Agus Riyanto 8 Maret 2017

Pengertian dan saling memahami mungkin sudah menjadi hal yang paling dasar dimana hampir semua orang tahu dan menyadari akan hal seperti itu dalam sebuah hubungan rumah tangga.Pengertian yang baik dan memahami dengan tulus mesti gampang di ingat dan mudah diucapkan ternyata dalam fakta kehidupan tak se simpel kita mengingatnya.

Menjalani masa masa pernikahan yang menyenangkan di awal pengantin baru hingga bertahan bertahun bahkan puluhan tahun tak segampang teorinya.Banyak sekali hal yang kadang membuat kita tersandung,persoalan hidup seperti masalah ekonomi masalah anak anak hingga masalah orangtua atau mertua kadang membuat perjalanan kebahagiaan tak berjalan mulus.

Butuh kedewasaan,butuh pertimbangan yang matang dalam menangani setiap masalah yang muncul,karena tanpa itu sebuah hubungan bisa saja berantakan bahkan hanya karena masalah kecil seperti gosip tetangga yang dihembuskan ke keluarga kita.

Mengapa pengertian dan memahami kadang terlalu sulit dijalani meski begitu gampang kata kata itu untuk diingat?Manusia memiliki keunikan sifat dan perangai yang tidak pernah sama satu sama lain.Maka perlu untuk beradaptasi dan saling mengerti dan memahami masing masing karakter dan sifat pasangan,belum lagi penyesuain terhadap lingkungan dan keluarga baru bagi mereka yang masih tinggal bersama mertua atau orang tuanya sendiri.Disini lah langkah sebuah hubungan ketika ego kita dan amarah kita terlalu sulit untuk dikendalikan bisa saja menjadi petaka di kemudian hari. Lantas bagaimana menghindari hal hal buruk yang ditakutkan?ada hal yang harus dijaga masing masing individu untuk selalu konsisten menjaga komitmen dan bertekad menjaga keutuhan rumah tangganya.

Pernikahan adalah momen suci yang baik,ia menjadi langkah awal terbebasnya dari bermacam godaan dan terlepasnya nilai nilai yang kurang baik selama masa pacaran,menunaikanya pun merupakan ibadah dan pahala buat mereka.Maka tidak ada salah jika kita selalu mengingat hal itu,ingatlah ketika didera masalah dengan pasangan ingatlah momen kebahagian itu.

Bahkan Tuhan sendiri tidak suka terhadap mereka yang memperbesar masalah.Kenalilah gejala permasalahn sebuah hubungan sebelum ianya mebesar seperti api yang akan sulit dikendalikan.Janganlah kita hanya berdiam ketika pasangan merasa tidak suka atau merasa tidak nyaman dengan apa apa yang kita perbuat.Jujur dan tanyakan baik baik sangat dianjurkan,begitupun sebaliknya mesti menjaga perasaan jengkel dan amarah jangan sampai membesar,alangkah baiknya utarakanlah ketidak sukaan kita secara baik baik dan berharap akan ada perubahan.Dengan selalu menerapkan hal ini di setiap permasalahan,kelamaan kita akan terbiasa dan tidak canggung untuk saling mengingatkan dan saling instropeksi.Belajar lebih dalam akan sifat dan perangai pasangan harus terus di lanjutkan karena setelah menikah sifat pasangan secara umum berbeda dengan saat masa masa pacaran.

 

  1. Pada intinya pengertian dan memahami tidak segampang menulis artikel ini,namun sesusah apapun persoalan hidup semua sudah ada solusinya disini lah kita dituntut terus belajar sampai kapanpun,jangan biarkan masalah sepele saja mampu merampas cita cita bahagia kita semua,Amin.

 

 

1 thought on “Teori Pengertian dan Memahami Pasangan Kita

Tinggalkan Balasan