert dianggap sebagai kepribadian yang lebih baik karena sifatnya yang mudah bergaul terutama di lingkungan baru,dia juga punya banyak kelebihan dan lebih suka terlihat menonjol,dalam karir seorang extrovert lebih muah beradaptasi sehingga tipe ini termasuk tipe yang menguntungkan.

Bagaimana dengan yang bertipe introvert?bagaimana nasib masa depanya?bagi anda/buah hati anda yang  merasa memiliki kecenderungan dengan ciri-ciri introvert anda tidak terlalu khawatir,karena sesungguhnya orang-orang bertipe introvert umumnya memiliki kekuatan dalam menganalisa suatu permasalahan atau berbagai hal,ini dikarenakan sifat kehati-hatianya terhadap tindakan dan ucapanya,meski banyak yang menganggap orang introvert lebih susah bekerja dengan baik di depan tim atau di depan klien,namun kabar baiknya fakta membuktikan banyak dari golongan ini justru sukses dalam sebuah bisnis.Sebut saja orang-orang yang masuk sebagai orang paling sukses di dunia binis seperti Warren Buffet,Mark Zuckerberg(penemu dan pendiri facebook) serta Bill Gates termasuk dalam kategori tipe introvert ini.

Itu kenapa orang-orang introvert tidak perlu merasa minder dalam meraih kesuksesan,karena sesungguhnya banyak cara menjadi sukses,selama dia menyadari akan kekurangan dan kelebihanya.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan introvert maka tuganya hanya manfaatkan dan fokuskan untuk menggali lebih jauh kemampuanya itu.

Sebagai orang yang susah berkomunikasi di depan publik maka pekerjaan atau karir yang lebih menghabiskan banyak waktu di belakang layar adalah yang disarankan.

Dengan kepandainya menganilisa menjadi seorang pengusaha dalam bisnis tertentu sangat cocok buatnya.

Membuat bisnis peternakan atau perkebunan atau menjadi penulis profesional merupakan beberapa contoh bisnis/pekerjaan yang sangat cocok.Salah satu bisnis yang cocok buat orang pemalu atau introvert adalah  bermain di depan komputer dan membagikan ide dan gagasan atau analisanya terhadap suatu hal bisa di jadikan modal sebagai seorang internet marketing,atau menjadi seorang developer software,bahkan bisa menjadi adsense publisher.

Bisnis yang lebih banyak mengandalkan kemampuan pribadi sangat cocok buat dia,lakukan analisa dan pertanyaan-pertanyaan terhadap diri sendiri apakah yang paling menarik dan kemungkinkan punya prospek untuk dikembangkan,bisa jadi anda menyusul kesuksesan sang pendiri facebook di masa mendatang.

Bila buah hati kita dirasa memiliki kecenderungan sifat ini coba juga ajarkan cara-cara memaksimalkan kelebihanya dengan cara diatas.

Selama sebuah usaha atau bisnis dijalankan dengan serius dan sangat terfokus dengan upaya terbaik,maka tidak akan ada yang sia-sia,keberhasilan tinggal menunggu waktu dan kegagalan hanyalah ujian dan pengalaman.

Baca Juga:

16 Tips Sukses Bisnis Kecil dan Menengah

 

Jualan Jajan Keliling Lewat Facebook

 

Tinggalkan Balasan